Kisah Thiago Silva yang Nyaris Meninggal akibat Sakit TBC

Thiago Silva menderita sakit TBS saat berseragam FC Porto pada 2005.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 08 Januari 2022 | 18:36 WIB
Bek Chelsea asal Brasil, Thiago Silva, merayakan gol pertama timnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga pekan kelima Liga Inggris 2021/2022 di Stadion Tottenham Hotspur di London, pada 19 September 2021. JUSTIN TALLIS / AFP.

Bek Chelsea asal Brasil, Thiago Silva, merayakan gol pertama timnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga pekan kelima Liga Inggris 2021/2022 di Stadion Tottenham Hotspur di London, pada 19 September 2021. JUSTIN TALLIS / AFP.

Bolatimes.com - Semua pesepak bola memiliki kisah menarik yang bisa dijadikan pelajaran. Salah satunya adalah kisah dari Thiago Silva yang hampir meninggal akibat TBC.

Siapa yang tak kenal Thiago Silva? Bek gaek yang kini membela Chelsea itu disebut-sebut sebagai salah satu bek tangguh di sepak bola modern.

Di usianya yang kini telah menginjak 37 tahun, Thiago Silva masih aktif bermain dan bahkan menjadi andalan di lini belakang Chelsea sehingga mampu menjuarai Liga Champions 2021/22.

Baca Juga: Ada David Alaba, Berikut 10 Pesepak Bola yang Bisa Main Lebih dari 5 Posisi

Sebelum membela Chelsea, Thiago Silva pernah membela AC Milan dan Paris Saint-Germain. Ia membela Rossoneri usai diboyong dari Fluminense pada 2009.

Setelah membela AC Milan selama hampir tiga tahun, Thiago Silva dipinang oleh Paris Saint-Germain dan terus bermain untuk tim berjuluk Les Parisiens selama delapan tahun.

Beragam trofi pun telah diraih Thiago Silva sepanjang kariernya. Salah satu pencapain terbaiknya tentu adalah Liga Champions di level klub, tepatnya bersama Chelsea, dan Copa America di level tim nasional.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Indonesia Jebolan Piala AFF yang Diminati Klub Luar Negeri

Thiago Silva saat berseragam AC Milan. (Olivier Morin/AFP).
Thiago Silva saat berseragam AC Milan. (Olivier Morin/AFP).

Dalam perjalanannya, banyak yang mengira bahwa AC Milan menjadi klub pertama Thiago Silva di Eropa. Nyatanya hal tersebut salah besar.

Jauh sebelum mendarat di AC Milan pada 2009, Thiago Silva pernah bermain di Eropa pada tahun 2005 bersama FC Porto dan 2006 bersama Dynamo Moscow.

Namun, pengalaman pertama Thiago Silva di Eropa bersama FC Porto dan Dynamo Moscow hanya berisikan kisah pilu semata, salah satunya saat dirinya nyaris meninggal akibat sakit TBC.

Baca Juga: Profil Paul Wanner, Pemain Termuda Bayern Munich yang Mentas di Bundesliga

Hampir Meninggal Sebelum Kariernya Berkembang

Sebagai pemain muda asal Amerika Selatan yang terbang ke Eropa, Thiago Silva membawa mimpi bisa membesarkan namanya di dunia sepak bola.

Kesempatan datang pada 2005 saat FC Porto memboyongnya dari Juventude pada awal tahun dengan mahar 2,5 juta euro.

Baca Juga: Deretan Pemain yang Bersinar di Serie A Musim Ini, No 1 Diincaran Klub Top

Namun, Thiago Silva hanya bertahan enam bulan saja. Pasalnya, klub asal Rusia yakni Dinamo Moscow menebusnya dari FC Porto dengan harga 3,5 juta euro.

Saat itu, Dynamo Moscow tengah berambisi bisa menjadi juara Liga Primer Rusia. Ambisi tersebut terlihat dari sang Presiden, Alexei Fedorychev yang lantas memboyong tujuh pemain dari Portugal, salah satunya adalah Thiago Silva.

Bahkan, untuk memudahkan proses adaptasi, Dynamo Moscow merekrut pelatih asal Brasil, Ivo Wortmann agar para pemain rekrutannya bisa bersinar.

Dari sini lah kebenaran terungkap. Thiago Silva yang resmi hijrah ke Dynamo Moscow saat itu gampang lelah saat bermain. Hal ini membuat dokter tim terkejut karena perekrutannya dan enam pemain lainnya dilakukan secara tak layak.

Thiago Silva. (Anne-Christine Poujoulat/AFP)
Thiago Silva. (Anne-Christine Poujoulat/AFP)

Thiago Silva yang gampang lelah, lantas mudah sakit dan menderita gelaja suhu panas tinggi disertai batuk dan berkeringat parah.

Melihat apa yang dialami Thiago Silva, pihak tim lantas merujuknya ke rumah sakit. Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata diketahui ia memiliki penyakit TBC.

Tak tanggung-tanggung, Thiago Silva mengidap penyakit TBC itu selama enam bulan. Lantas, dokter yang memeriksanya mengatakan hidupnya hanya tersisa dua minggu saja sebelum penyakitnya diketahui.

Alhasil Thiago Silva menjalani perawatan intensif karena penyakit TBC nya ternyata sangat parah. Bahkan, dokter mempertimbangkan untuk memotong sebagian paru-parunya.

Namun pertimbangan dokter mendapat tentangan dari sang ibu, Angela dan sang istri, Isabelle yang meminta agar operasi ini tak dilanjutkan karena akan membuyarkan mimpi Thiago Silva menjadi pesepak bola.

“Saya katakan kepada mereka (dokter) bahwa tak ada satu orang pun yang boleh mengoperasinya dan memupuskan mimpi suami saya,” ujar Isabelle dikutip dari The Sun.

“Saya bukanlah seorang dokter, tapi tak ada yang percaya bahwa dia (Thiago Silva) harus menjalani operasi,” lanjutnya.

Selama masa perawatan itu, Thiago Silva sendiri hampir memutuskan pensiun mengingat kondisi yang memprihatinkan.

“Saya di rumah sakit selama enam bulan dan saya kehilangan berat badan 10 kg. Ibu saya mengatakan bahwa saya tak terlihat sakit, tapi saya tak bisa bergerak,” tutur Thiago Silva.

“Saya hampir meninggal. Itu mengapa, ketika kapan pun saya bermain, saya memikirkan momen-momen di Rusia itu,” lanjutnya.

Setelah dinyatakan sembuh, Thiago Silva memutuskan meninggalkan Rusia dan kembali ke Brasil pada tahun 2006 di mana ia direkrut Fluminense atas permintaan mantan pelatihnya di Dynamo Moscow, Ivo Wortmann.

Dari sana lah Thiago Silva mendapat kesempatan kedua dalam hidupnya untuk meniti karier di sepak bola sehingga menjadi salah satu bek terbaik di sepak bola modern saat ini.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak