Boladunia

Profil Park Hang-seo, Pelatih Timnas Vietnam Eks Asisten Guus Hiddink

Vietnam merupakan lawan Indonesia di fase grup Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Vietnam U-23, Park Hang-seo. (Dok. Bongda.com.vn).
Pelatih Timnas Vietnam U-23, Park Hang-seo. (Dok. Bongda.com.vn).

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan berjumpa dengan kompatriotnya yang melatih timnas Vietnam, yakni Park-Hang-seo, pada kejuaraan Piala AFF 2020.

Sebab, timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama tergabung di Grup B Piala AFF 2020. Park Hang-seo dan anak asuhnya bakal menjadi salah satu pesaing berat bagi skuad Merah Putih.

Park Hang-seo merupakan pelatih asal Korea Selatan yang memiliki catatan kepelatihan mentereng bersama timnas Vietnam.

Pelatih berusai 64 tahun itu sukses mengantarkan skuad The Golden Star meraih sejumlah prestasi membanggakan pada beberapa tahun terakhir.

Profil Park Hang-seo

Park Hang-seo merupakan mantan pesepak bola Korea Selatan yang memiliki karier mentereng setelah melanjutkan kariernya di dunia kepelatihan.

Lelaki kelahiran Gyeongnam, 1 Oktober 1957, itu hanya sempat membela tiga klub selama masih aktif bermain, yakni Korea First Bank (1981), ROK Army (1981-1983), dan Lucky-Goldstar (1984-1988).

Bersama klub yang disebut terakhir, Park Hang-seo turut berkontribusi membawa timnya kerauh gelar juara K-League 1985. Bahkan, dia juga mendapat penghargaan sebagai K League Best XI pada musim itu.

Saat masih bermain, Park Hang-seo juga sempat beberapa kali dipanggil timnas Korea Selatan, mulai dari kelompok U-20, hingga senior.

Setelah memutuskan pensiun sebagai pemain, ia memulai karier kepelatihannya bersama Lucky-Goldstar pada 1989.

Park Hang-seo menjadi salah satu asisten pelatih yang membantu Guus Hiddink saat timnas Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Park Hang-seo, pelatih Timnas Vietnam U-23. (Emmanuel Dunand/AFP).
Park Hang-seo, pelatih Timnas Vietnam U-23. (Emmanuel Dunand/AFP).

Setelah menunjukkan kapasitasnya sebagai asisten pelatih, dia kemudian dipercaya untuk menangani timnas Korea Selatan U-23 yang tampil pada ajang SEA Games 2002.

Setelah itu, dia mendapat pekerjaan untuk melatih sejumlah klub sepak bola di Korea Selatan seperti Gyeongnam FC, Chunnam Dragons, Sangju Sangmu, hingga Changwon City.

Pada 29 September 2017, pelatih yang kini telah berusia 64 tahun itu mendapat pekerjaan dari Federasi Sepak Bola Vietnam. 

Awalnya, dia bertugas untuk menangani timnas Vietnam U-23 yang akan tampil pada kejuaraan Piala Asia U-23 2018.

Bersama anak asuhnya itu, ia sukses mengantarkan melaju hingga partai final Piala Asia U-23 2018.

Kesuksesan itu membawanya melangkah lebih maju. Sebab, ia kembali dipercaya untuk menangani Vietnam pada Asian Games 2018.

Pada gelaran yang berlangsung di Indonesia itu, Vietnam sukses melaju hingga fase semifinal. Ini menjadi keberhasilan pertama Vietnam dalam 56 tahun.

Pada tahun yang sama, Park Hang-seo sukses membawa timnas Vietnam meraih gelar Piala AFF 2018. Ini menjadi gelar pertama skuad The Golden Star pada ajang antarnegara Asia Tenggara.

Sampai saat ini, pelatih asal Korea Selatan itu masih mendapat kepercayaan dari VFF untuk mengasuh timnas Vietnam.

Pada Piala Asia 2019, Park juga membawa Vietnam melaju hingga babak perempat final. Sayanngya, langkah mereka dijegal Jepang yang menjadi runner-up kejuaraan tersebut.

Pada 6 November 2019, Park mendapatkan perpanajngan kontrak bersama timnas Vietnam dan Vietnam U-23 hingga tahun 2022.

Bersama timnas Vietnam U-23, Park pernah mempersembahkan medali emas SEA Games 2019. Ini menjadi gelar pertama yang diraih Vietnam setelah sebelumnya mereka gagal meraih emas pada lima kesempatan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini