Boladunia

Daftar Pemenang Trofi Yashin Sepanjang Masa, Terbaru Gianluigi Donnarumma

Donnarumma meraih trofi Yashin 2021.

Rauhanda Riyantama

Gianluigi Donnarumma meraih trofi Yashin 2021. (FRANCK FIFE / AFP)
Gianluigi Donnarumma meraih trofi Yashin 2021. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Bukan hanya Lionel Messi saja yang menjadi bintang di malam puncak penghargaan Ballon d’Or 2021. Ada nama Gianluigi Donnarumma yang meraih trofi Yashin atau penghargaan untuk kiper terbaik setiap tahunnya.

Donnarumma berhasil menjadi peraih trofi Yashin atau kiper terbaik di malam puncak penghargaan Ballon d’Or. Penghargaan ini melengkapi pencapaiannya yang sebelumnya masuk dalam 10 besar peraih penghargaan bola emas itu.

Kiper berusia 22 tahun itu menjadi peraih trofi Yashin setelah mengumpulkan 595 suara, unggul jauh dengan selisih 190 suara dari tempat kedua, Edouard Mendy.

Donnarumma berhasil meraih penghargaan ini setelah membawa Italia menjadi juara Euro 2020 sekaligus pemain terbaik dalam turnamen tersebut.

Dalam cuitannya di media sosial Twitter, Donnarumma tak mampu menutupi kebahagiaannya setelah terpilih menjadi kiper terbaik di dunia di usia yang masih muda tersebut.

“Mendapat trofi Yashin adalah suatu kebanggaan bagi saya. Dari tanah kelahiranku, Castellamare di Stabia ke Milan dan sekarang ke Paris. Sebuah perjalanan panjang, banyak yang berubah,” bunyi cuitan Donnarumma.

“Hidup adalah petualangan. Saya menyebut diri saya adalah pria yang beruntung yang telah memenuhi beberapa mimpi penting, dan penghargaan ini salah satunya. Tapi masih banyak yang ingin saya gapai,” lanjut cuitannya itu.

Donnarumma pun melanjutkan tradisi kiper sebelumnya yang telah meraih penghargaan trofi Yashin yang pertama kali digelar sejak 2019 tersebut.

Sebelumnya ada kiper lainnya yang pernah meraih penghargaan yang diambil dari satu-satunya kiper peraih Ballon d’Or dan kiper terbaik sepanjang masa, Lev Yashin itu.

Berikut daftarnya.

2019: Alisson Becker (pemenang), Marc-Andre ter Stegen (runner up), Ederson (peringkat ketiga)
2020: Dibatalkan akibat pandemi Covid-19
2021: Gianluigi Donnarumma (pemenang), Edouard Mendy (runner up), Jan Oblak (peringkat ketiga)

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini