Profil Hajime Moriyasu, Pelatih Jepang yang Anggap Timnas Indonesia Lawan Sulit

Mengenal sosok Hajime Moriyasu, pelatih Jepang yang tak anggap remeh Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 13 Mei 2023 | 20:00 WIB
Pelatih Jepang Hajime Moriyasu usai kalah dari Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP/Ina Fassbender)

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu usai kalah dari Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP/Ina Fassbender)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Hajime Moriyasu, pelatih Timnas Jepang yang memuji Timnas Indonesia sebagai salah satu lawan sulit di Piala Asia 2023.

Drawing Piala Asia 2023 telah tuntas digelar Kamis (11/5), di mana 24 kontestan telah terbagi dalam enam grup yang masing-masing berisikan empat tim.

Timnas Indonesia sebagai salah satu kontestan ajang ini, masuk ke dalam grup neraka, yakni grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Baca Juga: Profil Jesus Casas, Pelatih Irak yang Anggap Remeh Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Ketiga lawannya ini punya catatan apik di kompetisi empat tahunan tersebut, baik itu pernah menjadi juara maupun pernah melangkah jauh dan membuat kejutan.

Nyatanya, tak hanya Timnas Indonesia saja yang menganggap grup D adalah grup neraka. Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, juga menganggap demikian.

Bahkan secara tersirat, ia memuji Timnas Indonesia sebagai salah satu lawan sulit di fase grup Piala Asia 2023 nanti pasca Drawing yang digelar di Doha, Qatar, tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-22 Sukses Kalahkan Vietnam dengan 10 Pemain, Lolos ke Final SEA Games 2023

“Saya pikir grup mana pun itu sulit, tetapi tampaknya kami (Jepang) ditempatkan di grup yang sangat sulit (grup neraka),” ucap Hajime Moriyasu pasca Drawing babak grup Piala Asia 2023.

Pernyataan itu membuat pecinta sepak bola Indonesia memuji sikap respek Hajime Moriyasu, kendati timnya merupakan favorit untuk lolos dari grup D dan menjuarai Piala Asia 2023.

Lantas, siapakah sosok Hajime Moriyasu itu? Berikut profilnya.

Baca Juga: Aksi Sandy Walsh Berhadapan dengan Kaoru Mitoma di Liga Belgia, Berujung Kekalahan

Peraih Gelar Piala Asia Bersama Jepang

Hajime Moriyasu merupakan pelatih dan juga mantan pemain asal Jepang yang lahir di Kakegawa, Shizuoka pada 23 Agustus 1968 atau 54 tahun silam.

Kariernya di sepak bola bermula sebagai pemain, di mana ia mengawali karier di klub sekola bernama Nagasaki Nihon University High School.

Baca Juga: Hasil SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Final usai Menang Dramatis Lawan Vietnam

Setelah lulus, ia sempat bermain di kasta teratas Jepang bersama Mazda yang kini dikenal sebagai Sanfrecce Hiroshima pada 1987.

Berkat penampilan apiknya sebagai gelandang, Moriyasu sempat mendapat undangan menjalani trial bersama Manchester United pada 1990.

Usai menjalani trial, Moriyasu kembali ke Jepang dan bermain di kompetisi profesional yakni J.League pada 1993 bersama Sanfrecce Hiroshima hingga 2001.

Selama bermain bagi Sanfrecce Hiroshima, ia sempat dipinjamkan ke Kyoto Purple Sanga pada 1998, dan kemudian menutup kariernya di Vegalta Sendai pada 2003.

Semasa bermain, Moriyasu pernah membela Timnas Jepang dan membawa negaranya meraih gelar Piala Asia 1992, yang jadi gelar pertama bagi negaranya di ajang ini.

Usai pensiun sebagai pemain, Moriyasu bergelut di dunia kepelatihan, di mana ia menjadi asisten pelatih Sanfrecce Hiroshima pada 2004 hingga 2010.

Setelah itu ia menjadi asisten pelatih Albirex Niigata pada tahun 2009-2012, sebelum menjadi pelatih utama Sanfrecce Hiroshima pada 2012.

Di periode keduanya bersama Sanfrecce Hiroshima sebagai pelatih, Moriyasu mampu membawa timnya meraih tiga gelar J.League dan Piala Super Jepang secara beruntun sejak 2012-2015.

Prestasi ini membawa Moriyasu ke Timnas Jepang pada 2017, di mana ia juga menukangi tim U-21 yang saat itu bersaing di Piala Asia U-23 2018 dan juga melatih di Asian Games 2018.

Jabatannya sempat dilengserkan sebagai asisten pelatih Akira Nishino pada 2018 kala itu, sebelum akhirnya Moriyasu kembali mengambil tampuk kepelatihan Timnas Jepang senior di tahun yang sama hingga saat ini.

Bersama Moriyasu, Timnas Jepang mampu menembus final Piala Asia 2019, sebelum dikalahkan oleh Qatar di partai puncak dengan skor 0-1.

Selain itu, Moriyasu juga berhasil membuat Jepang menjadi kejutan di Piala Dunia 2022, dengan mengalahkan Jerman dan Spanyol di fase grup, sehingga lolos sebagai juara grup E.

Nahas, perjalanan Moriyasu dan Jepang di Piala Dunia 2022 harus terhenti di babak 16 besar, pasca ditumbangkan Kroasia lewat adu penalti.

Meski gagal di Piala Asia 2019 dan Piala Dunia 2022, Moriyasu pernah membawa Jepang meraih gelar, yakni EAFF Championship pada 2022 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Gelandang Leverkusen yang sukses meraih gelar Bundesliga dan Piala Jerman, Granit Xhaka sangat berharap bisa membawa kemenangan untuk Swiss dalam laga Grup A melawan Hongaria pada Sabtu malam di Cologne Stadium.

boladunia | 08:47 WIB

Jerman tampil luar biasa, membuat Skotlandia menjadi korban pertama dengan kekalahan telak 1-5 pada pertandingan pembuka Euro 2024 Grup A di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Sabtu dini hari WIB.

boladunia | 08:08 WIB

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB
Tampilkan lebih banyak