Boladunia

Italia Juara, Berikut 5 Liga yang Paling Banyak Sumbang Pemain di Euro 2020

Daftar 5 liga yang terbanyak sumbang pemain di Euro 2020.

Rauhanda Riyantama

Italia juara Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris leat drama adu penalti. (CATHERINE IVILL / POOL / AFP)
Italia juara Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris leat drama adu penalti. (CATHERINE IVILL / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Euro 2020 telah selesai digelar dengan Timnas Italia keluar sebagai juara usai mengalahkan Timnas Inggris di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. 

Selain Italia juara, hal menarik selama berjalannya kompetisi adalah persebaran para pemain yang berlaga di Euro 2020. Tercatat ada lima liga yang paling banyak sumbangkan pemain.

Liga Spanyol menjadi salah satu yang paling sedikit pemainnya tampil di Euro 2020. Setidaknya, hanya 39 pemain La Liga yang dipanggil untuk membela negaranya. Berikut daftar lengkap liga dengan jumlah pemain terbanyak di Euro 2020.

1. Liga Inggris

Liga Inggris tercatat sebagai pemain paling banyak menyumbang pemain untuk perhelatan Euro 2020. Setidaknya ada 140 pemain yang berlaga di sini dengan Manchester City sebagai klub yang menyumbang paling banyak pemain.

15 pemain The Citizens dipanggil untuk membela negaranya masing-masing. Inggris dan Wales menjadi negara yang paling banyak menggunakan talenta dari Premier League.

2. Liga Jerman

Tercatat ada 87 pemain yang berasal dari Liga Jerman berlaga di Euro 2020. Dari total itu, ada 14 pemain milik Bayern Muenchen.

Austria menjadi negara yang paling banyak menggunakan nama-nama pemain di Liga Jerman. Mereka memanggil 21 pemain dari liga ini di skuadnya.

3. Liga Italia

Di Euro 2020 kali ini, jumlah pemain Liga Italia yang berlaga ada 60 pemain. Timnas Italia juga tercatat sangat memanfaatkan talenta dari liga lokal mereka.

Tercatat Italia memangil 22 pemain dari Serie A. Selain itu, ada Kroasia dan Polandia yang sama-sama memanggil lima pemain dari Liga Italia.

4. Liga Spanyol

Di urutan keempat ada Liga Spanyol yang ternyata tidak terlalu banyak menyumbangkan pemainnya di Euro 2020. Tercatat Liga Spanyol cuma menyumbang 39 pemain.

Namun, nama-nama besar muncul dari Liga Spanyol untuk membela masing-masing negaranya seperti Karim Benzema (Prancis), Luka Modric (Kroasia), hingga Toni Kroos (Jerman).

5. Liga Rusia

Liga Rusia tercatat menjadi liga kelima dengan jumlah pemain terbanyak di Euro 2020. Total ada 32 pemain dari liga ini yang dipanggil memperkuat negaranya. Beberapa di antaranya seperti Dejan Lovren, Nikola Vlasic, Grzegorz Krychowiak Jordan Larsson, hingga Quincy Promes.

Jumlah pemain dari Liga Rusia bahkan lebih banyak dari Liga Prancis yang hadir di Euro 2020. Ada 25 pemain Liga Prancis yang akan hadir di Euro 2020. Jumlahnya memang tidak banyak, namun ada nama besar macam Kylian Mbappe dan Marco Verratti dalam daftar tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini