Bedah Kekuatan 3 Palang Pintu Timnas Inggris Jelang Lawan Kroasia

Salah satu strategi Gareth Southgate yang dianggap brilian dan revolusioner adalah menggunakan skema tiga pemain belakang di area pertahanan.

Stephanus Aranditio | Dany Garjito | BolaTimes.com
Rabu, 11 Juli 2018 | 15:15 WIB
Pemain Belakang Timnas Inggris Instagram.com/@kylewalker2

Pemain Belakang Timnas Inggris Instagram.com/@kylewalker2

Bolatimes.com - Kroasia vs Inggris menjadi laga lanjutan semifinal Piala Dunia 2018. Pemenang dari laga ini akan menghadapi timnas Prancis di final setelah Hugo lloris cs sukses mengalahkan Belgia.

Timnas Inggris yang didominasi pemain-pemain muda awalnya dipandang sebelah mata di Piala Dunia 2018. Tapi strategi yang diterapkan Gareth Southgate nyatanya mampu membawa skuat the Three Lions sampai sejauh ini.

Salah satu strategi Gareth Southgate yang dianggap brilian dan revolusioner adalah menggunakan skema tiga pemain belakang di area pertahanan.

Baca Juga: Resmi, Riyad Mahrez Berseragam Manchester City Musim Depan

Skema tiga bek di area pertahanan sebenarnya bukan hal baru di sepak bola profesional, termasuk di Liga Primer Inggris. Sebut saja Chelsea di bawah arahan Antonio Conte yang sukses merengkuh gelar juara Liga Primer Inggris dua musim lalu.

Tidak hanya Chelsea, Tottenham Hotspur dan Manchester City juga kerap mengubah skema pertahanan di tengah-tengah pertandingan dari empat bek menjadi tiga bek. Dan hasilnya dua tim tersebut menempati papan atas klasemen.

Menggunakan skema tiga bek membuat sebuah tim mampu mendominasi hampir semua area permainan.

Baca Juga: Ronaldo Gabung Juventus, Netizen Tagih Foto Seksi Presenter Ini

Misalnya bek sayap (wing back) bisa lebih ke depan untuk membantu penyerangan, sementara satu pemain bertahan (defensive midfielder) bisa ikut turun membantu dua bek tengah (central back).

Skema ini juga efektif digunakan untuk serangan balik. Jadi ketika bola berhasil direbut, pemain belakang atau kiper bisa langsung memberi umpan ke pemain sayap untuk selanjutnya memberi umpan silang ke striker yang menunggu di depan bek lawan.

Skema pertahanan dengan tiga bek inilah yang digunakan Gareth Southgate bersama timnas Inggris. Ada tiga pemain belakang yang menjadi kunci skema permainan ini, yaitu Harry Maguire, John Stones dan Kyle Walker.

Baca Juga: Meme Cristiano Ronaldo Gabung Juventus Bikin Fans El Real Baper

Harry Maguire kekuatan di sundulan kepala

Ekspresi Harry Maguire usai cetak gol ke gawang Swedia/Twitter
Ekspresi Harry Maguire usai cetak gol ke gawang Swedia/Twitter

Harry Maguire merupakan pemain tertinggi di skuat timnas Inggris sekarang. Dia akan menghalau semua serangan, khususnya dari bola-bola atas seperti umpan silang, tendangan penjuru, dan tendangan bebas.

Dia juga tidak hanya bisa bertahan, sundulan kepalanya ke gawang Swedia menjadi bukti kekuatan sundulan kepalan Harry Maguire yang mematikan.

Baca Juga: Ini Makna di Balik Slogan It's Coming Home Timnas Inggris

Tercatat Harry Maguire unggul dalam 33 duel udara di Piala Dunia, lebih banyak dari pemain timnas Inggris lainnya.

John Stones menjadi jendral skema pertahanan timnas Inggris

Pemain Belakang Timnas Inggris Instagram.com/@johnstonesofficial
Pemain Belakang Timnas Inggris Instagram.com/@johnstonesofficial

Jika Harry Maguire tugas utamanya adalah membuang bola sejauh mungkin dari gawang Jordan Pickford, maka John Stones tugasnya lebih pada mengatur skema pertahanan.

John Stones bertugas untuk menghentikan bola lalu dengan cepat harus menentukan mau diumpan pada siapa bola tersebut.

Dialah pemain yang melakukan paling banyak umpan pendek dengan tingkat akurasi umpan yang tinggi. Tercatat John Stones sukses memberikan 319 umpan sukses dari total 339 umpan.

Kemampuan lari cepat Kyle Walker sangat diandalkan pelatih

Pemain Belakang Timnas Inggris Instagram.com/@kylewalker2
Pemain Belakang Timnas Inggris Instagram.com/@kylewalker2

Saat Inggris mendapat kesempatan mencetak gol dari tendangan penjuru, John Stones dan Harry Maguire akan maju ke depan gawang lawan. Namun Kyle Walker mendapat tugas untuk tetap berada di area pertahanan sendiri.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi serangan balik lawan jika tendangan penjuru gagal dimanfaatkan pemain Inggris.

Pemain ini jugalah yang kerap mendapat umpan dari dua bek tengah untuk dibawa melaju sampai ke area pertahanan lawan. Kekuatan larinya membuat Kyle Walker membantu serangan dan dengan cepat kembali menjadi bek ketika serangan gagal.

Kyle Walker menjadi salah satu pemain timnas Inggris tercepat di Piala Dunia 2018. Kecepatan larinya mencapai 33.52 km per jam. Dia hanya kalah dari Marcus Rashford yang di babak perempat final mampu berlari mencapai 33.77 km per jam.

Di laga semifinal Piala Dunia antara Kroasia vs Inggris, jika tiga pemain ini tampil dengan performa terbaiknya, maka Kroasia akan kesulitan untuk mencetak gol.

Tapi jika Inggris tidak bisa mencetak gol dan harus ditentukan lagi lewat adu penalti, Gareth Southgate harus waspada karena Kroasia memiliki algojo-algojo tendangan penalti yang hebat.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak