3 Alasan Hasani Abdulgani Cocok Jadi Ketua Umum PSSI Selanjutnya

Hasani Abdulgani memiliki pengetahuan, wawasan, jaringan luas soal sepak bola. Ia cocok menjadi Ketum PSSI selanjutnya.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 02 Maret 2022 | 13:00 WIB
Exco PSSI, Hasani Abdulgani. (Dok. Antara)

Exco PSSI, Hasani Abdulgani. (Dok. Antara)

Bolatimes.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, belakangan ini menjadi pembicaraan publik karena kinerjanya dalam mengurus pemain-pemain keturunan Indonesia.

Hasani Abdulgani mendapat tugas spesifik dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, untuk menindaklanjuti rekomendasi pemain keturunan Indonesia yang kini tengah berkarier di luar negeri.

Melalui pergerakan yang dilakukan oleh Hasani Abdulgani, kini muncul nama-nama pesepak bola keturunan Indonesia yang bisa diberi status WNI untuk memperkuat timnas Indonesia.

Baca Juga: Profil Hasani Abdulgani, Ujung Tombak PSSI dalam Berburu Pemain Naturalisasi di Eropa

Yang terbaru, Hasani tengah bersiap untuk berjumpa dengan dua pemain keturunan yang diminati oleh Shin Tae-yong, yakni Audero Mulyadi dan Jordi Wehrmann.

Kedua pemain ini berpeluang jadi pemain keturunan Indonesia keempat setelah sebelumnya ada nama Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Kerja-kerja yang dilakukan Hasani Abdulgani itu membuat publik terkesan. Itulah sebabnya, ia menjadi salah satu nama yang cocok untuk maju sebagai kandidat Ketua Umum PSSI periode selanjutnya.

Baca Juga: Sesumbar Bakal Naturalisasi Kiper Republik Ceko, Media Vietnam Sindir Indonesia

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Hasani Abdulgani cocok menjadi Ketua Umum PSSI selanjutnya.

1. Klop dengan Shin Tae-yong

Tugas Hasani Abdulgani untuk mencari pemain keturunan Indonesia juga tak terlepas dari rekomendasi yang diberikan oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga: Profil Fariq Hitaba, Wasit yang Pimpin Pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung

Komunikasi Hasani Abdulgani dengan Shin Tae-yong juga tampak berlangsung lancar. Sebab, keduanya beberapa kali terlibat diskusi serius untuk membahas masalah-masalah timnas Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Hasani sempat berdiskusi dengan Shin Tae-yong. Hal ini menjadi sinyal positif bagi calon Ketua Umum PSSI yang mampu berdialog dengan pelatih tim nasional.

2. Paham Tata Kelola Kompetisi 

Baca Juga: Profil David da Silva, Pahlawan Kemenangan Persib Bandung atas Persija Jakarta

Sebelum mendapat jabatan sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco), Hasani Abdulgani sebelumnya juga berstatus sebagai salah satu komisaris PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Namun, karena mendapat tugas di federasi, ia akhirnya melepas jabatannya di LIB. Sebab, selain menjadi anggota Exco, Hasani juga menjabat sebagai wakil ketua di dua komite, yakni Komite Wasit dan Komite Keuangan.

Sebelumnya pula, Hasani juga menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Mahaka Sports & Entertainment. Hal ini membuatnya paham bagaimana mengelola sebuah kompetisi.

Tak hanya itu, pengalamannya bekerja bersama Mahaka juga menghasilkan sebuah buku yang dia tulis berjudul Sports Marketing.

3. Kinerjanya yang Cepat

Apabila melihat kinerjanya dalam mengurus pemain-pemain keturunan, Hasani Abdulgani terbilang cepat dalam melakukan pergerakan.

Sebetulnya, sudah muncul sejumlah nama-nama pemain keturunan Indonesia yang bisa direkrut untuk memperkuat tim nasional.

Namun, karena faktor administrasi dan keinginan pemain, ada sejumlah nama yang batal diberikan status WNI.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB
Tampilkan lebih banyak