Boladunia

Ada David Alaba, Berikut 10 Pesepak Bola yang Bisa Main Lebih dari 5 Posisi

10 pesepak bola ini bisa bermain lebih dari 5 posisi.

Rauhanda Riyantama

Bek Real Madrid, David Alaba. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Bek Real Madrid, David Alaba. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bolatimes.com - Deretan pemain yang bisa main di berbagai posisi dalam sepak bola menarik untuk dibahas. Pasalnya, sebagai pesepak bola, bermain di satu atau dua posisi saja mungkin sudah biasa.

Misal. Seorang penyerang lazim bermain di pos sayap atau di belakang striker murni. Tapi, jika lebih dari dua posisi, tentu pesepak bola tersebut istimewa.

Bolatimes sudah merangkum 10 pemain yang bisa bermain di sejumlah posisi. Berikut ulasan singkatnya:

10. Joshua Kimmich [5 Posisi]

Kimmich bisa dibilang pemain belakang serba bisa. Penggawa Bayern Muenchen ini setidaknya sudah bermain di 5 posisi berbeda selama menjalani karier profesional.

Mulai dari bek tengah, bek kanan, gelandang sayap kanan, gelandang bertahan, dan gelandang tengah. Dan dampak dari skill yang ia punya, Kimmich bisa diandalkan baik klub dan tim nasional.

9. Saul Niguez [6 Posisi]

Pemain anyar Chelsea, Saul Niguez. (Instagram/saulniguez)
Pemain anyar Chelsea, Saul Niguez. (Instagram/saulniguez)

Saul memiliki atribut lengkap sebagai pesepak bola. Tercatat, pemain Chelsea ini bisa bermain di 6 posisi.

Meski sejauh ini ia kerap menjadi pelapis bersama The Blues, namun Saul bisa bermain di gelandang sayap kanan, gelandang tengah, gelandang sayap kiri, gelandang bertahan, bek tengah, dan bek kiri.

8. Daley Blind [6 Posisi]

Sama seperti Saul, Blind juga menjadi pemain serba bisa. Eks penggawa Man United ini memang lazimnya beroperasi di sektor pertahanan.

Selama berkarier di dunia sepak bola, Blind sudah mencicipi sejumlah posisi. Mulai dari bek tengah, bek kiri, bek kanan, gelandang tengah, gelandang bertahan, gelandang sayap kiri dan kanan.

7. David Alaba [6 Posisi]

Pemain Bayern Munchen, David Alaba (tengah) merayakan gol ke gawang Spartak Moskowe di Liga Champions 2012/2013 (AFP)
Pemain Bayern Munchen, David Alaba (tengah) merayakan gol ke gawang Spartak Moskowe di Liga Champions 2012/2013 (AFP)

Satu nama lain yang punya skill komplet sebagai belakang adalah David Alaba. Sama Blind dan Saul, Alaba juga punya atribut komplet sebagai seorang pemain belakang.

Namun, yang membedakan pemain Real Madrid ini adalah, dia pernah diplot sebagai gelandang serang. Ini menarik karena posisi asli pemain Austria ini adalah seorang bek.

6. Emre Can [7 Posisi]

Emre Can bisa dibilang pemain yang bisa menempati pos mana saja. Tercatat, penggawa Borussia Dortmund ini bisa bermain di 7 posisi.

Mulai dari pos bek tengah, bek kiri dan kanan, sayap kiri dan kanan, hingga gelandang serang. Dan lewat keserbabisaannya itu, ia menjadi incaran sejumlah klub Eropa.

5. Alessandro Florenzi [8 Posisi]

Pemain AS Roma, Alessandro Florenzi (AFP)
Pemain AS Roma, Alessandro Florenzi (AFP)

Florenzi memang seorang pesepak bola yang beroperasi di sayap kanan. Namun siapa sangka, pemain pinjaman AS Roma yang kini bermain untuk AC Milan ini bisa bermain di 8 posisi berbeda.

Sejauh ini, ia bisa bermain di pos penyerang, sayap kanan, sayap kiri, gelandang serang dan bertahan, bek kiri dan kanan. Termutakhir, saat membela panji Timnas Italia, dia ditempatkan di pos bek kiri.

4. Adriano [8 Posisi]

Adriano yang dibahas kali ini adalah bek kiri milik Barcelona era 2011 hingga 2016. Saat di Camp Nou, ia memang bermain di pos bek kiri.

Tapi, atribut Adriano sebagai pemain belakang tak kalah ciamik. Bisa ditempatkan di seluruh sektor pertahanan, ia nyatanya juga mahir di pos gelandang serang.

3. Kevin Grosskreutz [10 Posisi]

Grosskreutz bisa dibilang istimewa. Eks penggawa Borussia Dortmund ini bisa bermain nyaris di seluruh pos dalam permainan sepak bola.

Satu-satunya pos yang belum pernah dihuni oleh pemain yang membela Tus Bovinghausen di level keenam Liga Jerman ini adalah penjaga gawang. Sisanya, dia bisa diandalkan.

2. Ashley Young [11 Posisi]

Selebrasi Ashley Young saat berhasil mencetak gol ke gawang Lazio. (Andreas Solaro/AFP).
Selebrasi Ashley Young saat berhasil mencetak gol ke gawang Lazio. (Andreas Solaro/AFP).

Young memulai kariernya sebagai pesepak bola sebagai gelandang sayap kiri. Hanya, setelah berpindah-pindah klub, pelatih kerap menggonta ganti posisinya.

Young tak mempermasalahkannya. Sebab, sejauh ini, eks pemain MU dan Inter Milan ini bisa bermain di sejumlah posisi.

Nah, sama seperti Grosskreutz, satu-satunya posisi yang belum pernah dihuni Young adalah penjaga gawang.

1. James Milner [11 Posisi]

James Milner sudah malang melintang di sejumlah klub papan atas Liga Inggris. Di setiap kedatangannya, ia menjelma menjadi pemain serba bisa.

Mungkin, nama Milner yang paling karib dengan label pemain serba bisa. Sebab, mulai dari gelandang hingga bek, bergantian ia tempati di klub yang dibelanya.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini