Boladunia

Mantan Bek Malaysia Sebut Dion Cools Bisa Jadi Senjata Makan Tuan

Dion Cools yang punya segudang pengalaman di Eropa, malah bisa menjadi kelemahan di Malaysia.

Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto

Dion Cools tiba di Singapura untuk bela Malaysia. (Instagram/famalaysia)
Dion Cools tiba di Singapura untuk bela Malaysia. (Instagram/famalaysia)

Bolatimes.com - Mantan bek Malaysia, Serbegeth Singh, melihat bahwa Dion Cools bisa menjadi senjata makan tuan jika Tan Cheng Hoe menggunakan taktik yang tidak pas.

Sebagaimana diketahui, Dion Cools merupakan amunisi baru Harimau Malaya jelang pertandingan melawan Indonesia. Dengan segudang pengalamannya di Eropa, bek berusia 25 tahun ini malah disebut bisa jadi titik kelemahan Malaysia.

Sebab, situasi Malaysia saat ini memang tidak diuntungkan melawan timnas Indonesia. Dua bek mereka Aidil Zafuan dan Shahrul Saad bakal absen karena mengalami cedera.

Hal itu membuat Tan Cheng Hoe diprediksi akan memasang Dion Cools bersama Dominic Tan sebagai dua bek tengah. Jika memang begitu, Serbegeth Singh menyebut itu akan menjadi lubang besar di jantung pertahanan Harimau Malaya.

Menurut Singh, duet Cools dan Tan akan kesusahan untuk meredam agresivitas anak asuh Shin Tae-yong karena belum menemukan keserasian yang tepat. Apalagi bek yang bermain di FC Midtjylland baru saja bergabung dengan Malaysia.

"Dalam situasi saat ini, pasangan Cools dan Dominic berisiko tinggai. Adaptasi cuaca bisa membuat permaina Cools dapat menurun, sementara Dominic belyum membuktikan kebolehannya di lapangan," ucap Singh dikutip dari Berita Harian, Minggu (19/12/2021).

Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]
Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]

Alih-alih memasang Dion Cools sebagai bek tengah, Singh menyebut Tan Cheng Hoe bise memanfaatkan bek level Eropa itu menjadi sweeper dalam strategi tiga bek.

"Mungkin sudah saatnya bermain dengan tiga bek tengah. Pasangan Rizal Ghazali, Cools, dan Dominic sebagai tiga bek akan membantu Cools jadi 'sweeper'," jelas Singh.

"Di posisi sweeper, Cools bisa mengawal pertahanan tanpa membuang tenaga. Kita perlu pertahanan yang tenang serta vokal. Di sini saya lihat bahwa Cools saja yang paling layak," tegasnya.

Sementara itu, timnas Indonesia juga akan memainkan bek Eropa, yaitu Elkan Baggott. Sebelumnya pemain Ipswich Town tersebut harus absen lawan Vietnam karena menjalani karantina.

Sayangnya satu pemain lagi, Egy Maulana Vikri tampaknya tidak bisa bermain membela timnas Indonesia karena baru selesai menjalankan tugasknya bersama klubnya, FK Senica.

Nah, pertandingan timnas Indonesia melawan Malaysia sendiri layaknya hidup mati. Skuat Garuda setidaknya harus meraih satu poin jika ingin lolos ke semifinal, sedangkan Harimau Malaya wajib menang.

Berita Terkait

Berita Terkini