Profil Dani Alves, Mantan Pemain yang Baru Pulang ke Barcelona

Dani Alves didatangkan Barcelona seiiring kepulangan Xavi Hernandez jadi pelatih.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 13 November 2021 | 18:15 WIB
Pemain Barcelona Dani Alves bersama tiga trofi Liga Champions (AFP)

Pemain Barcelona Dani Alves bersama tiga trofi Liga Champions (AFP)

Bolatimes.com - Kabar mengejutkan kembali datang dari Barcelona. Setelah kepulangan Xavi Hernandez, kini Blaugrana kembali kedatangan mantan penggawanya, yakni Dani Alves.

Dani Alves resmi kembali ke Barcelona setelah sebelumnya berstatus tanpa klub. Pemain berusia 38 tahun ini kembali ke Camp Nou dengan status bebas transfer.

Kepulangan Dani Alves ke Barcelona sendiri disebut-sebut sebagai bagian dari staf kepelatihan Xavi. Hal ini lantaran usianya yang telah menua.

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022: Prancis, Belgia, dan Belanda Tampil

Namun pemain asal Brasil ini nyatanya kembali sebagai pemain dan akan mengikuti latihan bersama para pemain Barcelona di bawah arahan Xavi.

Meski telah resmi bergabung, Dani Alves baru bisa bermain untuk Barcelona per Januari 2022. Dengan kata lain ia hanya akan berlatih hingga tenggat waktu tersebut.

Kembalinya Dani Alves ke Barcelona pun menjadi kabar manis bagi para pendukung Los Cules. Banyak yang berharap ia akan menjadi salah satu ‘pembantu’ Xavi di Camp Nou sekaligus menularkan pengalamannya ke generasi baru Blaugrana.

Baca Juga: Tiba di Turki Gabung Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri Langsung Ngegym

Dani Alves: Pemain dengan Gelar Terbanyak

Dani Alves merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan. Ia lahir dengan nama lengkap Daniel Alves da Silva di Juazeiro, Bahia, Brasil pada 6 Mei 1983 silam.

Awal karier Dani Alves dimulai dari kampung halamannya sendiri, Juazeiro di mana mulanya ia bermain bersama tetangganya.

Baca Juga: Penuh Kasih Sayang, Cristiano Ronaldo Doakan Putrinya di Hari Ulang Tahun

Dani Alves dan sang istri, Joana Sanz. (Instagram/@joanasanz).
Dani Alves dan sang istri, Joana Sanz. (Instagram/@joanasanz).

Ayahnya, Domingos Alves da Silva, membantu perkembangan sepak bola Dani Alves. Sebelumnya, ia merupakan pemain yang berposisi winger. Namun karena minim gol yang dicetak, ia pun dialihkan sebagai bek kanan.

Meski sibuk menimba ilmu sepak bola, Dani Alves muda nyatanya juga melakukan pekerjaan lain yakni sebagai petani dan juga pedagang di kampung halamannya.

Debut profesional di kancah sepak bola dimulai Dani Alves sendiri di Bahia pada 2001 di mana dalam debutnya itu, ia menciptakan dua assist dan memenangkan satu penalti untuk kemenangan 3-0 timnya atas Parana Clube.

Baca Juga: Ingin Berikan Makanan Khas Bali ke Putrinya, Viktor Axelsen Dilarang Istri

Sejak saat itu, posisi bek kanan menjadi miliknya. Dani Alves pun terus membela Bahia dan menimba ilmu hingga tahun 2002.

Bakatnya tersebut langsung membuat Sevilla terpikat. Pada Juli 2002, Sevilla meminjamnya dari Bahia dan mempermanenkannya 6 bulan berselang.

Dani Alves membela Sevilla selama 6 tahun sejak 2002 hingga 2008 di mana ia mencatatkan 232 penampilan dan meraih 5 gelar bergengsi.

Dalam perjalanannya bersama Sevilla, ada kisah menarik di mana pada 2006 klub asal Andalusia itu sepakat melepas Dani Alves ke Liverpool.

Sayangnya, Liverpool tak bisa memenuhi mahar yang diminta Sevilla yakni 18 juta euro. Alhasil, Dani Alves bertahan sebelum hengkang dari Sevilla ke Barcelona pada musim panas 2008 dengan mahar 35 juta euro.

Di Barcelona lah Dani Alves mengukuhkan diri sebagai salah satu bek kanan terbaik sepanjang masa. Ia mampu membawa klub asal Catalan tersebut meraih beragam gelar bergengsi.

Salah satu yang paling dikenang adalah Sextuple atau 6 gelar dalam 1 tahun kalender pada 2009 dengan menyapu bersih gelar di ajang yang diikuti Barcelona.

Dani Alves total membela Barcelona selama 8 tahun sebelum ia hengkang pada 2016 dan bergabung Juventus dengan status bebas transfer.

Di Italia, Dani Alves juga berhasil meraih gelar bersama Juventus yakni juara Serie A Italia dan Coppa Italia dalam waktu satu tahun saja.

Pada 2017, Dani Alves hengkang ke Paris Saint-Germain dan bermain selama dua musim dengan meraih 6 gelar domestik bersama Les Parisiens.

Pasca berpetualang di Prancis, Dani Alves kembali ke kampung halamannya dengan membela Sao Paulo sebelum dilepas pada September 2021 lalu.

Dalam kariernya sejauh ini, Dani Alves bisa dikatakan sebagai pemain dengan gelar terbanyak di mana ia total telah meraih 43 gelar di ajang kompetitif di level klub dan tim nasional, Brasil.

Adapun gelar terakhir yang ia dapat adalah medali emas Olimpiade Tokyo 2020 di mana timnas Brasil keluar sebagai juara.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak