Boladunia

Ternyata Ini Alasan Messi Tak Masuk 3 Besar Ballon d'Or 2018

Salah satu jurnalis mengungkapkan mengapa ia tidak memilih Lionel Messi untuk Ballon d'Or 2018.

Stephanus Aranditio

Pemain Barcelona Lionel Messi (AFP)
Pemain Barcelona Lionel Messi (AFP)

Bolatimes.com - Gelar pemain terbaik dunia, Ballon d'Or tahun ini diperebutkan oleh Luka Modric, Cristiano Ronaldo, dan Antoine Griezmann, Luka Modric menjadi pemenangnya. Namun, mengejutkan nama Lionel Messi tak masuk dalam urutan tiga teratas, ia berada di posisi kelima di bawah Kylian Mbappe. 

Posisi Messi menjadi pembicaraan banyak pengamat yang bertanya-tanya mengapa bintang Barcelona itu tidak masuk dalam tiga besar. Salah satu pemilih yang merupakan jurnalis asal Spanyol, Alfredo Relano menjawab pertanyaan tersebut.

Relano adalah salah satu pemilih yang tidak memilih Lionel Messi, menurutnya pribadi performa pemain ketika berlaga di pesta sepak bola dunia, Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia, Juli lalu menjadi kunci utama penjurian para pemilih.

''Ini adalah tahun Piala Dunia, dan dalam tahun-tahun seperti itu kami juga memiliki kewajiban untuk melihat secara khusus apa yang terjadi di turnamen ketika datang mereka krisis,'' ungkap Alfredo Relano.

Lionel Messi berfoto bersama lima trofi Ballon d'Or miliknya (AFP)
Lionel Messi berfoto bersama lima trofi Ballon d'Or miliknya (AFP)

 

Relano menjelaskan performa La Pulga (julukan Messi -red) sangat berbanding terbalik ketika ia bermain untuk Barcelona dibanding di timnas Argentina.

''Dan faktanya adalah, Piala Dunia adalah sesuatu yang merusak performa Messi, karena dia juga tidak bermain untuk Argentina, kecuali pertandingan yang sangat bagus.''

''Jika dia bermain (untuk Barcelona) seperti yang dia lakukan untuk negaranya, kami tidak akan menganggapnya hebat sepanjang masa; kami akan melihatnya sebagai salah satu pemain yang sangat bagus di kancah pada saat itu,'' jelas Relano.

Secara statistik, performa Lionel Messi sebenarnya tidak terlalu buruk di tahun 2018, namun performanya ketika mengenakan seragam putih biru Argentina memang sangat berbeda dengan Barcelona.

Selama bermain di Barcelona ia mampu mencetak 41 gol (3x hattrick) dan 20 assist dari 45 penampilan yang mengantarkan Barcelona meraih 30 kemenangan, 11 imbang, dan empat kalah untuk menjadi juara La Liga 2017/2018.

Sementara saat berseragam timnas Argentina, Lionel Messi mampu mencetak empat gol (1 hattrick) dan tiga assist dari lima penampilan dengan catatan dua menang, satu imbang, dan dua kalah.

Berita Terkait

Berita Terkini