Profil Rio Fahmi, Bek Timnas Indonesia U-23 yang Tampil Buruk saat Dihajar Vietnam hingga Trending Topic di Twitter

Rio Fahmi tampil buruk hiang dicap jadi biang kerok kekalahan Indonesia atas Vietnam di SEA Games 2021.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 07 Mei 2022 | 13:45 WIB
Rio Fahmi saat memperkuat Timnas Indonesia U-23. (Instagram/riofhm_)

Rio Fahmi saat memperkuat Timnas Indonesia U-23. (Instagram/riofhm_)

Bolatimes.com - Berikut profil Rio Fahmi, bek kanan muda milik Persija Jakarta yang menjadi bulan-bulanan warganet usai Timnas Indonesia U-23 dibantai oleh Vietnam.

Nama Rio Fahmi menjadi perbincangan usai Timnas Indonesia U-23 dibantai di laga perdana SEA Games 2021 kontra tuan rumah Vietnam, Jumat (6/5).

Dalam laga tersebut, skuat Garuda Muda arahan Shin Tae-yong harus bertekuk lutut dengan skor 0-3 dari Vietnam U-23.

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Timnas Indonesia U-23 Dibantai Vietnam

Tiga gol dari Vietnam dicetak di babak kedua lewat Nguyen Tien Linh di menit ke-53 yang kemudian disusul oleh Dung Do Hung di menit ke-73, dan diakhiri oleh Do Le Van di menit ke-87.

Kekalahan besar ini membuat citra Timnas Indonesia U-23 menjadi buruk. Sebab, skuat Garuda Muda dianggap telah melakukan persiapan matang hingga menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan.

Beberapa nama penggawa Timnas Indonesia U-23 pun menjadi kambing hitam dan disebut-sebut menjadi biang kerok kekalahan memalukan ini.

Baca Juga: Persis Solo Tak Kunjung Umumkan Pemain Baru, Kaesang: Aku Masih Liburan

Salah satunya adalah Rio Fahmi. Bek muda milik Persija Jakarta ini menjadi bulan-bulanan dan perbincangan di kalangan netizen.

Perbincangan yang menyeret namanya itu tak lepas dari permainannya yang dicap buruk sehingga menjadi biang kerok dua dari tiga gol Vietnam ke gawang  Timnas Indonesia U-23.

Lantas, siapakah sosok Rio Fahmi tersebut? Berikut profilnya.

Baca Juga: Usai Dibantai Vietnam 0-3, Shin Tae-yong: Turnamen Ini Baru Dimulai

Profil dan Rekam Jejak Rio Fahmi

Rio Fahmi lahir di Banjarnegara pada 6 Oktober 2001 dengan nama lengkap Ilham Rio Fahmi. Ia merupakan bek kanan jebolan akademi Persija Jakarta.

Pemain berpostur 170 cm ini mengawali kiprahnya di sepak bola bermula sebagai fans. Diketahui, ia merupakan pendukung setia Persija sejak belia.

Baca Juga: Salahkan Wasit usai Tumbang, Shin Tae-yong Diminta Netizen Vietnam Akui Kekalahan dan Tak Banyak Alasan

Dilansir dari laman resmi Persija, Rio Fahmi pernah kedapatan datang ke Cilacap untuk menonton Macan Kemayoran bertanding pada 25 Maret 2017 silam dalam turnamen Cilacap Cup 2017.

Siapa sangka, dari tadinya berstatus suporter, pemain berusia 20 tahun itu kemudian menjadi penggawa di tim utama Persija.

Kariernya di Persija bermula saat Rio Fahmi lolos seleksi Persija U-20 yang diproyeksikan tampil untuk Elite Pro Academy (EPA) U-20 pada 2020 lalu.

Sayangnya, kesempatannya unjuk gigi bersama tim muda Persija harus pupus karena kompetisi ditiadakan akibat pandemic Covid-19.

Kegagalan tampil di tim muda Persija lantas berujung berkah bagi Rio Fahmi. Sebab, dirinya dimasukkan ke tim senior Macan Kemayoran.

Ia masuk ke tim senior pada gelaran BRI Liga 1 2021-2022, di mana Rio Fahmi melakoni debutnya pada 12 September 2021 sebagai pemain pengganti kala Persija melawan PSIS Semarang.

Sejak saat itu, Rio Fahmi kerap menjadi andalan. Total 26 laga telah ia mainkan di Persija sepanjang Liga 1 musim lalu, baik sebagai pemain pengganti dan starter.

Dalam jumlah penampilan tersebut, Rio Fahmi banyak ditempatkan sebagai bek kanan dan berhasil mencetak satu gol kala menghadapi Persita Tangerang.

Karena permainannya yang eksplosif di Persija, Rio Fahmi mendapat label sebagai penerus Ismed Sofyan, bek kanan legendaris Macan Kemayoran.

Penampilannya di Liga 1 musim lalu bersama Persija pun membuat Shin Tae-yong memanggilnya dan memasukkannya ke dalam skuat Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021 di Vietnam.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak