Reaksi Tegas Najwa Shihab usai Didesak Bongkar Identitas Pengatur Skor

Najwa Shihab menolak mengungkap identitas pengatur skor.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Kamis, 04 November 2021 | 19:38 WIB
Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)

Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)

Bolatimes.com - Presenter kondang Najwa Shihab bereaksi seusai didesak untuk mengungkap identitas Mr Y, wasit yang memberikan pengakuan terlibat dalam pengaturan skor kompetisi sepak bola Tanah Air.

Najwa Shihab mengungkapkan desakan itu muncul dari Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh saat menjadi narasumber acara Mata Najwa: "PSSI Bisa Apa Jilid 6: Lagi-lagi Begini", Rabu (3/11/2021) malam.

Najwa Shihab membantah tudingan yang menyebut acara yang dipandunya memberikan perlindungan bagi mafia sepak bola. Pihaknya menolak membongkar identitas pengatur skor lantaran mengacu pada kode etik jurnalistik.

Baca Juga: Febri Hariyadi Dirumorkan dengan Klub Serbia Red Star Belgrade

"Saya menolak permintaan tersebut karena menghormati hak narasumber yang menghendaki anonim. UU No 40 tahun 1999 (UU Pers) memberi pers “hak tolak” yaitu “hak wartawan karena profesinya, untuk menolak mengungkapkan nama atau identitas lainnya dari sumber berita yang harus dirahasiakannya," tulis Najwa Shihab dalam postingan di akun Instagram pribadinya, Kamis (4/11).

Menurutnta, hak tolak ini tidak sembarangan diberikan kepada pers. Tujuannya untuk menghormati hak narasumber yang tidak ingin diungkap identitasnya lantaran alasan keamanan pribadi maupun orang terdekat.

"Panduan kode etik jurnalistik yang telah disahkan oleh Dewan Pers menjelaskan bahwa hak tolak itu bertujuan "demi keamanan narasumber dan keluarganya”,

Baca Juga: Tampil 'Ngejreng', Cincin Istri Bos Rans Cilegon FC Jadi Sorotan

Najwa Shihab soal desakan bongkar identitas pengatur skor. (Instagram/@najwashihab)
Najwa Shihab soal desakan bongkar identitas pengatur skor. (Instagram/@najwashihab)

"Jadi, hak tolak ini memang untuk menjamin kemerdekaan pers, juga memungkinkan pers menjangkau informasi penting yang mungkin tidak akan pernah bisa diungkap kepada publik jika narasumber tak mendapat proteksi memadai," paparnya.

Lebih jauh, ia menerangkan tema acara yang diusung semata-mata merupakan kritik kepada PSSI terkait kekacauan yang terjadi belakangan ini. Adanya kasus match fixing, yang melibatkan eks pemain Perserang, kata dia, mesti diusut tuntas oleh pihak berwenang apalagi bukan kali pertama terjadi.

"Kepolisian harus memainkan perannya, itu sudah sangat jelas, sama jelasnya dengan peran dan tanggungjawab yang mestinya dipenuhi PSSI," ujar Najwa Shihab.

Baca Juga: Profil Ahmad Riyadh, Ketua Komite Wasit PSSI Lulusan S3 Kampus Luar Negeri

Lebih jauh, jurnalis senior tersebut menekankan kalau tema serupa bukan kali pertama diangkat. Bahkan, sudah dibahas semenjak PSSI di bawah kepemimpinan Nurdin Halid.

"(Skandal itu) memang ruwet dan bikin sumpek kalau bicara sepak bola di negeri kita," ungkapnya.

Di akhir penjelasannya, Najwa Shihab pun berseloroh dengan menyinggung klub favoritnya.

Baca Juga: Uang Sekitar Rp400 Juta Disiapkan di Laga Perserang Melawan Rans Cilegon FC

"Masih untung hari-hari ini ada yang bikin gembira. Arsenal yang lagi berjaya," pungkasnya.

Sebelumnya, Ahmad Riyadh meminta Najwa Shihab untuk membongkar identitas perangkat wasit yang mengaku melakukan match fixing. Alasannya, agar tak memicu tuduhan keliru hingga fitnah.

"Kalau Bu Najwa ini mau PSSI bagus, mau membongkar kedok yang bobrok, dibuka saja siapa perangkat pertandingan tersebu. Maka besok, semua sudah jadi action yang luar biasa buat PSSI," tuturnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak