Boladunia

Video - Kilas Balik Gol Tandukan Van Persie di Piala Dunia 2014

Melalui gol cantiknya itu, Van Persie membawa Belanda menang telak dengan skor 5-1 atas Spanyol.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata

Gol Tandukan Robin Van Persie/Twitter
Gol Tandukan Robin Van Persie/Twitter

Bolatimes.com - Masih adakah yang mengingat gol sundulan dari Robin Van Persie saat melawan Spanyol di Piala Dunia 2014? Ya, gol itu terjadi tepat pada hari ini empat tahun yang lalu tanggal 13 Juni 2014.

Gol itu tercipta di laga perdana grup B di Arena Fonte Nova, Brasil. Gol cantik Van Persie turut membawa Belanda menang telak dengan skor 5-1 atas Spanyol.

Pada pertandingan itu, Spanyol sempat unggul 0-1 lebih dulu lewat penalti dari Xabi Alonso. Pasukan yang dipimpin oleh Vicente Del Bosque pun langsung menguasai permainan.

Tidak ingin kalah di ajang kelas dunia, Belanda bangkit lewat momen yang sampai saat ini masih diingat oleh para pendukung Belanda.

Momen itu adalah ketika Daley Blind memberikan umpan crossing jauh dari sisi kiri lapangan dengan bola melambung menuju kotak penalti. Van Persie yang berada di posisi itu, secara tiba-tiba menyambut umpan itu dengan langsung terbang dan menanduknya.

Bola itu meluncur ke arah atas kepala kiper Iker Casillas dan bersarang di gawang Spanyol. Kapten Belanda itu langsung langsung berlari ke bangku penonton untuk merayakan golnya bersama Louis va Gaal dan rekan-rekannya.

Gol penyeimbang itu sekaligus menaikkan mental para pemain Belanda. Memasuki babak kedua, Belanda mengamuk lewat gol kedua Van Persie, dua gol Arjen Robben, dan satu gol Stefan de Vrij. Belanda pun mencatat sejarah di Piala Dunia dengan hasil paling mengesankan.

Gol Van Persie itu sekaligus menjadi salah satu gol terbaik Piala Dunia 2014 dan masuk nominasi gol terbaik dalam penghargaan Puskas Awards 2014. Gol itu dicetak dari jarak 17 yards, atau 15,5 meter, dan merupakan gol sundulan terjauh di ajang Piala Dunia sejak 1970.

Berdasarkan Opta, sejak 1966, Robin Van Persie menjadi pemain yang mencetak gol di Piala Dunia dengan kaki kanan, kaki kiri dan kepalanya seperti dia mencetak dengan tendangan free-kick atau penalti.

 

Bolatimes.com/Andiarsa Nata

Berita Terkait

Berita Terkini