Kisah Ansu Fati, Lahir dari Keluarga Miskin hingga Pewaris No 10 Messi

Ansu Fati kini memikul beban berat

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 09 September 2021 | 14:32 WIB
Wonderkid Barcelona, Ansu Fati. (Lluis Gene/AFP).

Wonderkid Barcelona, Ansu Fati. (Lluis Gene/AFP).

Bolatimes.com - Barcelona memiliki pemilik nomor 10 baru. Usai kepergian Lionel Messi ke Paris Saint Germain (PSG), kini jersi yang kerap dianggap keramat dalam dunia sepak bola itu digunakan oleh Ansu Fati.

Cukup mengagetkan lantaran Fati masih berusia sangat muda. Sebelumnya, nama-nama macam Filippe Coutinho dan Kun Aguero digadang-gadang akan mengenakan nonor tersebut. Tapi, kok, bisa Fati?

Memutar sedikit karier Fati di sepak bola, pemuda 19 tahun ini lahir dari keluarga yang kurang layak. Pada 31 Oktober 2002, ia lahir di Guennea Bissau yang merupakan salah satu negara termiskin di Afrika Barat.

Baca Juga: Profil Ricardo Pepi, Striker Amerika yang Tampil Luar Biasa di Laga Debut

Ayahnya, Bori, memutuskan untuk pergi merantau ke Eropa. Niat dari sang ayah agar keluarganya hidup berkecukupan.

Mulai dari memetik buah zaitun hingga petugas klub malam dijalani. Dari penghasilan itu, Bori sukses membawa keluarganya ke Spanyol pada 2009 dan pada titik inilah kisah Fati dimulai.

Tak lama usai memboyong keluarganya ke Spanyo, Bori memasukkan Fati ke akademi Peloteros guna mengasah kemampuan anaknya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Timnas Brasil Pakai Jersi Warna Kuning, Dulunya Putih

Di sana, Fati memang tak menyia-nyiakan kesempatan. Saat berlatih, juru taktik akademi Peloteros, Jorgi Firagua Moreno, terpikat oleh skill olah bola Fati yang di atas rata-rata.

Alhasil, satahun setelahnya, Sevilla memboyong pemuda asal Afrika Barat ini ke Andalusia. Dan saat di sana, dia juga ditawari oleh dua klub raksasa Spanyol: Barcelona dan Real Madrid.

Fati kemudian memilih Barcelona. Meski begitu, jalan karier sepak bolanya tak mudah karena persoalan finansial.

Baca Juga: Pelatih Persipura Tegaskan Optimis Saja Tak Cukup untuk Bungkam Persela

Pada 2015, Fati sempat tak punya sepatu karena rusak. Akhirnya, kiper Barca ketika itu, Victor Valdes, membelikannya sepatu. Tak hanya itu saja, Fati juga pernah mengalami patah kaki saat jumpa Espanyol, tapi ia tak menyerah.

Pada 2019, Fati akhirnya bangkit. Kesempatan kemudian datang kepadanya masuk tim utama karena krisis pemain lantaran banyak yang cedera.

Tak punya stok pemain, Ernesto Valverde, akhirnya memasukkan Fati ke tim utama. Memantik perhatian saat jumpa Real Betis, usia Fati masih 16 tahun 298 hari.

Baca Juga: PT LIB Masih Rahasiakan Sponsor Liga 2, Mau Umumkan saat Manager Meeting

Debut Fati kemudian diiringi dua penghargaan: Sebagi pemain muda kedua untuk Barcelona di La Liga dan 6 hari berselang saat bentrok dengan Ossasuna mencetak gol termuda buat Barcelona sepanjang sejarah. 

Rentetan prestasi Fati juga bertambah. Ia juga menjadi pencetak gol termuda di Liga Champions di Eropa dan Timnas Spanyol di level internasional.

Terkini, Fati dalam tahap pemulihan cedera miniskus yang dialaminya musim lalu. Santer terdengar ia akan kembali merumput dengan mengenakan nomor 10 peninggalan Lionel Messi.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak