Boladunia

Zico Sebut Messi Tak Perlu Gelar Piala Dunia untuk Jadi Pemain Terbaik

Menurut Zico, apa yang telah dicapai Messi saat ini sudah cukup untuk membuktikan kualitasnya.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata

Ekspresi Lionel Messi saat kalah melawan Prancis di babak 16 besar Piala Dunia 2018 (Jewel Samad/AFP)
Ekspresi Lionel Messi saat kalah melawan Prancis di babak 16 besar Piala Dunia 2018 (Jewel Samad/AFP)

Bolatimes.com - Legenda sepak bola Brasil, Zico mengatakan Lionel Messi tak perlu gelar juara Piala Dunia untuk membuktikan dirinya sebagai pemain terbaik. Menurutnya, apa yang telah dicapai Messi saat ini sudah cukup untuk membuktikan kualitasnya.

Dalam sepanjang karier sepak bolanya, Lionel Messi telah meraih banyak gelar, baik bersama klub maupun individu. Mulai dari gelar liga domestik, Liga Champions, sepatu emas, hingga Ballon d'Or, semua hal itu pernah diraih Messi lebih dari sekali.

Hanya saja ada sesuatu yang kurang dalam karier seorang Lionel Messi. Ia belum pernah mempersembahkan gelar juara untuk Timnas Argentina, dalam artian ini lebih tepatnya gelar Piala Dunia. Alasan itu tah yang sering menjadi celah untuk Messi diserang oleh berbagai pihak.

Seperti yang diketahui, Lionel Messi beberapa kali gagal mempersembahkan gelar untuk Argentina. Kapten Barcelona itu beberapa kali berhasil membawa skuat Albiceleste melaju hingga final Piala Dunia hingga Copa Amerika, akan tetapi selalu berujung dengan kekalahan di partai final.

Aksi Lionel Messi saat melawan Prancis di babak 16 besar Piala Dunia 2018 (Jewel Samad/AFP)
Aksi Lionel Messi saat melawan Prancis di babak 16 besar Piala Dunia 2018 (Jewel Samad/AFP)

 

Zico pun mengatakan Lionel Messi tak perlu meraih gelar Piala Dunia untuk membuktikan dirinya adalah pemain terbaik dunia. Apa yang telah pemain berusia 31 tahun itu raih dan capai saat ini sudah cukup untuk membuktikan kualtasnya.

''Itu bukan frustasi,'' buka Zico dikutip dari FourFourTwo.

''Orang saat ini hanya memikirkan pencapaian. Saya pikir karier Anda, pekerjaan Anda adalah yang paling penting. Sepak bola adalah olahraga kolektif dan sering kali itu tidak tergantung pada Anda bermain dengan baik. Itu tergantung jika tim bermain dengan baik,'' sambungnya.

''Kadang-kadang Anda yang menentukan permainan, tetapi Anda tidak bisa menentukan kompetisi,'' pungkasnya lagi.

Lebih lanjut, Zico pun memberikan salah satu contoh pemain yang belum pernah memenangkan gelar Piala Dunia akan tetapi diakui sebagai pemain terbaik dalam sejarah.

''(Johan) Cruyff tidak memenangkan Piala Dunia dan merupakan salah satu pemain hebat dalam sejarah dan dia akan selalu seperti itu. Dan banyak lainnya yang sama,'' tutup Zico.

Berita Terkait

Berita Terkini