Mengenal Kick and Rush, Taktik Sepak Bola Khas Inggris yang Kini Nyaris Punah

Kick and Rush sebelumnya populer di Liga Inggris.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 21 April 2022 | 09:00 WIB
Chelsea vs Manchester United. (Glyn Kirk/AFP).

Chelsea vs Manchester United. (Glyn Kirk/AFP).

Bolatimes.com - Mengenal salah satu taktik dalam permainan sepak bola Inggris, yakni Kick and Rush yang kini perlahan mulai sirna dan nyaris punah.

Selayaknya negara sepak bola lainnya seperti Brasil dengan Jogo Bonito dan Italia dengan Catenaccio, Inggris punya gaya permainan sendiri yang bernama Kick and Rush.

Secara harfiah, Kick and Rush punya arti menendang dan terburu-buru. Jika diartikan, maka Kick and Rush adalah gaya bermain yang direct atau langsung, yang mengalirkan bola dari belakang ke pertahanan lawan dengan cepat.

Baca Juga: PSS Sleman Lepas Sembilan Pemain, Jefri Kurniawan hingga Rifaldi Bawuo

Permainan Kick and Rush ini biasanya memanfaatkan lebar lapangan dan kecepatan para winger sebagai media untuk menjalankan taktiknya.

Tak cukup sampai di situ, permainan Kick and Rush ini juga mengandalkan bola-bola lambung ke area pertahanan lawan. Dalam perjalanan, taktik ini melahirkan permainan keras yang kemudian menjadi wajah sepak bola Inggris.

Namun lambat laun gaya Kick and Rush ini mulai ditinggalkan oleh klub-klub Inggris itu sendiri, karena dianggap sulit beradaptasi dengan gaya sepak bola modern.

Baca Juga: Jadwal Final Coppa Italia 2021/2022: Juventus vs Inter Milan

Dianggap Ketinggalan Zaman

Gaya sepak bola modern yang kaya akan taktik pun membuat Kick and Rush perlahan ditinggalkan oleh klub-klub Inggris.

Apalagi gaya sepak bola modern kian taktis karena menerapkan banyak hal soal taktik, salah satunya adalah mengenai jebakan Offside yang menjadi lawan dari gaya Kick and Rush sendiri.

Baca Juga: 3 Klub yang Paling Sering Lakukan Comeback, Ada Manchester United

Gaya Kick and Rush sendiri masih sempat diperagakan di Inggris memasuki tahun 2010, termasuk saat tim nasionalnya menerapkan gaya ini di Piala Dunia 2010.

Selain Timnas Inggris, Stoke City arahan Tony Pulis juga menerapkan gaya Kick and Rush. Dalam pengaplikasiannya, pelatih asal Wales itu berhasil.

Ia mampu membawa Stoke City promosi dan bermain di Premier League pada 2008-2009. Tak cukup sampai di situ, Tony Pulis juga berhasil membawa The Potters lolos ke Liga Europa musim 2011-2012.

Baca Juga: Manchester City Hajar Brighton 3-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Sayangnya, Kick and Rush yang diterapkan Stoke City itu pergi bersamaan dengan perginya Tony Pulis. Mark Hughes sebagai penggantinya pun gagal menerapkan gaya permainan itu.

Alhasil, Stoke City pun mengalami kemunduran sejak saat itu dan terus bermain di kasta kedua Inggris, Divisi Championship, hingga saat ini.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB

UEFA dilaporkan akan menggunakan teknologi microchip, yang disematkan dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.

boladunia | 12:30 WIB

Adapun jadwal playoff Euro 2024 akan dilaksanakan pada Maret mendatang, tiga di antara 12 tim nantinya akan lolos ke turnamen final di Jerman.

boladunia | 10:24 WIB

Laga timnas Indonesia vs Vietnam merupakan matchday ketiga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di SUGBK, Kamis (21/3/2024) kickoff 20.30 WIB.

boladunia | 14:04 WIB

Berikut 5 negara yang diprediksi sebagai calon kuat juara Euro 2024, satu di antaranya sukses tampil bagus di babak kualifikasi Piala Eropa ini.

boladunia | 13:24 WIB

Pertandingan babak semifinal Piala Asia antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan itu berakhir dengan skor 2-0.

boladunia | 08:47 WIB

Ajang UEFA Euro 2024 atau Piala Eropa akan segera bergulir, dan Jerman terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara mulai dari 14 Juni sampai 14 Juli.

boladunia | 11:58 WIB

Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024, usai terpilih menjadi penyelenggara Kejuaraan Eropa UEFA edisi ke-17 dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, pada 27 September 2018.

boladunia | 11:37 WIB

UEFA Euro 2024 akan berlangsung di 10 kota di Jerman, dengan pertandingan babak penyisihan grup dilaksanakan dalam tiga kelompok tempat regional.

boladunia | 10:42 WIB
Tampilkan lebih banyak