Boladunia

Kisah Tragis Eks Bintang Liga Inggris yang Pensiun akibat Kaki Diamputasi

Dario Silva alami kecelakaan hingga kaki kanannya patah.

Rauhanda Riyantama

Dario Silva saat masih jadi pemain Portsmouth. (Twitter/@kaiserfutbol)
Dario Silva saat masih jadi pemain Portsmouth. (Twitter/@kaiserfutbol)

Bolatimes.com - Mantan penyerang andalan Portsmouth, Dario Silva, barangkali menjadi salah satu pemain yang mengalami kisah tragis karena harus mengakhiri kariernya lebih cepat.

Kisah ini bermula ketika Dario Silva yang saat itu menjadi bintang di Liga Inggris mengalami luka yang parah karena kecelakaan lalu lintas.

Saat itu, penyerang andalan Timnas Uruguay ini menabrak tiang lampu jalan. Bahkan, pihak kepolisian menyebut bahwa Silva sempat terlempar dari jendela mobilnya.

Akibat benturan itu, ia mengalami patah tulang tengkorak, tidak sadarkan diri, dan patah tulang pada kaki kanannya.

Efek patah tulang kaki itulah yang menjadi awal dari mala petaka karier Dario Silva. Sebab, tim dokter harus mengamputasi kakinya di bawah lutut.

Dokter yang saat itu bertugas menangani Silva, Mario Cancela, menyebut bahwa timnya memutuskan untuk mengamputasi kaki demi keselamatan nyawa pasien.

Sebab, luka yang ditimbulkan akibat tulang kakinya yang menembus kulit itu dikhawatirkan menghasilkan infeksi yang berbahaya.

“Situasi Silva sama sekali tidak terpecahkan hanya dengan amputasi. Kami khawatir tentang kemungkinan infeksi,” kata Mario Cancela, dikutip dari The Guardian.

“Pasien berada di bawah koma farmakologis. Sekarang, kami sangat berupaya untuk menyelamatkan nyawanya,” ia menambahkan.

Sementara itu, Doris Pereira, ibu Dario Silva, menyebut bahwa pihak keluarga telah mendapat penjelasan dari dokter bahwa amputasi ini menjadi solusi terakhir.

Pasalnya, apabila hal ini tak kunjung dilakukan, infeksi yang ditimbulkan bisa mengancam nyawa mantan pemain Espanyol, Sevilla, dan Malaga tersebut.

“Dokter telah berbicara kepada kami dan memberi tahu kami bahwa mereka harus mengamputasi kakinya karena itu bisa menjadi ancaman bagi hidupnya,” kata Doris.

Sebelum mengalami kecelakaan parah ini, Dario Silva yang saat itu sudah berusia 33 tahun sempat menjadi pemain penting timnas Uruguay.

Sebab, dari total 49 penampilannya, dia sudah menyumbangkan total 15 gol. Dario Silva juga menjadi andalan Uruguay saat tampil di ajang Piala Dunia 2022 di Korea dan Jepang.

Setelah dipaksa gantung sepatu secara tragis, Silva sempat mendapatkan pekerjaan sebagai komentator pertandingan sepak bola di Uruguay.

Dia juga sempat mengutarakan keinginannya untuk menjadi manajer sesaat setelah mengumumkan pensiun. Namun, akhirnya pilihan ini tak diambil.

Dari kabar yang beredar baru-baru ini, lelaki yang berusia 49 tahun itu mencari nafkah sebagai pelayan sebuah restoran pizza di Malaga, Spanyol.

Pekerjaan ini terpaksa dijalani oleh Silva karena dia sempat mengakui kehilangan uang yang diperolehnya dari sepak bola. 

Saat diwawancarai program TV Spanyol, ‘Jugones’, Silva menyebut bahwa, “Yang saya di sepak bola? Agen saya merampok semuanya. Mereka yang mengelola uang dan melakukan apa yang mereka inginkan.”

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini