Boladunia

Sejarah Puskas Award, Penghargaan untuk Gol Terbaik

Ini sejarah adanya Puskas Award.

Rauhanda Riyantama

Trofi Puskas Award (AFP)
Trofi Puskas Award (AFP)

Bolatimes.com - Tahukah Anda bahwa terdapat satu penghargaan untuk gol terbaik setiap tahun yang dianugerahkan pada pemain tertentu? Ya, penghargaan tersebut bernama Puskas Award.

Penghargaan tersebut diberikan bersamaan dengan Ballon d’Or. Tentu saja akan menarik jika kita sedikit mengulik mengenai sejarah Puskas Award.

Beberapa pihak menyebutkan bahwa penghargaan ini bisa jadi satu hal segar di tengah dominasi pemain superior, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Peraih penghargaan Puskas sendiri tergolong bervariatif, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk semua pemain sepak bola di seluruh dunia.

Sekilas Sejarah Puskas Award

Nama Puskas sendiri sebenarnya diambil dari seorang pemain Hungaria, Ferenc Puskas. Ia adalah seorang legenda yang mencatatkan sangat banyak gol selama kariernya.

Tercatat setidaknya Ferenc Puskas mengemas 512 gol dari total 528 pertandingan yang dijalaninya. Tentu jika di rata-rata, ini hampir satu gol untuk setiap pertandingan yang dimainkannya.

Produktivitas gol yang dimilikinya tak hanya terbatas pada skala klub saja. Saat membela Hungaria, ia juga mencatatkan 84 gol dari total 85 penampilannya bersama tim nasional. Catatan impresif ini kemudian membuat ia dijuluki The Magical Magyars, karena hampir setiap pertandingan dapat dipastikan ia mencetak satu gol.

Penghargaan ini baru mulai diberikan sejak sang legenda meninggal dunia pada tahun 2006 lalu. Adalah Dr. Istvan Csorba yang memiliki ide untuk menggunakan nama sang legenda untuk jadi anugerah gol terbaik selama satu tahun kompetisi sepak bola.

Pihak keluarga juga menyatakan bahwa penggunaan nama ini diperbolehkan, sekaligus untuk mengenang betapa hebatnya talenta yang dimiliki Ferenc Puskas semasa kariernya di klub dan di tim nasional.

Dengan bentuk piala yang unik, ilustrasi dari gawang dan sebuah bola, penghargaan Puskas ini juga menjadi salah satu yang paling dinantikan ketika malam penghargaan Ballon d’Or setiap tahun. Dengan pemenang yang hampir selalu berubah, Puskas Award dinilai sebagai satu hal segar ketika pemenang penghargaan pemain terbaik jarang sekali berganti.

Gol-gol fenomenal dari seluruh dunia dikumpulkan, dikurasi, kemudian diberikan keputusan yang bersifat mutlak. Berikut tadi sejarah Puskas Award, semoga bermanfaat!

Kontributor: I Made Rendika Ardian

Berita Terkait

Berita Terkini