Boladunia

5 Alasan Kedatangan Ralf Rangnick Bisa Bikin Man United Kembali Berjaya

Ralf Rangnick ditunjuk sebagai pelatih interim Manchester United.

Rauhanda Riyantama

Ralf Rangnick saat masih menjadi pelatih RB Leipzig. (Odd Andersen/AFP)
Ralf Rangnick saat masih menjadi pelatih RB Leipzig. (Odd Andersen/AFP)

Bolatimes.com - Ralf Rangnick baru saja resmi menjadi juru latih interim Manchester United. Digadang-gadang, juru latih asal Jerman ini bisa bikin skuat Iblis Merah kembali berjaya.

Bukan tanpa alasan. Sebab, Rangnick dikenal mampu mengelola klub sehingga ia begitu disegani. Julukan The Professor kemudian melekat buat pelatih yang akan mendampingi MU selama 6 bulan ke depan ini.

Bolatimes kemudian merangkum, dampak positif apa saja yang akan diberikan oleh Rangnick. Berikut ulasan singkatnya.

1. Gegenpressing

Rangnick dikenal sebagai pencetus sepak bola gegenpressing atu counter pressing. Filosofi ini berarti merebut bola secepat mungkin dari lawan untuk melakukan serangan balik.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, adalah sosok yang menggunakan taktik gegenpressing. Buktinya, gelar Liga Inggris dan Liga Champions berhasil disabet oleh Si Merah.

Manchester United tahan imbang Chelsea 1-1 dalam lanjutan Liga Inggris. (BEN STANSALL / AFP)
Manchester United tahan imbang Chelsea 1-1 dalam lanjutan Liga Inggris. (BEN STANSALL / AFP)

2. Permainan Cepat

Sejak era Ole Gunnar Solskjaer, tempo permainan MU lebih lambat. Hal ini membuat Cristiano Ronaldo melempar kritik. Sebab, semasa bermain di MU pada 2003-2009, permainan MU selalu dengan intensitas tinggi.

Well, dengan datangnya Rangnick, bukan tak mungkin permainan MU akan lebih tinggi intensitasnya. Sebab, seperti yang disebutkan di atas, Rangnick terkenal dengan sepak bola cepat via gegenpressing.

3. Memperkuat Strategi Rekrutan Pemain

''Jika Anda tak bisa mendapatan pemain yang tepat, setidaknya jangan mendapatkan pemain yang salah.''

Rangnick pernah berujar demikian terkait urusan transfer pemain. Salah satunya ketika PSV mendaratkan Ronaldo de Lima dari Brasil.

Melihat karier Ronaldo di era keemasannya, bukan tak mungkin Rangnick akan memboyong pemain bertalenta lagi. Hal ini juga akan dilakukannya usai menjabat sebagai Direktur Konsultan MU selepas masa baktinya melatih rampung.

4. Sistem Lebih Kuat

Dengan menjabatnya Rangnick sebagai Direktur Konsultan nantinya, sistem kepelatihan MU diyakini lebih kuat. Sebab, pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, pernah merasakan bagaimana dididik oleh Rangnick dalam membangun tim.

Oleh karena nya, Kieran McKenna dan Michael Carrick, serta Nick Cox yang kini ada di staf kepelatihan MU, juga diprediksi akan menjelma menjadi sosok hebat.  

5. Akademi Manchester United Kembali Kuat

Dengan adanya Ragnic di manajerial MU, diyakini akan terjun hingga akar rumput. Artinya, para pemain muda hingga utama akan mendapatkan servis setara dari Rangnick.

Diketahui, MU memang klub yang konsisten mengorbitkan pemain akademi mereka ke tim utama. Hampir setiap musim dalam beberapa dekade belakangan, selalu ada nama pemain dari akademi.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini