Kisah Pablo Aimar, Idola Messi yang Gagal Total di Liga Malaysia

Pablo Aimar pernah direkrot raksasa Malaysia, Johor Darul Tazim.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 12 Juli 2021 | 11:00 WIB
Lionel Messi (Barcelona) dan Pablo Aimar (Real Zaragoza). [CESAR RANGEL / AFP]

Lionel Messi (Barcelona) dan Pablo Aimar (Real Zaragoza). [CESAR RANGEL / AFP]

Bolatimes.com - Eks Timnas Argentina, Pablo Aimar sempat digadang-gadang akan menjadi 'The Next Maradona'. Namun kariernya tenggelam saat dirinya hijrah ke Liga Malaysia.

Di balik kariernya yang tenggelam, Pablo Aimar menjadi salah satu pemain yang diidolakan oleh Lionel Messi. Begini kisah selengkapnya.

Idola Lionel Messi

Baca Juga: Italia Juara, Berikut 5 Liga yang Paling Banyak Sumbang Pemain di Euro 2020

Pablo Aimar pertama kali muncul pada akhir tahun 90an saat dirinya masih berseragam River Plate yang merupakan salah satu klub besar Argentina. Aimar merupakan seorang pesepak bola dengan posisi sebagai gelandang serang.

Aimar memiliki keterampilan passing dan dribbling sama seperti Messi saat di lapangan. Tak heran bila Messi mengidolakannya dan selalu dibandingkan dengan sosok legendaris Diego Maradona.

Pemain dengan nama lengkap Pablo Cesar Aimar Giordano tersebut merupakan jebolan akademi sepak bola Argentina, Estudiantes Rio Cuarto. Pada tahun 1993, ia resmi bergabung ke Akademi River Plate dan melakukan debut di tim utama pada tahun 1996. pertama Aimar di klubnya saat melawan Rosario Central pada 20 Februari 1998.

Baca Juga: Beban 20 Tahun Terbayar, Messi Raih Gelar Juara Bersama Timnas Argentina

Tampil gemilang bersama River Plate selama 4 musim, Aimar kemudian hijrah ke Spanyol untuk membela Valencia. Saat bersama Valencia, Aimar kemudian dilabeli sebagai 'The Next Maradona' oleh publik.

Aimar diboyong oleh Valencia dengan dibanderol 24 juta Euro atau 353 miliar rupiah. Saat itu pria yang kini berusia 41 tahun itu termasuk harga yang mahal.

Trofi Aimar bersama Valencia

Baca Juga: Penghargaan Individu Euro 2020: Ronaldo Top Skor, Donnarumma Pemain Terbaik

Selama lima musim bersama Valencia, Aimar telah menjalani 162 laga dengan mengemas 27 gol pada setiap kompetisi. Aimar juga telah merayakan 2 kali trofi La Liga, 2 kali Piala Super Eropa dan satu trofi Liga Europa. Pada final Liga Champions musim 2000/2001, Aimar gagal membawa Valencia juara setelah dikalahkan oleh Bayen Munich lewat adu penalti.

Kehebatan Pablo Aimar dipuji secara langsung oleh sang legendaris Diego Maradona. Diego Maradona menyatakan bahwa Aimar akan menjadi pemain hebat saat ia berlabuh ke Eropa.

Ketika karier Aimar di Valencia selesai, ia memutuskan untuk hijrah ke Real Zaragoza. Saat berada di Real Zaragoza ia dianggap klub sebagai pendatang pemain paling penting dalam sejarah klub.

Baca Juga: Italia Juara Edisi 2020, Berikut Daftar Lengkap Pemenang Euro

Aimar mampu membawa tim menduduki posisi keenam La Liga. Sayangnya  ia tidak mampu menyelamatkan Real Zaragoza degradasi pada tahun 2007.

Hijrah ke Liga Portugal dan Malaysia

Aimar memutuskan untuk berseragam Benfica pada tahun 2008 hingga 2013. Aimar pun kembali pada penampilan terbaiknya.

Musim kedua bersama Benfica, Aimar berhasil memberikan trofi Liga. Ia telah menjalani 171 pertandingan di seluruh kompetisi.

Pada tahun 2013, cedera panjang membuat dirinya hengkang ke klub Liga Super Malaysia Johor Darul Ta’zim. Ia menjadi pemain termahal di liga namun ia hanya membuat 8 penampilan sebelum dilepas pada tahun 2014.

Pablo Aimar bahkan sempat tidak memiliki klub, hingga pulang untuk pulang ke Argentina. Pada 16 Juli 2015, ia memutuskan untuk gantung sepatu setelah namanya tak diikutsertakan pelatih River Plate untuk menjalani laga semifinal Copa Libertadores.

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak