Boladunia

Sindir Thailand, Park Hang-seo: Menyenangkan Bisa Menang Setelah 4 Tahun

Thailand berhasil mengalahkan Vietnam di semifinal Piala AFF 2020.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo. (Giuseppe Cacace/AFP).
Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo. (Giuseppe Cacace/AFP).

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo menyindir Thailand usai timnya tumbang di leg pertama semifinal Piala AFF 2020.

Juara bertahan Piala AFF, Vietnam harus mengubur mimpinya untuk meraih gelar tersebut usai disingkirkan Thailand di babak semifinal.

Dalam semifinal yang berlangsung selama dua leg tersebut, tim berjuluk The Golden Stars ini takluk dengan agregat 0-2 dari Thailand.

Di leg pertama, Vietnam harus mengakui keunggulan Thailand 0-2 lewat Brace bintangnya, Chanathip Songkrasin.

Di leg kedua, Vietnam yang harus mengejar defisit dua gol tak bisa berbuat banyak untuk membongkar pertahanan Thailand sehingga skor berakhir 0-0.

Alhasil, Vietnam pun mau tak mau gagal melangkah ke final dan harus puas hanya berebut tempat ketiga dengan tuan rumah Singapura di Piala AFF 2020.

Kejadian unik sempat terjadi di leg pertama saat Vietnam takluk 0-2 dari Thailand. Di laga itu, para pemain Gajah Perang melakukan tindakan provokasi dengan melewati zona teknis Vietnam pasca laga.

Keributan yang terjadi di akhir laga Thailand melawan Vietnam. (Dok. Siam Sport)
Keributan yang terjadi di akhir laga Thailand melawan Vietnam. (Dok. Siam Sport)

“Setelah pertandingan, tim Thailand lewat depan zona teknis kami. Saya saat itu hanya menyuruh salah satu pemain (Theerathon Bunmathan) untuk tak melakukan itu lagi, itu saja,” ujar Park Hang-seo dikutip dari laman Zingnews.

Park Hang-seo pun menyindir bahwasanya provokasi para pemain Thailand itu sebagai bentuk perayaan karena untuk pertama kalinya tim Gajah Perang bisa mengalahkan Vietnam sejak empat tahun silam.

“Tapi saya mengerti suasana hati mereka. Menyenangkan jika menang setelah empat tahun. Saya yakin mereka senang,” lanjutnya.

Kekalahan dari Thailand di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 itu pun membuyarkan rekor yang selama ini dipegang Vietnam kala melawan tim-tim dari kawasan Asia Tenggara.

Kekalahan dari Thailand itu menjadi kekalahan perdana  Vietnam setelah tak terkalahkan. Adapun kekalahan terakhir yang diterima The Golden Stars pada 2016 silam kala melawan Indonesia arahan Alfred Riedl.

Setelah kekalahan itu, Vietnam tampil dominan, terlebih saat diasuh Park Hang-seo. Total 16 kemenangan dan enam hasil imbang diraih The Golden Stars saat bertemu tim-tim Asia Tenggara.

Dengan kata lain, Vietnam mempertahankan status tak terkalahkan di Asia Tenggara selama lima tahun. Hal ini senada dengan sindiran Park Hang-seo untuk Thailand.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini