Boladunia

Deretan Pemain Afrika yang Pernah Menangi Liga Italia, Terbaru Franck Kessie

Franck Kessie sukses mengantar AC Milan juara Liga Italia musim 2021/2022.

Rauhanda Riyantama

Franck Kessie saat merayakan gelar juara Liga Italia bersama AC Milan. (Twitter)
Franck Kessie saat merayakan gelar juara Liga Italia bersama AC Milan. (Twitter)

Bolatimes.com - AC Milan menjadi juara Serie A Italia musim 2021/22 setelah mengalahkan Sassuolo 3-0 dalam pertandingan pekan terakhir yang berlangsung di Mapei Stadium, Minggu.

Olivier Giroud menyumbangkan dua gol dalam pertandingan ini, dengan gol lainnya disumbangkan oleh Franck Kessie, demikian catatan laman resmi Serie A.

Tambahan tiga poin ini membuat Milan mengakhiri musim di puncak klasemen Liga Italia dengan 86 poin. Inter Milan, yang di saat bersamaan mengalahkan Sampdoria 3-0, harus finis sebagai runner-up dengan 84 poin.

Ini merupakan Scudetto ke-19 bagi Milan dan sekaligus merebutnya dari rival satu kota. Terakhir kali mereka mendapatkannya pada musim 2010/2011.

Menariknya, Frank Kessie menjadi salah satu pemain asal Afrika, tepatnya Pantai Gading, yang menangi Liga Italia.  Lantas siapa saja pemain Afrika yang pernah merasakan mengangkat trofi scudetto? berikut enam pemain tersukses di Italia asal Afrika.

1. Kevin-Prince Boateng

Melissa Satta dan Kevin-Prince Boateng. (Instagram/@melissasatta).
Melissa Satta dan Kevin-Prince Boateng. (Instagram/@melissasatta).

Pemain asal Ghana, sempat merajut asa di Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur meskipun pada akhirnya gagal dan terlempar ke Italia.

AC Milan menjadi tim yang dibelanya, sementara performa terbaiknya datang saat musim 2010-2011 dengan dua raihan trofi Piala Super Italia dan Liga Italia.

2. Medhi Benatia

Setelah sempat bermain untuk Bayern Muenchen, namaun karier puncak Medhi Benatia benar-benar didapat saat berada di Liga Italia.

Bersama AS Roma dan Juventus, meskipun pada akhirnya harus tersingkir dan pergi ke Qatar untuk bermain dengan Al-Duhai pada 2019.

Tiga scudetto didapatkan Benatia saat membela Juventus, tentu bukan torehan yang biasa bagi pesepak bola Afrika yang berkarier di Eropa.

3. Kwadwo Asamoah

Gelandang Inter Milan, Kwadwo Asamoah (kanan) mengontrol bola selama pertandingan Serie A Italia Sassuolo vs Inter Milan di Stadion Mapei. (Vicenzo Pinto/AFP).
Gelandang Inter Milan, Kwadwo Asamoah (kanan) mengontrol bola selama pertandingan Serie A Italia Sassuolo vs Inter Milan di Stadion Mapei. (Vicenzo Pinto/AFP).

Juventus tak hanya memiliki Benatia sebagai pemain asal Afrika dalam skuat mereka, ada pula Kwadwo Asamoah yang sukses memberi enam gelar scudetto.

Meski begitu, Asamoah terkendala cedera dan membuat kampanye dengan Juventus kadan terhenti sebelum mencapai puncaknya.

Hingga kemudian ia meninggalkan Juventus dan bergabung dengan Cagliari serta Inter Milan untuk melanjutkan kariernya di Italia.

4. Sullet Muntari

Memiliki stamina yang luar biasa saat bertanding, Sullet Muntari pernah jadi andalan dua klub Kota Milan, AC Milan maupun Inter Milan pernah mendapat servisnya.

Namun kesuksesannya datang saat direkrut Jose Mourinho ke Inter Milan dan sukses memenangi gelar Liga Champions 2010.

5. George Weah

George Weah/Instagram
George Weah/Instagram

Menjadi sosok yang melegenda bagi AC Milan, pemain asal Liberia ini merupakan andalan bagi Rossoneri pada masanya dalam perebutan scudetto.

Bahkan kesuksesannya bersama AC Milan, George Weah berhasil merengkuh gelar Ballon d'Or dan satu-satunya pemain Afrika yang memenangi itu.

6. Samuel Eto'o

Kariernya melejit bersama Barcelona, namun seiring kehadiran Pep Guardiola, keberadaan Eto'o tergantikan oleh pemain lain.

Hingga akhirnya Inter Milan menjadi labuhan baru Samuel Eto'o bersama Jose Mourinho sebagai bosnya saat memenangi gelar Liga Champions di tahun 2010.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini