10 Nomor Punggung Pemain Legendaris yang Dipensiunkan Klubnya

Punya memori, berikut 10 nomor punggung pemain top yang dipensiunkan klubnya.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 07 Oktober 2021 | 14:30 WIB
Diego Maradona kala memperkuat Napoli pada 1988 silam. [BON ISHIKAWA / AFP]

Diego Maradona kala memperkuat Napoli pada 1988 silam. [BON ISHIKAWA / AFP]

Bolatimes.com - Pemain sepak bola selalu meninggalkan warisan berupa karier dan catatannya semasa bermain. Hal ini membuat sepak bola memiliki tradisi memensiunkan nomor punggung pemain yang dianggap berjasa untuk suatu klub.

Dalam saga transfer Lionel Messi ke Paris Saint-Germain di musim panas 2021 lalu, penikmat sepak bola dihebohkan dengan wacana akan dipensiunkannya nomor 10 miliknya di Barcelona.

Wacana ini muncul mengingat kontribusinya selama 17 tahun berseragam Barcelona di mana ia mampu membawa raksasa Catalan tersebut menjadi salah satu tim terbaik di dunia.

Baca Juga: Bukan Kylian Mbappe, Real Madrid Lebih Butuh Bek Anyar

Sayangnya, wacana ini urung terjadi karena adanya aturan dari otoritas La Liga yang bertulis bahwa setiap klub harus mendaftarkan pemainnya di tim utama dengan nomor 1 hingga 25.

Dengan aturan ini, wacana dipensiunkannya nomor punggung 10 yang identik dengan Messi pun urung terwujud hingga akhirnya nomor tersebut turun ke tangan Ansu Fati.

Meski begitu, dipensiunkannya nomor punggung pemain yang berjasa tetap menjadi tradisi di liga-liga top Eropa seperti 10 nomor punggung ini.

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Afrika, CONMEBOL, & CONCACAF

1. Paolo Maldini (AC Milan)

Sejak Paolo Maldini pensiun, nomor punggung 3 tak lagi terlihat saat AC Milan berlaga. Hal ini menjadi penanda bahwa Rossoneri memensiunkan nomor punggung sang legenda.

Namun setelah diselidiki, ternyata AC Milan tak benar-benar memensiunkan nomor punggung tersebut. Maldini memiliki permintaan khusus di mana nomor 3 bisa kembali dipakai dan putranya mampu menembus tim utama serta ingin memakan nomor tersebut.

Baca Juga: Heboh, Gubernur Wahidin Halim Ingin Undang Cristiano Ronaldo ke Banten

2. Diego Maradona (Napoli)

Kematian Diego Maradona pada 2020 lalu mengejutkan dunia sepak bola. Terutama untuk Napoli, salah satu klub yang pernah dibela ‘Si Tangan Tuhan’.

Untuk mengenang jasanya, Napoli membuat tribut dengan mengubah nama Stadion San Paolo menjadi Stadion Diego Armando Maradona menyusul nomor 10 yang ia kenakan dahulu dipensiunkan pada tahun 2000.

Baca Juga: Shin Tae-yong Pantang Remehkan Taiwan yang Datang dalam Keadaan Pincang

3. Johan Cruyff (Ajax Amsterdam)

Johan Cruyff merupakan salah satu sosok yang bisa mengubah sepak bola. Jasa-jasanya terlihat semasa aktif menjadi pemain dan juga pelatih.

Karena jasa-jasanya itu lah, tim Johan Cruyff, Ajax Amsterdam, memilih memensiunkan nomor 14 pada ulang tahun ke-60 nya. Selain itu, markas De Godenzonen juga diubah menjadi nama sang legenda yakni Johan Cruyff Arena.

4. Pele (New York Cosmos)

Semasa aktif bermain, Pele lebih banyak menghabiskan kariernya di Brasil bersama Santos. Namun, pernah dalam satu kesempatan ia bermain di Amerika Serikat untuk New York Cosmos.

Karena kedatangannya dan pengaruhnya sehingga Amerika Serikat kini meminati sepak bola, Pele pun mendapat penghormatan di mana nomor punggung 10 miliknya dipensiunkan New York Cosmos.

5. Franco Baresi (AC Milan)

Selain nomor punggung 3 milik Maldini, ada pula nomor punggung 6 yang kini tak terlihat saat AC Milan berlaga. Nomor punggung 6 tersebut adalah milik Franco Baresi.

Baresi merupakan pemain legendaris yang membawa AC Milan berjaya di kancah domestik dan Eropa. Untuk mengenang pencapaiannya dan jasanya, nomor punggung 6 miliknya pun kini tak lagi dipakai.

6. Rogerio Ceni (Sao Paulo)

Jarang bagi seorang kiper mendapat penghormatan berupa dipensiunkannya nomor punggung yang ia miliki. Rogerio Ceni mendapat kehormatan tersebut.

Sebagai kiper paling produktif mencetak gol sepanjang masa dan berjasa untuk Sao Paulo, nomor punggung 01 milik Ceni kini resmi digantungkan dan takkan bisa dipakai oleh generasi selanjutnya.

7. Henrik Larsson (Helsingborgs)

Jika ditanya siapa pemain terbaik Swedia sepanjang masa, maka Henrik Larsson lah orangnya. Ia menjadi pemain yang mampu mengangkat derajat sepak bola Swedia berkat kariernya.

Di Swedia, Larsson membela Helsingborgs selama dua periode. Karena jasanya dan nama besarnya, Helsingborgs pun lantas memensiunkan nomor punggung 17 yang ia kenakan dalam dua periode itu.

8. Bobby Moore (West Ham United)

Klub Inggris, West Ham United, pun tak mau ketinggalan soal memensiunkan nomor punggung legendanya. The Hammers memensiunkan nomor punggung 6 milik Bobby Moore.

West Ham memutuskan memensiunkan nomor tersebut pada 2008 untuk mengenang jasa Moore yang juga menjadi tulang punggung Timnas Inggris saat menjuarai Piala Dunia 1966.

9. Emiliano Sala (FC Nantes)

Kematian Emiliano Sala pun menjadi sekelumit kisah mengharukan di sepak bola. Ia dinyatakan meninggal setelah sebelumnya dinyatakan hilang saat terbang dari Prancis ke Wales untuk merampungkan transfernya dari FC Nantes ke Cardiff City pada 2019.

Pasca meninggal, klub Emiliano Salah yakni FC Nantes pun lantas memensiunkan nomor punggung 9 yang ia kenakan sebagai bentuk penghormatan kepada sosoknya.

10. Marc-Vivien Foe (Manchester City)

Manchester City memensiunkan nomor punggung 23 yang dimiliki Marc-Vivien Foe pasca dirinya meninggal dunia di atas lapangan pada 2003.

Foe meninggal di atas lapangan saat terjatuh pingsan di laga Piala Konfederasi melawan Kolombia. Untuk menghormati jasanya, Man City selaku tim terakhirnya pun lantas memensiunkan nomor punggung yang ia kenakan.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak