Bolaindonesia

4 Bintang Timnas Indonesia yang Kariernya Hancur usai Piala AFF 2010, Nomor 1 Pensiun Dini

4 pemain ini kariernya meredup setelah jadi bintang Timnas Indonesia di Piala AFF 2010.

Rauhanda Riyantama

Yongki Aribowo saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. (Instagram/yongky_ari)
Yongki Aribowo saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. (Instagram/yongky_ari)

Bolatimes.com - Nasib kurang menguntungkan empat pemain Timnas Indonesia usai gelaran Piala AFF 2010, meskipun sudah menampilkan performa luar biasa sepanjang gelaran turnamen.

Di bawah komando Alfred Riedl, timnas Indonesia yang saat itu dipandang sebelah mata mampu menunjukkan kualitas super dengan melangkah hingga ke partai final.

Namun performa mereka mengendur, hingga harus memaksa mereka mengakui keunggulan Malaysia dalam dua leg pertandingan dengan skor akhir 2-4.

Terlepas dari itu kini lima pemain jebolan timnas Indonesia Piala AFF 2010 harus menanggung nasib kurang beruntung ketimbang pemain lainnya, berikut di antaranya.

1. Kurnia Meiga

Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga. [Shutterstock]
Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga. [Shutterstock]

Menjadi kiper terbaik Indonesia saat itu dengan mengalahkan beberapa rival demi posisi kiper tim nasional, seperti Markus Horison dan Fery Rotinsulu.

Ditambah Meiga baru saja mengantarkan Arema Indonesia merengkuh gelar juaa Indonesia Super League musim 2009-2010.

Namun namanya kini meredup, tepatnya mulai 2017 Meiga dikabarkan mengalami penyakit misterius yang menyerang matanya dan membuatnya pensiun dini dari sepak bola di usianya yang baru 27 tahun.

2. Okto Maniani

Menjadi pemain yang pernah mengenakan jersey nomor 10 timnas Indonesia, karena memiliki kualitas yang dianggap melebihi pemain lain.

Namun kariernya seolah meredup setelah pergi dari Sriwijaya FC di tahun 2011, ia tak lagi dipercaya bermain untuk klub-klub besar Indonesia.

Sikap indisipliner di luar lapangan menjadi penyebabnya, kini sang pemain berusia 31 tahun itu berstatus tanpa klub dan terakhir bermain untuk Persiba Balikpapan di Liga 2 2021.

3. Yongki Aribowo

Yongki Aribowo berpose bersama Michael Essien. (Instagram/yongky_ari)
Yongki Aribowo berpose bersama Michael Essien. (Instagram/yongky_ari)

Diklaim sebagai wonderkid di Piala AFF 2010, Yongki Aribowo muda saat itu menjadi pelapis Cristian Gonzales dan Bambang Pamungkas.

Namun klaim tersebut salah, usai gelaran tersebut Yongki justru mengalami kesulitan untuk bisa bermain di klub-klub Liga 1.

Kini Yongki masih bermain meskipun sudah lama tak dipanggil tim nasional, Persib Balikpapan dari Liga 2 jadi klub yang dibelanya.

4. Mohammad Nasuha

Posisi bek kiri menjadi area yang dikuasai Mohammad Nasuha, penampilannya yang memukau di Piala AFF 2010 menjadi salah satu kunci kesuksesan Indonesia melangkah ke final.

Sederet klub besar pernah dibelanya setelah turnamen, Persija Jakarta dan Persib Bandung menajdi beberapa di antaranya.

Hingga cedera membuat karier Nasuha bisa dibilang hancur, masalah ACL membuatnya harus menyingkirkan sepak bola dari dunianya.

Meski sempat membela Cilegon FC di tahun 2014, namun setahun kemudian tepatnya pada 2015 ia memutuskan pensiun sebagai pesepak bola di usianya yang ke-30 tahun.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini