Kisah Paul Vaessen, Bintang Muda Arsenal yang Hancur karena Narkoba

Paul Vaessen sempat digadang bakal menjadi pemain yang luar biasa

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 08 September 2021 | 20:39 WIB
Paul Vaessen. (Dok. Mirror)

Paul Vaessen. (Dok. Mirror)

Bolatimes.com - Ada banyak faktor yang bisa membuat karier seorang pesepak bola hancur, di antaranya cedera dan gaya hidup tidak sehat, misalnya mengonsumsi narkoba. Hal ini yang terjadi pada seorang Paul Vaessen.

Vaessen merupakan sosok kelahiran Gillingham, Inggris, pada 16 Oktober 1961. Pada awalnya, dia dianggap sebagai salah satu talenta muda berbakat yang dimiliki oleh Inggris.

Terlebih Vaessen merupakan anak dari seorang mantan pesepak bola, Leon Henry Vaessen yang pernah bermain untuk Millwall. Dia kemudian bergabung dengan Arsenal pada 1977 sebagai pemain magang.

Baca Juga: Deretan Pesepak Bola Eropa yang Punya Istri Cantik

Butuh waktu sekitar satu tahun bagi Vaessen untuk menjalani debut bersama The Gunners. Dia tampil pada laga melawan Lokomotive Leipzig di pentas Liga Europa pada 27 September 1978 saat usianya masih 16 tahun.

Setelah itu, Vaessen menjalani debutnya di Liga Inggris saat melawan Chelsea pada 14 Mei 1979. Pada bulan Juli di tahun yang sama, Vaessen akhirnya menjadi pemain profesional di Arsenal.

Meski tak banyak mendapat kesempatan bermain, dia sukses mencetak 5 gol dari 13 penampilan di musim 1979/80. Salah satu gol yang dia cetak di musim itu membuat namanya diingat oleh para pendukung Arsenal hingga sekarang.

Baca Juga: Buntut Insiden Tendangan Kungfu, Postingan AHHA PS Pati FC Diserbu

April 1980 Arsenal harus bertandang ke markas Juventus saat itu di Stadio Comunale pada leg kedua semifinal Piala Winners. Pada leg pertama di Inggris, Arsenal bermain imbang 1-1.

Arsenal harus bisa mencetak gol karena gol 1-1 akan menguntungkan Juventus dengan sistem gol tandang. Manajer Arsenal saat itu, Terry Neill, memasukkan Vaessen di menit 75.

Vaessen jadi pahlawan Arsenal di laga itu, sundulannya yang berubah gol di menit 88 bikin Arsenal menang 2-1. Namun, Vaessen tak turun di laga final di mana Arsenal kalah dalam babak adu penalti dari Valencia.

Baca Juga: Usai Menteri Keuangan Mundur, Presiden Pasoepati Bantah Isu Perpecahan

Setelah musim yang mengesankan itu, Paul Vaessen diterpa cedera. Dia mengalami putus ligamen di lutut dan harus menjalani tiga kali operasi. Dia terpaksa pensiun dini pada 1982 sebelum berusia 21 tahun.

Secara keseluruhan, Vaessen mencetak 9 gol dalam 39 pertandingan untuk Arsenal di berbagai ajang. Setelah pensiun, Vaessen melakukan berbagai pekerjaan, seperti tukang pos dan juga bekerja di bidang konstruksi bangunan.

Permasalahan Vaessen semakin pelik karena dia kecanduan akan narkoba. Pada 1985, Vaessen hampir meninggal setelah ditikam oleh pengedar usai bertransaksi narkoba di Old Kent Road di South East London.

Baca Juga: Berpose Kenakan Crop Top, Marshanda Tebarkan Aura Positif

Pada 2001, Paul Vaessen ditemukan tewas di kamar mandi apartemennya di Bristol. Vaessen tewas di usia 39 tahun dan hasil autopsy menunjukkan darah Vaessen mengandung kadar narkoba yang tinggi.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak