6 Kiper yang Pernah Masuk 3 Besar Ballon d'Or, Salah Satunya Juara

Deretan enam kiper ini nyaris meraih gelar Ballon d'Or.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 24 September 2021 | 18:45 WIB
Oliver Kahn saat berseragam Timnas Jerman di Piala Dunia 2002. (PASCAL GUYOT / AFP)

Oliver Kahn saat berseragam Timnas Jerman di Piala Dunia 2002. (PASCAL GUYOT / AFP)

Bolatimes.com - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selama beberapa tahun belakangan silih berganti menjadi pemain terbaik dunia alias Ballon d'Or. Tak mengherankan, sebab gol demi gol dan juara lahir dari aksi keduanya.

Selain penyerang, agaknya jarang ada yang melihat sosok kiper sebagai peraih gelar pemain terbaik dunia. Paling banter masuk nominasi dan itu juga amat jarang.

Namun demikian, ada sederet nama kiper yang masuk dalam daftar nominasi dan pernah menyabet gelarnya, meski hanya 1 pemain saja. Berikut rangkumannya.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola yang Punya Gelar Sarjana, Ada Legenda Chelsea

1. Dino Zoff

Italia terkenal sejak dulu mampu melahirkan penjaga gawang berkualitas. Salah satunya adalah Zoff di tahun 1960an.

Pada musim 1973, Zoff yang bermain untuk Juventus masuk dalam daftar nominasi pemain terbaik. Saingannya juga cukup berat ketika itu, Johan Cruyff.

Baca Juga: Kocak! Bukan Pakai Koin, Pemain di Liga Rusia Suit untuk Pilih Gawang

Untuk pencapaian, Zoff bisa dibilang istimewa hingga ia masuk dalam daftar nominasi. Ia hanya kebobolan 37 kali dalam 50 pertandingan.

Selain itu, Zoff juga 24 clean sheets. Secara total, Zoff meraih 9 trofi di level klub bersama Juventus. Bersama Timnas Italia Zoff tak kalah sukses, karena berhasil membawa Italia menjuarai Piala Eropa 1968 dan Piala Dunia 1982.

Tapi, Zoff hanya menempati posisi tiga besar. Seperti yang dikatakan sebelumnya, ia kalah dari Cruyff.

Baca Juga: Prediksi Persija Vs Persela, Misi Macan Kemayoran Petik Kemenangan

2. Ivo Viktor

Ada yang pernah mendengar namanya? Pada 1976 nama Viktor menggemparkan sepak bola Eropa.

Pasalnya, pada Piala Eropa edisi tahun tersebut, Victor sukses menjuarai Piala Eropa dan Viktor adalah salah satu bagian dari tim tersebut.

Baca Juga: Prediksi Persebaya Surabaya vs Bhayangkara FC, Digelar Malam Ini

Pada akhir tahun, namanya masuk nominasi 3 calon pemain terbaik dunia. Hanya, pemain asal Ceko Slovakia itu gagal menempati urutan pertama karena kalah dari Franz Beckenbauer yang menjuarai Liga Champions bersama Bayern Munchen.

3. Oliver Kahn

Kahn tak bisa dimungkiri adalah salah satu talenta terbaik yang dimiliki Timnas Jerman. Pada 2001 dan 2002 mungkin adalah masa-masa terbaik buat kiper Bayern Muenchen ini.

Betapa tidak. Selama 2 musim beruntun, Kahn selalu masuk daftar nominasi tiga pemain terbaik dunia. Hanya, di musim 2001 ia kalah dari Michael Owen dan Raul Gonzalez di musim berikutnya.

Padahal, jika bicara prestasi, Kahn nyaris memiliki segalanya. Bersama Bayern Munchen, ia meraih 3 trofi, yaitu Bundesliga, Liga Champions, dan Piala Interkontinental.

4. Manuel Neuer

Cerita Neuer sama seperti Kahn. Pada 2014, penjaga gawang Bayern Muenchen ini masuk nominasi 3 pemain terbaik dunia.  Tapi, di akhir cerita, Neuer justru hanya menempati posisi ketiga.

Padahal, capaian Neuer adalah juara Piala Dunia 2014. Di hajatan 4 tahunan tersebut, dirinya juga menyabet penjaga gawang terbaik sepanjang turnamen.

Tapi, penilaian dijatuhkan dengan faktor lain. Cristiano Ronaldo yang ketika itu meraih Ballon d'Or dianggap lebih pantas karena meraih gelar Liga Champions beruntun selama 4 musim.

5. Gianluigi Buffon

Pada musim 2006, bisa dibilang adalah masa keemasan Buffon. Namanya bersinar saat membela panji Timnas Italia dengan menjuarai Piala Dunia 2006.

Namun, putusan berkata lain. Buffon yang masuk 3 pemain terbaik mesti kalah. Padahal, dalam turnamen, pemain Parma ini hanya kebobolan 2 gol.

Adalah kompatriotnya yang meraih gelar juara yakni Fabio Cannavaro. Ketika itu, eks pemain Inter dan Juventus itu dianggap pemain paling berpengaruh lantaran menjadi kapten tim.

6. Lev Yashin

Nama terakhir yang menjadi penutup adalah Yashin. Memang tak terlalu populer di masa sekarang karena dia adalah penjaga gawang Uni Soviet di edisi 1963.

Ketika itu, Yashin sukses membawa timnya Dynamo Moscow menjuarai Liga Uni Soviet. Sebelumnya, dia juga sukses membawa Uni Soviet menjuarai Piala Eropa.

Dan Yashin pula yang menjadi kiper satu-satunya yang meraih gelar juara Ballon d'Or. Itu terjadi saat dirinya menjuarai Liga Uni Soviet di edisi 1963.

Kontributor: Kusuma Alan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak