Boladunia

Pelatih Baru Real Madrid Julen Lopetegui Dipecat Timnas Spanyol

Tim nasional Spanyol secara mengejutkan memecat Julen Lopetegui sebagai pelatih satu haru jelang Piala Dunia.

Stephanus Aranditio

Julen Lupetegui (sumber: twitter)
Julen Lupetegui (sumber: twitter)

Bolatimes.com - Presiden Federasi sepak bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales secara resmi mengumumkan pelatih timnas Spanyol saat Julen Lopetegui resmi dipecat oleh timnas Spanyol pada Rabu (13/6/2018).

"Kami memutuskan untuk memecat pelatih tim nasional," kata Luis Rubiales.

"Apa yang kami capai sejauh ini tak lepas dari jasa besarnya dan kami harus berterima kasih dan mengharapkan yang terbaik baginya," jelas Rubiales.

Keputusan RFEF memecat Lopetegui tepat satu hari setelah pelatih kelahiran Asteasu, Spanyol itu menandatangani kontrak tiga tahun untuk menggantikan Zinedine Zidane di kursi pelatih Real Madrid pada Selasa (12/6/2018).

Rubiales mengisyaratkan keputusan ini diambil karena adanya permasalahan etika soal pengumuman yang dilakukan oleh Real Madrid terkait pelatih yang juga baru menandatangani perpanjangan kontrak bersama timnas Spanyol itu.

Lopetegui telah menandatangani perpanjangan kontrak bersama La Furia Roja hingga Euro 2020 nanti pada Mei 2018.

"Saya tak merasa dikhianati. Lopetegui telah melakukan pekerjaan yang sempurna. Soal ini (transfer Lopetegui ke Madrid) adalah hal lain," lanjutnya.

"Saya sudah berbicara dengan para pemain dan bisa menjamin bahwa mereka akan melakukan segalanya, bersama dengan pelatih baru, untuk membawa tim melaju sejauh mungkin."

"Real Madrid mencari pelatih terbaik, itu tidak masalah bagi saya. Saya tak punya opini atas tindakan Real Madrid. Tapi federasi punya kewajiban, untuk mewakili seluruh masyarakat Spanyol."

"Untuk meraih kemenangan adalah sangat penting, untuk memiliki pelatih terbaik sangat penting, tapi di atas itu semua adalah bertindak secara benar. Mungkin sekarang ini sulit, tapi pada akhirnya akan membuat kami lebih kuat."

Pelatih Spanyol, Julen Lupetegui (sumber: Lupetegui)

Dilaporkan Marca pada Rabu siang, setelah adanya pengumuman dari Real Madrid, RFEF sendiri meminta kompensasi pelepasan Lopetegui kepada juara Liga Champions 2018 itu sebesar 2 juta Euro atau sekira Rp32 miliar. 

Hanya saja, beberapa anggota di RFEF disebut-sebut mencoba menenangkan Rubiales. Orang-orang terdekat Rubiales meyakinkan sang presiden, bahwa memecat Lopetegui sebelum dimulainya pertandingan bisa mengganggu performa Spanyol di Piala Dunia 2018.

Berita Terkait

Berita Terkini