Momen Langka saat Man United Pakai Dua Jersey Berbeda dalam Satu Laga

Begini kisah selengkapnya saat Manchester United pakai dua jersey dalam satu laga.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 25 November 2021 | 13:15 WIB
Manchester United saat melawan Southampton pada 13 April 1996. (Twitter/@90sfootball)

Manchester United saat melawan Southampton pada 13 April 1996. (Twitter/@90sfootball)

Bolatimes.com - Manchester United dalam suatu waktu pernah mengenakan dua jersey dalam satu pertandingan. Hal ini terjadi pada 13 April 1996 saat mereka menyambangi markas Southampton.

Musim itu, Manchester United tengah bersaing berebut gelar juara Liga Inggris dengan Newcastle United. Hari itu, mestinya, Iblis Merah menang mudah karena Southampton tengah berada di zona merah.

Pada saat melawat ke markas Southampton, Manchester United semula mengenakan jersey away mereka dengan motif abu-abu, setrip merah hitam di dada. Dan mereka yang digadang-gadang akan menang mudah, justru bermain buruk.

Baca Juga: Manchester City Tumbangkan PSG, Pep Guardiola Bongkar Resep Matikan Messi

Di tengah teriknya matahari, Manchester United tak berkutik menghadapi sistem gegenpressing yang dilakukan tuan rumah. Alhasil, Setan Merah bahkan tertinggal tiga gol oleh Ken Monkou, Neil Shipperley, dan Matt Le Tissier.

Saat turun minum, Sir Alex Ferguson selaku juru latih Manchester United, meminta anak asuhnya untuk melepas jersey mereka. Momen ini dikatakan oleh eks penggawa MU, Lee Sharp.

''Lepaskan jersey itu,'' kata Sharpe mengenang kejadian tersebut seperti dikutip dari The Guardian.

Baca Juga: Bantai Alanyaspor, Shin Tae-yong Salut dengan Kerja Keras Timnas U-18

''Itu adalah kata-kata yang diucapkannya pada paruh waktu ketika itu,'' lanjutnya.

Memasuki babak kedua, Manchester United kemudian mengganti jersey mereka dengan warna biru dan putih. Namun, hasil akhir tetap berpihak pada Southampton karena mereka hanya mampu mempersempit defisit gol via Ryan Giggs.

Sir Alex mengatakan bahwa pergantian jersey anak asuhnya bukan lantaran percaya takhayul. Sebab, beberapa pihak yang mengklaim bahwa dengan bergantinya jersey, Manchester United bisa membalikkan kedudukan.

Baca Juga: Indonesia Vs Myanmar, Shin Tae-yong Incar Kemenangan

''Para pemain tidak bisa memilih satu sama lain. Mereka mengatakan sulit untuk melihat rekan satu timnya dari jarak jauh ketika mereka mengangkat kepala,” kata Sir Alex.

Sharp menambahkan bahwa pernyataan Sir Alex memang benar. Dia juga mengakui bahwa saat menjalani babak pertama, ia dan rekan-rekannya bermain buruk.

''Kami tidak bisa benar-benar menyalahkan siapapun kecuali diri kami sendiri,” kata Sharpe.

Baca Juga: 5 Pembalap Paling Berumur di MotoGP setelah Valentino Rossi Pensiun

Imbas dari kejadian ini, Manchester harus membayar denda 10 ribu pound ketika itu. Pasalnya, regulasi Premier League tak memperbolehkan tim berganti jersey secara mendadak.

Kontributor: Kusuma Alan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak