Boladunia

Profil Tan Cheng Hoe, Pelatih Malaysia yang Mundur usai Piala AFF 2020

Tan Cheng Hoe mundur setelah Timnas Malaysia gagal di Piala AFF 2020.

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Dok. FAM).
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Dok. FAM).

Bolatimes.com - Tan Cheng Hoe memutuskan mundur dari kursi pelatih Timnas Malaysia setelah kejuaraan Piala AFF 2020. Berikut profil Tan Cheng Hoe.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengofirmasi mundurnya Tan Cheng Hoe melalui pengumuman resminya, Senin (3/1/2021).

Dalam keterangannya, FAM menyebut Tan Cheng Hoe mundur setelah gagal membawa Timnas Malaysia moncer di Piala AFF 2020.

Skuad Harimau Malaya tersingkir dari Piala AFF 2020, seusai ditumbangkan Vietnam dengan skor 0-3 di babak fase grup dan dibungkam Timnas Indonesia di laga terakhir fase grup dengan skor 1-4.

Rentetan kekalahan tersebut membuat Malaysia gagal menembus babak semifinal Piala AFF 2020. Mereka tak bisa mempertahankan prestasi pada 2018, ketika menyabet juara runner-up.

Atas hasil itu, sosok Tan Cheng Hoe menuai sorotan hingga akhirnya muncul pengumuman dirinya mundur sebagai Pelatih Malaysia.

"Setelah berbicara secara terbuka dari semua sudut, FAM menghormati keputusan itu dan telah setuju melepas Cheng Hoe dengan persetujuan kedua belah pihak," terang FAM.

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Lillian Suwanrumpha/AFP).
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Lillian Suwanrumpha/AFP).

Profil Tan Cheng Hoe

Tan Cheng Hoe merupakan mantan pesepak bola profesional Malaysia yang sempat mengisi posisi gelandang. Tan Cheng Hoe lahir di Kedah, 30 Mei 1968.

Menekuni dunia kulit bundar, Tan Cheng Hoe sempat memperkuat Tim Kedah hingga sukses menembus final Piala Malaysia selama tiga tahun berturut-turut pada 1988, 1989 dan 1990.

Pada 1991, ia tergabung dengan tim B Malaysia dan mengikuti kejuaraan sepak bola Asia termasuk Piala TAAN yang diadakan di Nepal.

Kariernya kemudian melesat menjadi pelatih klub. Pada 2004, ia didapuk menjadi juru taktik Kedah. Lalu terpilih sebagai asisten pelatih Timnas Malaysia U-19 di bawah komando K. Rajagopal pada 2004-2013.

Bersamanya, Skuad Harimau Muda mampu menyabet sejumlah prestasi seperti meraih medali emas SEA Games (2009) dan menjuarai Piala AFF 2010. Namun, setelah itu, ia memilih vakum.

Pada 2014, Cheng Hoe kembali ke Kedah dan mengukir prestasi gemilang. Ia dinobatkan sebagai pelatih terbaik M-League setelah membawa klubnya juara tiga Liga Super dan sukses di Piala Malaysia.

Semenjak saat itu, namanya kian diperhitungkan di sepak bola Malaysia. Ia dilantik menjadi pelatih Timnas Malaysia untuk mengantikan Nelo Vingada pada 2018.

Lewat tangan dingin Tan Cheng Hoe, Malaysia berhasil menembus final Piala AFF 2018. Sayangnya, Harimau Malaysia harus puas sebagai runner-up usai kalah dari Vietnam di partai puncak.

Tan Cheng Hoe pun menukangi tim Malaysia di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022. Mereka berhasil mengalahkan salah satu rival terkuat di ASEAN, Thailand pada kejuaraan tersebut.

Selanjutnya, Tan Cheng Hoe mengomando Skuad Harimau Malaya di Piala AFF 2020 meski gagal bersinar hingga akhirnya mengundurkan diri.

Berita Terkait

Berita Terkini