Denda yang Harus Dibayar jika Dapat Kartu Kuning atau Merah di Sepak Bola

Ternyata ada uang yang harus dibayar jika dapat kartu kuning atau merah.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 18 November 2021 | 13:30 WIB
Wasit Mike Dean saat memberikan kartu kuning kepada Ilkay Gundogan pada laga melawan Chelsea (10/2/2019) [Oli/Scarff/AFP]

Wasit Mike Dean saat memberikan kartu kuning kepada Ilkay Gundogan pada laga melawan Chelsea (10/2/2019) [Oli/Scarff/AFP]

Bolatimes.com - Sebagai olahraga yang melibatkan kontak fisik, sepak bola pun memiliki aturan agar setiap pemain tak berbuat kasar atau mencederai lawannya. Aturan yang hadir pun yakni berupa hukuman kartu kuning dan kartu merah.

Kartu kuning dan kartu merah menjadi suatu aturan yang bertujuan mencegah seorang pemain melakukan pelanggaran yang bisa berakibat fatal untuk pemain lainnya.

Penggunaan kartu ini pertama kali dipraktekkan di Inggris pada tahun 1976. Namun mundur ke belakang, penggunaan kartu dalam sepak bola telah diterapkan oleh wasit Inggris, Ken Aston di Piala Dunia 1970.

Baca Juga: Jonathan Rea Tak Sabar Balapan di Mandalika: Sepertinya Sirkuit yang Cocok

Kartu kuning dan kartu merah pun bisa dikatakan sebagai simbol dan komunikasi antara wasit dengan pemain di atas lapangan.

Wasit akan menjadikan kartu sebagai alat untuk memperingatkan pemain yakni dengan kartu kuning dan menghukum pemain keluar lapangan dengan kartu merah.

Dalam penerapannya, pemain tak hanya keluar jika menerima kartu merah saja. Jika pemain telah mendapat kartu kuning dan beberapa saat kemudian mendapat kartu kuning lagi, maka dua kartu kuning akan menjadi kartu merah.

Baca Juga: Profil Zohreh Koudaei, Kiper Timnas Putri Iran yang Diduga Laki-laki

Banyak yang memahami bahwa hukuman setelah mendapat kartu adalah diusir dari lapangan saat permainan atau akumulasi kartu sehingga tak bisa bertanding di kemudian hari.

Tapi ternyata, masih ada hukuman lainnya yang menanti. Hukuman lainnya itu adalah denda berupa uang yang harus dibayarkan sesuai pelanggaran yang dibuat.

Lantas berapa denda yang harus dibayar untuk kartu kuning dan kartu merah?

Baca Juga: Dikenal Garang, Mike Tyson Ungkap Hal yang Membuatnya Menangis Ketakutan

Cristiano Ronaldo saat mendapatkan kartu merah ketika melawan Manchecter City (Dok. Telegraph)
Cristiano Ronaldo saat mendapatkan kartu merah ketika melawan Manchecter City (Dok. Telegraph)

Tergantung Jenis Pelanggaran

Diambil dari laman resmi Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), denda yang dibayarkan tergantung jenis pelanggaran yang dibuat si pemain.

Sebagai contoh, untuk pelanggaran yang menghasilkan kartu kuning seperti melepas jersey, handball, tekel, melakukan profesional foul dan berdebat dengan wasit, maka si pemain akan dikenai denda 10 poundsterling atau 195 ribu rupiah.

Baca Juga: Disebut Kembar, Potret Akane Yamaguchi dan Anak Marcus Gideon Menggemaskan

Denda sebesar itu ternyata tak hanya berlaku untuk kartu kuning saja. Jika ada pemain yang mengganggu jalannya pertandingan dan keluar masuk lapangan tanpa izin sesuai Laws of the Game, maka pemain akan mendapat denda sebesar 195 ribu rupiah.

Sedangkan untuk kartu merah atau kartu kuning kedua, pemain akan mendapat denda lebih besar lagi yakni sebesar 35 poundsterling atau Rp682 ribu dan hukuman larangan bertanding sebanyak satu pertandingan.

Lantas bagaimana dengan tindakan kasar seperti melakukan perbuatan rasis, menyikut dengan sengaja, atau kasus Luis Suarez yang menggigit lengan Branislav Ivanovic?

Hukuman denda yang diterima jauh lebih berat lagi. Untuk penghinaan atau perbuatan kasar, maka akan dikenai denda 45 poundsterling atau ekuivalen Rp876 ribu.

Untuk tindakan kasar seperti menggigit, adu jotos, adu kepala, menendang atau menginjak lawan, maka hukumannya denda sebesar 55 poundsterling atau 1 juta 71 ribu rupiah ditambah larangan bermain sebanyak tiga laga.

Lalu menurut FA, hukuman terberat adalah meludahi lawan yang akan diganjar denda 55 poundsterling ditambah hukuman larangan bermain sebanyak enam laga.

Lantas, bagaimana skema pembayarannya? Diketahui pembayaran dilakukan melalui Sekretaris klub kepada FA dan dibayarkan melalui sebuah Platform bernama Whole Game System.

Selain dari penyelenggara liga, pihak klub juga punya aturan sendiri terhadap perilaku pemain entah itu berupa denda dan pemotongan gaji yang ditentukan nominalnya oleh masing-masing klub.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak