Boladunia

Ini Statistik Apik Gelandang Anyar Barcelona usai Tundukkan Eibar

De Jong tercatat telah melakoni 888 menit pertandingan di seluruh kompetisi bersama Barcelona.

Rauhanda Riyantama | Muhammad Ilham Baktora

Gelandang anyar Barcelona, Frenkie de Jong. (JOSEP LAGO / AFP)
Gelandang anyar Barcelona, Frenkie de Jong. (JOSEP LAGO / AFP)

Bolatimes.com - Barcelona nampaknya tak salah merekrut mantan gelandang Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong pada musim panas 2019 lalu. Pasalnya nilai statistik yang dia tunjukkan di sejumlah pertandingan bersama Blaugrana secara signifikan semakin meningkat.

Barcelona berhasil mendaratkan pemain Timnas Belanda dengan mahar 75 juta euro atau Rp 1,2 triliun dari Ajax Amsterdam. De Jong meneken kontrak lima tahun bersama Barcelona yang artinya berakhir pada 2024 mendatang.

Dikutip dari Marca, harga transfer De Jong ke Barcelona disebut sesuai dengan performanya. Sebanyak 11 laga yang dilakoni raksasa Catalunya, De Jong kerap diterjunkan bahkan dipercaya sebagai starter oleh Ernesto Valverde. Bahkan laga terakhirnya menghadapi Eibar, ia memiliki statistik yang cukup apik.

De Jong kembali menjadi starter pada laga pamungkas menghadapi Eibar. Sayang permainannya kali ini tidak penuh 90 menit. De Jong hanya bermain 78 menit sebelum diganti Ivan Rakitic. Namun begitu, ia tercatat melakukan 45 umpan selama berada di lapangan. Sebanyak 40 umpan sukses dilakukan, sisanya gagal.

Gelandang baru Barcelona Frenkie de Jong diperkenalkan secara resmi kepada suporternya di Camp Nou stadium, Barcelona. LLUIS GENE / AFP
Gelandang baru Barcelona Frenkie de Jong diperkenalkan secara resmi kepada suporternya di Camp Nou stadium, Barcelona. LLUIS GENE / AFP

 

Selain itu mantan pemain Willem II ini nyaris mencatatkan 58 persen keberhasilan saat berduel dengan pemain-pemain Eibar. Dikutip dari transfermartk, menit bermain sang gelandang mencapi 888 menit di seluruh pertandingan yang dia lakoni. Jumlah tersebut diklaim paling banyak ditorehkan De Jong dari pemain-pemain baru lainnya di Barcelona.

Lebih lanjut, pemain 22 tahun ini juga menorehkan satu gol di awal musim saat melumat Valencia 5-2. Adaptasi De Jong cukup cepat, bahkan performanya dinilai meroket. Muncul spekulasi bahwa Valverde menjadikan sang gelandang pemain inti di beberapa pertandingan ke depan.

Nama-nama lain seperti, Arturo Vidal, Sergio Busquest, Ivan Rakitic, Sergi Roberto dan Carles Alena memang memiliki menit yang cukup banyak. Tapi performa mereka diklaim kurang begitu memuaskan dibanding De Jong.

Berita Terkait

Berita Terkini