Diancam Dibunuh, Bek Swedia Sampaikan Pesan Tegas Anti Rasis

Bek Swedia, Jimmy Durmaz mengungkapkan perasaan hatinya usai mengalami tindakan rasis di media sosial usai laga melawan Jerman.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Senin, 25 Juni 2018 | 18:16 WIB
Pemain Swedia, Jimmy Durmaz (Sumber: Twitter)

Pemain Swedia, Jimmy Durmaz (Sumber: Twitter)

Bolatimes.com - Bek tim nasional Swedia, Jimmy Durmaz menjadi korban tindakan rasis di dunia maya usai laga melawan Jerman yang berakhir dengan skor 1-2 untuk kekalahan Swedia. Durmaz dinilai sebagai dalang di balik kekalahan Swedia.

Durmaz yang tampil sebagai pemain pengganti menjatuhkan Timo Werner pada menit akhir, tendangan bebas yang dieksekusi Toni Kroos berbuah kemenangan bagi Jerman pada menit akhir.

Pemain klub Prancis, Tollouse ini menilai kritik yang datang kepadanya melalui media sosial sudah melewati batas wajar. Pemain keturunan Asyur (Iran) yang menjadi bermigrasi dari Turki itu mendapatkan ancaman pembunuhan kepada anak-anak dan keluarganya.

Baca Juga: Prediksi Arab Saudi Vs Mesir di Grup A Piala Dunia 2018

“Saya hanya ingin mengatakan beberapa hal mengenai apa yang terjadi setelah pertandingan kemarin. Saya adalah pemain sepak bola di level tertinggi jadi saya harus menerima saya dikritik atas apa yang saya lakukan di lapangan. Itu bagian dari pekerjaan dan saya selalu bersedia menerima itu. Tapi ada batasan dan batas itu dilewati kemarin," kata Durmaz usai latihan tim Swedia di Rusia dilansir dari Guardian.

"Seseorang mengancam saya, mereka memanggil saya darkie, berdarah Arab, teroris, Taliban, hal itu telah melewati batas. Dan yang lebih buruk lagi, mereka juga mengancam keluarga dan anak-anak saya, siapa yang melakukan hal semacam itu?” tegas Durmaz.

Durmaz mengaku bisa berseragam timnas Swedia di Piala Dunia 2018 adalah hal terbesar yang pernah ia capai sebagai pesepak bola. Ia tidak akan membiarkan tindakan rasis di sepak bola.

Baca Juga: Dimanfaatkan Sebagai Alat Politik, Salah Ingin Keluar dari Timnas

“Saya orang Swedia dan saya bangga mewakili tim nasional Swedia - ini adalah hal terbesar yang dapat saya lakukan sebagai pemain bola. Saya tidak akan pernah membiarkan rasis menghancurkan harga diriku. Kita semua harus berjuang melawan rasisme," tambah Durmaz.

Tak lupa ia terus meminta dukungan kepada suporter Swedia untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia mengingat masih ada satu tiket tersisa yang akan mereka perebutkan bersama Jerman. 

Baca Juga: Gawat! Suvenir Piala Dunia 2018 Diisi Narkoba

Tindakan Durmaz mendapatkan dukungan penuh dari Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepakbola Swedia, Hakan Sjostrand yang mengaku sudah mengurus kasus ini ke ranah hukum.

“Sejumlah keluhan telah dibuat dengan FA Swedia sebagai penggugat, Jimmy dapat berkonsentrasi pada apa yang dia lakukan di sini - bermain sepak bola,” kata Sjostrand.

“Kami tidak mentolerir pemain yang menjadi sasaran ancaman atau pelecehan. Ini tidak nyaman dan sangat menjengkelkan untuk melihat yang harus ditanggung oleh Jimmy Durmaz. Benar-benar tidak bisa diterima,” jelas Sjostrand.

Baca Juga: Bepe Sindir Umuh Muchtar Jelang Laga Persija Vs Persib

Timnas Swedia saat ini sedang bersiap untuk laga hidup mati melawan Meksiko pada laga terakhir grup F Piala Dunia 2018 pada Rabu (27/6/2018) 21:00 WIB.

 

Bolatimes.com/ Stephanus Aranditio

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak