Dugaan Main Mata Makin Kuat, Viral Unggahan Pelatih Fisik Vietnam Usai Lawan Thailand: 75 Menit Lawan, 15 Menit Kawan

Sebelumnya, laga Vietnam vs Thailand dicurigai sudah diatur agar kedua tim yang lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 12 Juli 2022 | 12:15 WIB
Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)

Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Sebuah unggahan dari pelatih fisik Vietnam menjadi viral usai menghadapi Thailand, yang membuat dugaan adanya main mata antara kedua tim kian menjadi kuat.

Dugaan main mata itu ditujukan kedua tim setelah keduanya bermain imbang 1-1, yang membuat Vietnam dan Thailand lolos serta menyingkirkan Timnas Indonesia U-19.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 harus menelan pil pahit usai gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga: Kabar Duka, 4 Suporter Timnas Meninggal usai Saksikan Indonesia vs Myanmar

Kenyataan ini terasa makin pahit, mengingat skuad Garuda Nusantara memiliki keunggulan selisih gol atas Vietnam dan Thailand, dan punya poin yang sama dengan kedua tim itu.

Namun akibat adanya regulasi AFF yang mengedepankan Head to Head ketimbang selisih gol secara keseluruhan, Timnas Indonesia U-19 pun gagal melaju ke semifinal.

Timnas Indonesia U-19 kalah Head to Head dari Vietnam dan Thailand karena tak mampu mencetak gol saat melawan keduanya, berbeda dengan kedua tim yang bisa saling mencetak gol ke gawang lawan-lawannya dengan skor 1-1.

Baca Juga: Viral, Keputusan Kontroversial Wasit Asal Indonesia Tak Sahkan Gol Kamboja ke Gawang Laos d Piala AFF U-19 2022

Akibat hasil 1-1 yang didapat Vietnam dan Thailand di laga penentuan itu, banyak netizen yang menganggap kedua tim main mata.

Dugaan itu makin kuat setelah munculnya unggahan pelatih fisik Vietnam di media sosial Instagram yang belum lama ini viral.

Jadi Bukti PSSI

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia U-16 2022 di Piala AFF U-16 2022, Berlangsung di Yogyakarta

Dilansir dari akun Twitter @idextratime, pelatih fisik Vietnam U-19 yakni Cuong Lecao mengunggah Instagram Story di akunnya.

Dalam unggahan itu, Cuong Le Cao menuliskan pesan yang membuat dugaan main mata antara Vietnam dan Thailand benar-benar terjadi.

“Vietnam 1-1 Thailand 75 menit jadi lawan, 15 menit jadi teman selamanya,” tulis Cuong Le Cao.

Baca Juga: Media Vietnam Soroti Komentar Fakhri Husaini usai Timnas Indonesia U-19 Tersingkir

Unggahan itu pun memantik reaksi negatif dari netizen. Apalagi, unggahan itu benar-benar menggambarkan situasi yang terjadi di lapangan.

Pasca Vietnam dan Thailand saling mencetak gol hingga laga memasuki menit ke-76, kedua tim nampak bermain aman dan tak menunjukkan keinginan menang.

Vietnam dengan bebas memainkan bola di areanya sendiri dan Thailand tak terlihat mengejar bola. Ditambah lagi pemain kedua tim kerap mengalami cedera di sisa waktu yang ada.

Disebutkan bahwa unggahan ini bakal menjadi bukti oleh PSSI saat melayangkan protes ke AFF tentang adanya dugaan main mata antara Vietnam dan Thailand.

“Namun, PSSI juga melihat saat laga antara Thailand dan Vietnam ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya (fairplay),'' kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dilansir dari akun Instagram resmi PSSI.

“Apakah pantas sebuah negara besar seperti itu melakukan hal itu. PSSI tidak menuduh, tetapi kita hanya mempertanyakan,” tandasnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak