Boladunia

5 Fakta Menarik Timnas Italia, Pernah ke Piala Dunia Brasil Naik Kapal

Timnas Italia memiliki fakta-fakta menarik yang mungkin belum Anda tahu. Simak ulasannya berikut

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi pemain Timnas Italia usai mengalahkan Swiss 3-0 di Euro 2020. (ANDREAS SOLARO / POOL / AFP)
Selebrasi pemain Timnas Italia usai mengalahkan Swiss 3-0 di Euro 2020. (ANDREAS SOLARO / POOL / AFP)

Bolatimes.com - 5 Fakta Menarik Timnas Italia: Pernah ke Piala Dunia Brasil Menggunakan Kapal

Timnas Italia menjadi salah satu tim yang dijagokan memenangi Euro 2020 setelah menjalani laju apik di bawah arahan Roberto Mancini.

Di Euro 2020 ini, Italia menjadi satu-satunya tim dengan status sempurna menyusul lima kemenangan yang diraih di lima laga secara beruntun hingga babak semifinal.

Lawan yang ditaklukan tim nasional yang berjuluk Gli Azzurri ini pun tak main-main. Terakhir ada Belgia yang berstatus peringkat pertama FIFA, disikat habis oleh Jorginho dkk.

Di bawah arahan Roberto Mancini, Italia menanggalkan status tim tua dan hanya jago bertahan dengan permainan Catenaccio-nya.

Italia kini lebih menghibur dengan permainan yang mengandalkan Ball Possesion atau penguasaan bola untuk mendominasi lawan dan mencetak gol.

Dengan fakta tersebut, otomatis di laga melawan Spanyol nanti, mata pecinta sepak bola akan dimanjakan oleh permainan taktis dua tim yang mengandalkan penguasaan bola.

Italia mungkin lebih kompleks. Tak melulu mengandalkan penguasaan bola, Gli Azzurri juga memainkan Catenaccio dengan baik sehingga baru kemasukan dua gol hingga semifinal Euro 2020.

Berbicara soal Italia memang tak lepas dari gaya permainannya dan para pemain gaeknya. Selain dua fakta tersebut, masih ada sederet fakta menarik Gli Azzurri lainnya. Berikut rangkumannya.

1. Jersey Utama Putih

Italia dikenal dengan sebutan Gli Azzurri atau Si Biru. Sematan ini tak lepas dari fakta bahwa warna jersey kebanggaan yang mereka pakai berwarna dasar biru.

Namun siapa sangka, sebelum mengenakan warna biru untuk jersey utama, Italia terlebih dulu mengenakan warna putih dalam debutnya di sepak bola saat melawan Prancis pada 1910.

Keputusan menggunakan warna putih saat itu dikarenakan belum ada aturan khusus yang mengatur warna jersey suatu tim.

Jersey putih ini sendiri hanya dipakai sebanyak dua kali saja dan digantikan warna biru pada laga persahabatan melawan Hungaria pada 1911 dan warna itu terus dipakai hingga saat ini.

2. Punya 5 Rival

Pada umumnya, sepak bola di level negara atau internasional tak punya rivalitas tinggi layaknya di level klub.

Namun hal tersebut tak berlaku bagi Italia. Tak tanggung-tanggung, Gli Azzurri punya lima rival di pentas internasional.

Lima rivalnya tersebut adalah Brasil (dijuluki Clasico Mundial), Kroasia (dijuluki Derby Adriatico), Prancis, Jerman, dan Spanyol (dijuluki Derby Mediteranian).

3.       Tim dengan Status Tak Terkalahkan

Hingga memasuki semifinal Euro 2020, Italia masih tercatat sebagai tim nasional dengan status tak terkalahkan terbanyak ketiga sepanjang sejarah sepak bola.

Hingga melewati perempat final Euro 2020, Italia belum terkalahkan selama 32 pertandingan. Catatan ini hanya kalah dari Spanyol dan Brasil masing-masing 35 laga.

Terakhir kali Italia mengalami kekalahan terjadi pada ajang UEFA Nations League pada 2019 silam saat tumbang dari Portugal.

4. Berangkat ke Piala Dunia Brasil dengan Kapal

Italia pernah harus melakukan perjalanan via laut menggunakan kapal demi turut berpartisipasi di Piala Dunia 1950 yang digelar di Brasil.

Alasan menggunakan kapal tak lepas dari ketakutan para penggawanya di mana pada 1949, 11 pemain utama Italia yang membela Torino tewas karena kecelakaan pesawat.

Karena berangkat ke Brasil lewat jalur laut yang membutuhkan waktu lama dan membuat pemain kelelahan, Italia pun harus rela tumbang di putaran pertama Piala Dunia 1950.

5. Meraih Gelar Euro di Kesempatan Pertama

Italia pertama kali mengikuti Euro atau Piala Eropa pada 1968 saat bertindak sebagai tuan rumah. Siapa sangka, di kesempatan pertama ini, Gli Azzurri mampu keluar sebagai pemenang.

Italia memenangkan Euro 1968 usai mengalakhkan Yugoslavia lewat laga Replay setelah di laga pertama hanya bermain imbang 1-1.

Hingga Euro telah memasuki edisi ke-16 saat ini, gelar Euro 1968 menjadi satu-satunya gelar yang didapat Italia di ajang empat tahunan tersebut.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini