Boladunia

Mengapa Kiper Selalu Meludahi Sarung Tangannya? Simak Penjelasannya

Pertanyaan tentang mengapa kiper selalu meludahi sarung tangannya ternyata memiliki jawaban yang cukup praktis dan berguna. Simak ulasannya di sini!

Irwan Febri Rialdi

Manuel Neuer menggunakan ban kapten bermotif pelangi di Timnas Jerman. (PHILIPP GUELLAND / POOL / AFP)
Manuel Neuer menggunakan ban kapten bermotif pelangi di Timnas Jerman. (PHILIPP GUELLAND / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Pernahkah Anda memperhatikan beberapa kiper selalu melakukan hal-hal unik sebagai persiapannya ketika di serang atau menghalau tendangan bebas? Salah satu pertanyaan besar di dalam dunia sepak bola mungkin adalah mengapa kiper selalu meludahi sarung tangannya? Apakah hal ini memiliki dampak secara langsung pada performa penjaga gawang?

Faktanya, sebenarnya kiper-kiper ini mungkin hanya melakukan hal tersebut secara reflek. Namun secara praktis, meludah ke sarung tangan memiliki dampak yang cukup signifikan.

Efek Meludah Ke Sarung Tangan Kiper

Biasanya kiper meludah ke sarung tangan ketika akan menghadapi tendangan bebas, tendangan penalti, atau serangan yang datang.

Hal ini dilakukan agar permukaan sarung tangan menjadi lebih lemas, sehingga memudahkan gerakan tangan kiper dalam menangkap bola.

Sarung tangan kiper terbilang cukup kaku ketika kering, maka dari itu kemudian sengaja dibasahi, dalam hal ini dengan ludah, agar menjadi lebih luwes ketika digunakan.

Di waktu yang sama, ketika kering permukaan sarung tangan kiper ini menjadi lebih licin. Maka dengan membasahinya, kiper bisa membuat sarung tangan lebih lengket ketika menangkap bola pada kecepatan tinggi atau pada jangkauan terjauhnya.

Tapi Mengapa Harus Ludah?

Sebenarnya praktek meludah ke sarung tangan ini hanya sebuah praktek para kiper untuk melemaskan bagian telapak tangan sarung tangan dengan cepat.

Lebih dianjurkan membasahi sarung tangan dengan menyemprotkan air atau soda untuk membuat permukaan sarung tangan tetap memiliki daya cengkram yang tinggi.

Pada kenyataannya meludahi sarung tangan justru bisa membuat sarung tangan menjadi cepat rusak dan bau.

Namun, hal ini tidak masalah karena biasanya pemain profesional sudah memiliki sponsor untuk perlengkapan yang digunakan, sehingga tidak masalah ketika harus berganti sarung tangan secara berkala.

Itu tadi sedikit ulasan mengapa kiper selalu meludahi sarung tangannya. Hingga saat ini cukup banyak kiper yang melakukan hal tersebut sebagai gerak refleks ketika akan menghadapi datangnya serangan. Tidak ada yang salah dari ‘ritual’ ini, namun jika Anda ingin menirunya, pastikan juga Anda senantiasa menjaga kebersihan sarung tangang setelah digunakan ya! Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat menjalani hari-hari Anda!

Berita Terkait

Berita Terkini