Maroko Lolos ke Perempat Final, Eks Pelatih Singa Atlas Ini Mengaku Ikut Berperan

Eks pelatih ini juga sempat bersitegang dengan Hakim Ziyech.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Kamis, 08 Desember 2022 | 03:15 WIB
Eks pelatih Timnas Maroko Vahid Halilhodzic. (Instagram/@vahid.halilhodzic.officiel)

Eks pelatih Timnas Maroko Vahid Halilhodzic. (Instagram/@vahid.halilhodzic.officiel)

Bolatimes.com - Timnas Maroko secara mengejutkan menumbangkan juara Piala Dunia 2010, Spanyol pada babak 16 besar di Piala Dunia 2022, Selasa (6/12/2022). Kemenangan adu penalti dengan skor 3-0 ini ada peran dari mantan pelatihnya, Vahid Halilhodzic.

Vahid Halilhodzic sendiri pernah menukangi Singa Atlas pada 2019 hingga 2022 lebih tepatnya tiga bulan sebelum Piala Dunia 2022 bergulir. Namun pelatih 70 tahun itu dipecat karena perbedaan visi antara dirinya dengan Federasi Sepak Bola Kerajaan Maroko (FRMF).

Jika dilihat sebelum Halilhodzic dipecat, pelatih ini membawa Maroko meraih hasil yang cukup baik di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Halilhodzic juga berperan memenangkan laga saat Maroko bertemu Kongo di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika hingga lolos ke kompetisi resmi.

Baca Juga: Mbappe Tak Terlihat saat Latihan Terbuka bareng Prancis, Strategi Khusus Deschamps Kalahkan Inggris?

"Saya telah menginventarisasikan diri saya dalam proyek ini secara menyeluruh selama 3 tahun. Ini masih Piala Dunia yannga akan saya rindukan," ujar Halilhodzic dikutip dari FotMob, Kamis (8/12/2022).

Menurtu Halilhodzic, hasil dari Maroko hingga melaju ke perempat fiinal ini adalah andil dirinya. Ia mengklaim di bawah tangan besinya, Singa Atlas tampil memuaskan dari kualifikasi hingga ke babak 8 besar.

"Apa yang membuat pelatih kerdibel adalah hasil. Timnas Maroko tidak pernah mendapat hasil yang lebih baik daripada saya di kualifikasi Piala Dunia. Tujuh kemenangan satu seri dengan rata-rata mencetak tiga gol per pertandingan, itu fakta," sebut dia.

Baca Juga: Jelang Hadapi Kroasia di Perempat Final, Neymar sudah Samai Rekor Dua Legenda Brasil Ini

Menurut pelatih asal Bosnia ini Timnas Maroko belum menjadi tim dengan ketajaman seperti sekarang. Dia perlu menonton banyak video untuk memastikan mendapatkan pemain yang dianggap sesuai berseragam Singa Atlas.

"Saat Anda tiba di suatu negara, Anda tidak akan mengenal semua pemain bagus. Jadi kami harus mencari mereka. Berapa banyak kaset yang saya tonton di Maroko?, setidaknya seribu. Saya memperbarui 80 persen tim, kami harus menemukan mereka dan pemain yang mau bermain di tim nasional," kata dia.

Mengaku ikut memoles Maroko di Piala Dunia, Halilhodzic sempat berseteru dengan Hakim Ziyech. Pelatih menganggap pemain Chelsea ini merasa superior dan tak disiplin ketika mengikuti sesi latihan. Hal itu terjadi pada 2021, hingga Ziyech memutuskan hengkang dari timnas.

Baca Juga: Belgia Tumbang di Piala Dunia 2022, Eden Hazard Pamit dari Timnas

Dipecatnya Halilhodzic, membuat sinyal Ziyech untuk bersedia kembali membela Timnas Maroko di bawah arahan Walid Regragui.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak