Kisah Andre Onana Didepak dari Timnas Kamerun, Masalahnya 'Sepele'

Meski baru berusia 27 tahun, Andre Onana dipastikan tak akan bisa membela Timnas Kamerun lagi.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 21 Juli 2023 | 18:00 WIB
Andre Onana saat membela Timnas Kamerun. (Twitter)

Andre Onana saat membela Timnas Kamerun. (Twitter)

Bolatimes.com - Membongkar kisah kiper anyar Manchester United, Andre Onana, yang didepak dari tim nasional Kamerun sehingga memaksanya pensiun dari ajang internasional.

Sebagaimana diketahui, Manchester United belum lama ini meresmikan rekrutan barunya untuk pos penjaga gawang, yakni Andre Onana, dari Inter Milan.

Kiper berusia 27 tahun itu didatangkan dengan biaya cukup fantastis yakni dengan total mahar sebesar 57,5 juta euro (Rp961 miliar).

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1 2023: Borneo FC Naik ke Puncak Klasemen usai Taklukkan Barito Putera

Klub berjuluk Setan Merah itu berani menebus mahal Onana karena berambisi bersaing memperebutkan gelar musim depan.

Namun kedatangan Onana dibarengi dengan ketakutan dari pendukung Manchester United. Ketakutan itu berupa hadirnya Piala Afrika yang digelar pada Januari 2024.

Karena ada kemungkinan Kamerun lolos ke putaran final Piala Afrika, bisa saja Onana absen membela Manchester United selama satu bulan sejak Januari hingga Februari 2024.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1 2023: Kim Jeffrey Kurniawan Gagal Penalti, PSS Sleman Ditahan Imbang PSIS Semarang

Dengan jadwalnya padat yang akan dilakoni pada Januari dan Februari 2024, tak ayal kehilangan Onana ke Piala Afrika bisa saja jadi sandungan bagi Manchester United.

Akan tetapi ketakutan itu pun seketika sirna saat menyadari bahwa Onana dipastikan sudah pensiun dari Timnas Kamerun, sehingga berpotensi absen di Piala Afrika pada Januari 2024.

Usut punya usut, keputusannya pensiun di usianya yang baru 27 tahun ini karena Onana sempat didepak Timnas Kamerun. Bagaimana kisahnya?

Baca Juga: Jadwal Laga Timnas Indonesia vs Turkmenistan di FIFA Matchday September 2023

Kiper Inter Milan, Andre Onana. (Twitter)
Kiper Inter Milan, Andre Onana. (Twitter)

Didepak Kamerun saat Piala Dunia 2022

Keputusan Andre Onana pensiun dari Timnas Kamerun diambil setelah dirinya membela negaranya di Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar.

Pengumumannya pensiun dari Timnas Kamerun diunggah di media sosialnya, tepat setelah dirinya didepak oleh sang pelatih, yakni Rigobert Song.

Baca Juga: Andre Onana Resmi Gabung Manchester United, Pilihan Nomor Punggungnya Unik

Lalu dari mana asal mula kisah pendepakan Onana ini? Semua bermula saat adik Nnana Onana ini berselisih dengan Rigobert Song.

Perselisihan ini terjadi setelah Timnas Kamerun dan Onana memainkan laga pertama grup G melawan Swiss yang berkesudahan 0-1 untuk tim lawan.

Usai laga itu, Rigobert Song disebutkan tidak suka dengan gaya bermain Onana sebagai kiper yang kerap maju dan keluar dari gawangnya.

Bahkan, pelatih Timnas Kamerun itu meminta agar Onana tak bermain terlalu berani dan tak mengambil risiko saat bertanding.

Selain itu, Rigobert Song juga tak senang dengan gaya bermain Onana yang kerap mengulur waktu saat tendangan ke gawang dengan memberikan operan jarak dekat ketimbang umpan lambung.

Dari sanalah perselisihan tercipta. Di laga kedua Kamerun di grup G, Onana tak dimainkan dan kemudian ia memutuskan meninggalkan tim lebih cepat.

Karena sikap Onana yang dianggap membangkang ke Rigobert Song, FECAFOOT selaku Federasi Sepak Bola Kamerun pun kemudian menjatuhkan hukuman skorsing untuknya.

Karena skorsing dan perselisihan itu, Onana pun memutuskan tak lagi bertarung di ajang internasional untuk Kamerun, baik di zona Afrika maupun dunia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB

UEFA dilaporkan akan menggunakan teknologi microchip, yang disematkan dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.

boladunia | 12:30 WIB

Adapun jadwal playoff Euro 2024 akan dilaksanakan pada Maret mendatang, tiga di antara 12 tim nantinya akan lolos ke turnamen final di Jerman.

boladunia | 10:24 WIB

Laga timnas Indonesia vs Vietnam merupakan matchday ketiga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di SUGBK, Kamis (21/3/2024) kickoff 20.30 WIB.

boladunia | 14:04 WIB

Berikut 5 negara yang diprediksi sebagai calon kuat juara Euro 2024, satu di antaranya sukses tampil bagus di babak kualifikasi Piala Eropa ini.

boladunia | 13:24 WIB

Pertandingan babak semifinal Piala Asia antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan itu berakhir dengan skor 2-0.

boladunia | 08:47 WIB

Ajang UEFA Euro 2024 atau Piala Eropa akan segera bergulir, dan Jerman terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara mulai dari 14 Juni sampai 14 Juli.

boladunia | 11:58 WIB

Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024, usai terpilih menjadi penyelenggara Kejuaraan Eropa UEFA edisi ke-17 dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, pada 27 September 2018.

boladunia | 11:37 WIB

UEFA Euro 2024 akan berlangsung di 10 kota di Jerman, dengan pertandingan babak penyisihan grup dilaksanakan dalam tiga kelompok tempat regional.

boladunia | 10:42 WIB
Tampilkan lebih banyak