5 Pesepak Bola yang Diduga Terlibat Pengaturan Skor, Ada Ronaldo

Nama Ronaldo diduga pernah terlibat pengaturan skor.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 01 November 2021 | 14:30 WIB
Crisstiano Ronaldo (kanan) melakukan selebrasi dengan rekan-rekannya usai mencetak gol ketiga timnya dalam matchday ketiga Grup F Liga Champions antara Manchester United vs Atalanta di Old Trafford, Manchester, Kamis (21/10/2021) dini hari WIB. [AFP].

Crisstiano Ronaldo (kanan) melakukan selebrasi dengan rekan-rekannya usai mencetak gol ketiga timnya dalam matchday ketiga Grup F Liga Champions antara Manchester United vs Atalanta di Old Trafford, Manchester, Kamis (21/10/2021) dini hari WIB. [AFP].

Bolatimes.com - Praktik pengaturan skor yang menjerat pemain dan pelatih Perserang Serang masih menjadi polemik. Hal ini kemudian mengingatkan kita bahwa praktik kotor yang mencederai asas fair play dalam sepak bola itu pernah terjadi di Tanah Air.

Beberapa tahun lalu, eks manajer Timnas Indonesia, Andi Darussalam, buka-bukaan dengan menyatakan bahwa adalah salah satu pemain Garuda yang terlibat. Ketika itu, mereka tengah bermain di Piala AFF 2010.

Sejatinya, praktik pengaturan skor di sepak bola tak hanya melilit Perserang. Berikut Bolatimes rangkum 5 pesepak bola yang terlibat pengaturan skor.

Baca Juga: Kalah dari Australia, Media Vietnam: Banyak Harapan di Timnas Indonesia

1. Ander Herrera

Gelandang Paris Saint-Germain Ander Herrera (kanan) diselamati rekan-rekannya seusai mencetak gol kedua ke gawang Clermont dalam laga lanjutan Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Sabtu (11/9/2021). (AFP/Franck Fife)
Gelandang Paris Saint-Germain Ander Herrera (kanan) diselamati rekan-rekannya seusai mencetak gol kedua ke gawang Clermont dalam laga lanjutan Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Sabtu (11/9/2021). (AFP/Franck Fife)

Gelandang milik PSG, Ander Herrera, diketahui pernah terseret skandal pengaturan skor. Pemain asal Spanyol ini bahkan terancam hukuman 4 tahun penjara.

Kejadian ini terjadi pada Mei 2011. Ketika itu, Herrera masih membela Real Zaragoza dan tengah bertandang ke markas Levante.

Baca Juga: 6 Skandal Pengaturan Skor yang Gemparkan Dunia, Ada dari Indonesia

Hasil akhir menelurkan tuan rumah sebagai pemenang laga dengan skor 2-1. Alhasil, Deportivo ketika itu terdegradasi dan mengindikasikan Herrera terlibat.

2. Stefano Mauri

Pada 2011, Mauri sempat diduga terlibat dalam pengaturan skor. Ketika itu Lazio, tim yang ia perkuat, menghadapi Lecce dan Genoa.

Baca Juga: Persiba Balikpapan Resmi Tunjuk Fakhri Husaini Jadi Pelatih

Penyelidikan kemudian menelurkan Mauri bersalah. Mauri dikenakan sanksi dilarang bermain selama 9 bulan atas tuduhan tersebut.

Mauri sempat membantah tuduhan yang menimpanya. Namun demikian, hukuman tetap berjalan akibat skandal yang disebut Calcioscommesse.

3. Cristiano Ronaldo

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo nampak sudah ikut latihan. (Twitter/@juventusfc)
Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo nampak sudah ikut latihan. (Twitter/@juventusfc)

Nama tenar Ronaldo tak membuatnya ikut diduga melakukan praktik pengaturan skor. Tuduhan itu didapatkannya saat masih berbaju Real Madrid.

Kala itu, El Real, berhadapan dengan Celta Vigo. Ronaldo cs pun menang 4-1 dari tim tuan rumah dan berpeluang merengkuh juara Liga Spanyol.

Dugaan pengaturan skor kemudian mencuat setelah Ronaldo sempat tertangkap kamera bercengkrama dengan Gustavo Caral.

Dalam obrolan keduanya, Ronaldo mengatakan: "Kamu dapat banyak uang" kepada Cabral. Dan oleh pemain yang yang disebutkan belakangan menunjukkan bahasa tubuh dengan menempelkan jari telunjuk dengan ibu jarinya dan gestur itu ditafsirkan sebagai mendapatkan uang.

4. Gianluigi Buffon

Kiper veteran Italia, Buffon, tak lepas dari dugaan pengaturan skor. Ketika masih berseragam Juventus pada 2006, ia diduga terlibat.

Pada tahun itu, kasus pengaturan skor di Italia memang jamak terjadi. Sampai-sampai kasus itu mendunia dengan nama Calciopoli lantaran AC Milan, Fiorentina, Lazio, Regina, dan Juventus terlibat.

Namun, setelah melalui tahapan investigasi. Buffon yang kala itu membawa Italia juara Piala Dunia tak terbukti bersalah.

5. Mursyid Effendi

Nama terakhir yang terlibat dalam skandal pengaturan skor datang dari Indonesia. Mursyid Effendi adalah sosoknya.

Saat itu, Mursyid bersama Timnas Indonesia berhadapan dengan Thailand di Piala Tiger [Piala AFF sekarang]. Kedua tim pun bermain tanpa ada niat untuk menang.

Alasannya, kedua tim ogah bertemu dengan tuan rumah Vietnam di babak semifinal. Dan posisinya, Indonesia kalah 2-3 dari Thailand saat itu.

Adapun, kekalahan skuat Garuda disebabkan oleh gol bunuh diri Mursyid Effendi. Akhirnya, Indonesia dan Thailand gagal juara pada Piala Tiger 1998.

Selain itu, kedua negara juga mendapatkan hukuman senilai US$40.000. Dari investigasi yang dilakukan, Mursyid pencetak gol bunuh diri di laga itu dihukum seumur hidup dilarang bermain pada ajang internasional.

Beberapa tahun kemudian, Mursyid buka suara dan mengatakan kalau dirinya adalah korban dari sepak bola gajah tersebut. Bahkan, ada ungkapan kalau Indonesia tidak bakal pernah juara Piala AFF.

Kontributor: Kusuma Alan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak