Bolaindonesia

Persija Jakarta Gagal Lampaui Prestasi Persipura di Piala AFC

Persija Jakarta harus mengubur mimpi lolos ke final Piala AFC Zona ASEAN, setelah takluk atas tamunya Home United di laga leg kedua semifinal Piala AFC dengan skor akhir 1-3 agregat 3-6.

Galih Priatmojo

Persija Jakarta/Instagram
Persija Jakarta/Instagram

Bolatimes.com - Persija Jakarta harus mengubur mimpi lolos ke final Piala AFC Zona ASEAN, setelah takluk atas tamunya Home United di laga leg kedua semifinal Piala AFC dengan skor akhir 1-3 agregat 3-6.

Kegagalan Persija Jakarta ini menambah panjang daftar klub-klub Indonesia sebagai spesialis penyisihan di ajang sekaliber Piala AFC.

Prestasi terbaik hingga saat ini masih dipegang oleh Persipura Jayapura di tahun 2014 silam saat mampu mencapai semifinal Piala AFC. Skuat Mutiara Hitam gagal mencicipi partai final setelah takluk atas wakil Kuwait, Al Qadsia dengan skor mencolok 0-6.

Meski begitu, perjuangan Persija Jakarta di Piala AFC tahun ini memang lebih berat dibanding para pendahulunya. Dengan sistem yang baru, Marco Simic dkk wajib melakoni 15 laga yang terbagi dalam tiga zona.

Merunut jauh ke belakang, jalan yang ditempuh Persija Jakarta memang sangat terjal. Bagaimana tidak, mereka harus mengawali laga babak penyisihan Grup H Piala AFC dengan hasil buruk. Mereka takluk atas wakil Malaysia Johor Darul Takzim dengan skor 3-0.

Namun dewi fortuna masih berpihak pada tim Ibu Kota tersebut. Perlahan tapi pasti, Persija Jakarta mulai menemukan ritmenya.

Mereka pun berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah di pertandingan terakhir menang atas tuan rumah Tampines Rovers dengan skor 1-4. Hasil tersebut mengokohkan posisinya sebagai pemuncak klasemen dengan mengemas 15 poin. Unggul tiga angka atas wakil Vietnam Song Lam Nghe An.

Di partai semifinal zona ASEAN, Persija bersua wakil Grup F Home United yang sebelumnya berhasil menaklukkan Ceres Negros.

Persija Jakarta yang diprediksi bakal mampu mengatasi dengan mudah wakil Singapura tersebut ternyata gagal total. Ketiadaan kiper andalan Andritany dan beberapa pilarnya membuat Persija harus takluk saat melakoni leg pertama semifinal Piala AFC di kandang Home United. Penghuni papan tengah klasemen sementara Liga 1 tersebut kalah dengan skor 3-2.

Kesempatan untuk revans di Stadion Gelora Bung Karno pun lagi-lagi luput dari prediksi. Macan Kemayoran yang digadang bakal tampil trengginas di depan publik sendiri, justru malah tampil melempem.

Gol cepat dari Shahril Ishak menjadi awal petaka kekalahan Persija Jakarta. Meski Marco Simic mampu melesakkan sebiji gol lewat tendangan pinalti, hal tersebut tak mampu membawa kemenangan untuk pasukan orange. Persija Jakarta takluk atas Home United dengan skor 1-3 agregat 3-6.

Berita Terkait

Berita Terkini