Boladunia

Tak Lagi Nganggur, Pesepak Bola Terkaya di Dunia Gabung Klub Thailand

Pesepak bola terkaya di dunia, yakni Faiq Bolkiah kini tak lagi nganggur setelah meninggalkan klub asal Portugal, Maritimo.

Rauhanda Riyantama

Faiq Bolkiah gabung klub Thailand, Chonburi FC. (Dok. Chonburi FC)
Faiq Bolkiah gabung klub Thailand, Chonburi FC. (Dok. Chonburi FC)

Bolatimes.com - Di tengah hiruk pikuk Piala AFF 2020, terdapat kabar bahwa pesepak bola terkaya di dunia asal Brunei Darussalam, Faiq Bolkiah, baru saja berganti klub.

Faiq Bolkiah resmi mendarat ke tim papan atas Thailand, Chonburi FC usai kontraknya berakhir dengan klub asal Portugal, Maritimo.

Kepastian bergabungnya pemain berusia 23 tahun ini diketahui lewat Instagram Chonburi FC. Dalam unggahannya terdapat video perkenalan Faiq Bolkiah.

Dilansir dari laman resmi klub, Chonburi FC lewat sang manajer, Sasit Singtothong, mengaku punya alasan khusus di balik perekrutan Faiq Bolkiah.

“Dia (Faiq Bolkiah) akan menjadi pilihan yang baik bagi kami dalam menyerang karena dia punya skill dan kemampuan, termasuk pengalaman di Inggris,” ujar Singtothong, dilansir dari laman resmi klub.

 

Faiq Bolkiah gabung klub Thailand, Chonburi FC. (Dok. Chonburi FC)
Faiq Bolkiah gabung klub Thailand, Chonburi FC. (Dok. Chonburi FC)

Mengenai kepindahan Faiq Bolkiah yang menggemparkan dunia sepak bola baik di Asia Tenggara dan dunia, Singthothong merasa hal tersebut merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi Chonburi FC sendiri.

“Ini sangat menyenangkan mempunyai pemain dengan tim yang menjadi pemberitaan di seluruh dunia. Dia pesepak bola terkaya di dunia. Dia juga merupakan putra Jeffrey Bolkiah, adik Sultan Hassanal Bolkiah, kerajaan Brunei,” lanjutnya.

Meski punya status tersebut, Singtothong menyebut Faiq Bolkiah tak ingin mendapat perlakuan istimewa di Chonburi FC yang membuat dirinya terlihat profesional.

Pesepak Bola Terkaya yang Pernah Menimba Ilmu di Chelsea

Nama Faiq Bolkiah sendiri menjadi perbincangan kala dirinya menandatangani kontrak bersama akademi Southampton pada 2009 lalu.

Pemain kelahiran Los Angeles, Amerika Serikat itu lantas mengenyam ilmu sepak bola di Southampton selama empat tahun.

Setelah berstatus tanpa klub selama setahun, Faiq Bolkiah bergabung akademi Chelsea di mana ia mampu menembus tim U-18 The Blues.

Dua tahun berselang, Leicester City U-18 menampungnya di mana ia mampu menembus tim U-23 setahun kemudian dan tergabung di kelompok umur selama tiga tahun.

Di tahun 2020, Faiq Bolkiah dilepas secara cuma-cuma ke Maritimo. Ia pun langsung tergabung di kelompok umur U-23 dan dipindahkan ke Maritimo B pada Juli 2021.

Pemain Timnas Brunei Darussalam ini disebut sebagai pemain terkaya mengalahkan Ronaldo dan Messi. [@fjefrib / Instagram]
Pemain Timnas Brunei Darussalam ini disebut sebagai pemain terkaya mengalahkan Ronaldo dan Messi. [@fjefrib / Instagram]

Kebersamaan Faiq Bolkiah dan Maritimo pun hanya bertahan 1,5 tahun saja. Di akhir tahun 2021 ini, ia pun memilih kembali ke Asia Tenggara dan bergabung Chonburi FC yang kini duduk di peringkat ketiga Thai League 2021-2022.

Sematan pesepak bola terkaya sendiri bukanlah isapan jempol belaka. Faiq Bolkiah diyakini punya kekayaan berdasarkan garis keturunannya.

Sang Ayah, Jeffrey Bolkiah merupakan salah satu Pangeran Brunei yang punya kekayaan mencapai 20 miliar poundsterling dan mempunyai 2300 mobil.

Bahkan Faiq Bolkiah menjadi sorotan soal gaya hidupnya, yang diketahui punya hewan peliharaan seekor harimau dan juga selalu menghabiskan dana 35 juta euro (Rp564 miliar) per bulan untuk kebutuhan dan keperluannya.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini