Boladunia

Kacau, Pemain Thailand Keracunan Santap Makanan dari Panitia Piala AFF 2020

Usai keracuan, salah satu pemain Thailand sempat dilarikan ke rumah sakit.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda, mengenakan ban kapten pelangi saat melawan Timor Leste. (Instagram/affsuzukicup)
Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda, mengenakan ban kapten pelangi saat melawan Timor Leste. (Instagram/affsuzukicup)

Bolatimes.com - Masalah non-teknis kembali menjadi sorotan di Piala AFF 2020. Salah satu gelandang Thailand, Jonathan Khamdee, dikabarkan mengalami keracunan akibat memakan makanan yang disediakan Singapura selaku tuan rumah.

Seperti diketahui bahwa gelaran Piala AFF 2020 dilakukan dengan sistem bubble untuk menghindari penyebaran virus corona.

Oleh karena itu Singapura yang ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran tahun ini bertanggung jawab dengan segala kebutuhan dan keperluan para peserta selama menjalani turnamen.

Akan tetapi, para peserta Piala AFF 2020 memprotes pelayanan Singapura sebagai tuan rumah. Vietnam dan Thailand menjadi tim yang pertama kali memprotes makanan yang disediakan lewat media.

Jonathan Khemdee dikabarkan harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan sebelum laga melawan Myanmar, Sabtu (11/12/2021), dia diduga mengalami kercunan makanan.

Jonathan memang hanya dirawat satu hari dan bisa kembali ke tim, tapi sayangnya Jonathan tak bisa melanjutkan kiprahnya bersama Timnas Thailand di Piala AFF 2020.

Dikabarkan oleh The Thao 247, Jonathan kembali ke Denmark untuk bergabung dengan klubnya, Odense Boldklub, yang disebut-sebut merupakan saran dari pelatih Thailand, Alexandre Polking.

Gelandang Timnas Thailand, Jonathan Khamdee. (Instagram/jonathankhemdee17)
Gelandang Timnas Thailand, Jonathan Khamdee. (Instagram/jonathankhemdee17)

Disebutkan oleh Polking, Jonathan besar kemungkinan tidak cocok dengan makanan Asia yang disediakan panitia di Hotel.

Polking mengaku sebelumnya sudah meminta request khusus agar pemain-pemain tertentu seperti Jonathan diberikan makanan yang sesuai dengan kebiasaan mereka.

Atas kondisi ini, Thailand dikabarkan kekurangan stok gelandang tengah karena kini tinggal menyisakan 4 pemain yaitu Manuel Tombiah, Elias Dolo, Pawee Tantatemi, dan Krisda Kaman.

Di lain sisi, Vietnam melalui pelatih mereka, Park Hang-seo, mengeluhkan tidak adanya menu makanan berbahan daging babi untuk para pemain Vietnam.

Tak hanya itu, tim Malaysia pun dikabarkan mengancam mundur dari Piala AFF 2020. Hal ini berkaitan dengan kasus COVID-19 yang menimpa skuat 'Harimau Malaya'.

Dikabarkan hingga Sabtu (11/12), ada 4 pemain Malaysia yang teridentifikasi positif COVID-19. Disebutkan bahwa Malaysia saat ini sedang mengajukan permohonan penambahan pemain.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini