Anomali di Awal Musim Tiga Tim Raksasa Eropa

Sejumlah tim raksasa Eropa tengah hadapi situasi buruk di awal musim ini. Mereka mengalami anomali

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Rabu, 10 Oktober 2018 | 15:30 WIB
Para pemain Real Madrid terlihat kecewa usai takluk dari Deportivo Alaves 0-1 di lanjutan La Liga beberapa waktu lalu. (Ander Gillenea / AFP)

Para pemain Real Madrid terlihat kecewa usai takluk dari Deportivo Alaves 0-1 di lanjutan La Liga beberapa waktu lalu. (Ander Gillenea / AFP)

Bolatimes.com - Awal kompetisi di musim ini bisa disebut sebagai anomali bagi tim selevel Real Madrid, Barcelona serta Bayern Munchen. Tiga raksasa Eropa itu kompak alami hasil buruk di beberapa laga terakhirnya.

Lihat saja bagaimana kondisi genting yang tengah menghantui Real Madrid belakangan ini. Entah kebetulan atawa tidak, sepeninggal Cristiano Ronaldo yang kini merapat ke Turin bersama Juventus, skuat Los Blancos tampil melempem.

Bahkan di empat laga terakhir, Sergio Ramos dkk gagal memetik kemenangan. Sejurus dengan itu, aliran gol juga mampet. Situasi buruk ini mengulang hasil serupa 33 tahun silam.

Baca Juga: Fan Cantik Asal Polandia Dukung Egy Maulana Vikri di Piala Asia

Sebetulnya, jika diperhatikan secara seksama, situasi terseok-seok di awal musim bukanlah hal yang baru atau mengagetkan bagi penggawa El Real. Di musim lalu, ketika kemudi masih dipegang Zinedine Zidane dan ketika Cristiano Ronaldo belum terpikir untuk meninggalkan Santiago Bernabeu, nyatanya Real Madrid juga mengawali musim dengan anomali jika dibanding dengan dua musim sebelumnya.

Tetapi yang patut jadi bahan renungan, di musim ini situasinya makin buruk. Bandingkan saja, di musim lalu, dari sepuluh laga awal yang dilakoni, Real Madrid mampu memetik enam kemenangan, dua kali imbang dan dua sisanya kalah.

Penyerang Deportivo Alaves, Calleri dan Manuel Alejandro merayakan gol  Manu Garcia ke gawang Real Madrid di Mendizorrotza Stadium. Deportivo Alaves menang 1-0 atas Real Madrid di lanjutan La Liga, Sabtu (6/10/2018). [AFP/ANDER GILLENEA]
Penyerang Deportivo Alaves, Calleri dan Manuel Alejandro merayakan gol Manu Garcia ke gawang Real Madrid di Mendizorrotza Stadium. Deportivo Alaves menang 1-0 atas Real Madrid di lanjutan La Liga, Sabtu (6/10/2018). [AFP/ANDER GILLENEA]

Sementara di musim ini dari sebelas laga di semua kompetisi yang diikuti, asuhan Julen Lopetegui baru memetik lima kemenangan, dua kali imbang, dan sisanya empat pertandingan menuai kekalahan. Bahkan di lima laga terakhir, tak ada satupun gol yang mampu dilesakkan ke gawang lawan, termasuk di laga terakhir ketika takluk dari Deportivo Alaves 0-1. Real Madrid paceklik!

Baca Juga: Paul Pogba Merasa Tak Pantas Menangi Ballon d'Or Tahun Ini

Dan, lucunya situasi ini juga dirasakan oleh rival abadinya di La Liga, Barcelona. Meski tak seburuk Real Madrid, skuat Blaugrana tetap saja sedang mengalami anomali terutama di empat laga terakhir.

Hasil imbang menghadapi Valencia dua hari lalu membuat Lionel Messi dkk urung merasakan kemenangan dalam empat laga beruntun di La Liga. Beruntung, mereka tetap tampil oke ketika bertamu ke kandang Tottenham Hotspur dalam matchday kedua penyisihan grup Piala Champions beberapa waktu lalu.

Pemain Barcelona, Lionel Messi saat menjebol gawang Tottenham Hotspur yang dikawal Hugo Lloris (AFP)
Pemain Barcelona, Lionel Messi saat menjebol gawang Tottenham Hotspur yang dikawal Hugo Lloris (AFP)

Meski begitu, tetap saja awal musim ini jadi anomali buat Barcelona. Apalagi jika membandingkan dengan hasil yang ditorehkan di awal musim sebelumnya. Saat itu, di bawah asuhan Ernesto Valverde, Barcelona mampu melaju mulus di delapan laga awal dengan tujuh kemenangan dan satu imbang.

Baca Juga: Chelsea Disarankan Naikkan Gaji Eden Hazard 4 Kali Lipat

Kampium Bundesliga musim lalu, Bayern Munchen lebih buruk lagi. Tim yang perkasa dengan mendulang juara secara beruntun dalam enam musim Bundesliga itu, kini justru loyo. Hingga pekan ketujuh, Bayern Munchen tercecer hingga peringkat 6 klasemen sementara.

Pemain Bayern Munchen, Arjen Robben (AFP)
Pemain Bayern Munchen, Arjen Robben (AFP)

Parahnya, di tiga laga terakhir Lewandowski dkk gagal memetik kemenangan. Yang paling gress, mereka dipecundangi Borussia Monchengladbach dengan skor telak 0-3.

Dari tujuh laga, asuhan Niko Kovac ini baru menang sebanyak empat kali, imbang sekali dan dua kali kalah. Posisi mereka kini terpaut empat poin dari pemuncak klasemen sementara Bundesliga, Borrusia Dortmund. Tak salah jika kemudian musim ini juga jadi anomali bagi tim selevel Bayern Munchen.

Baca Juga: Nacho: Sampai Mati, Pemain Real Madrid Dukung Julen Lopetegui

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak