6 Fakta Menarik Bergabungnya Pratama Arhan Si Pemilik Lemparan Roket ke Tokyo Verdy

Kepindahan Pratama Arhan ke Tokyo Verdy meninggalkan kisah menarik.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Rabu, 16 Februari 2022 | 12:39 WIB
Pratama Arhan resmi gabung Tokyo Verdy. (Twitter?@tokyoverdystaff)

Pratama Arhan resmi gabung Tokyo Verdy. (Twitter?@tokyoverdystaff)

Bolatimes.com - Fakta-fakta menarika bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan bergabung dengan klub Liga Jepang, Tokyo Verdy.

PSIS Semarang resmi melepas Pratama Arhan untuk berkarier di kasta kedua Liga Jepang (J2 League), Tokyo Verdy. CEO PSIS, Yoyok Sukawi, bahkan sudah menyampaikannya secara resmi kepada publik, Rabu (16/2).

Sebelum bertolak ke Jepang, ada sejumlah fakta menarik yang akan Bolatimes bahas terkait kepindahan si pemilik lemparan roket, Pratama Arhan. Berikut ulasannya:

Baca Juga: Bayaran Logan Paul Macet, Floyd Mayweather Jr Kehabisan Duit?

1. Tanpa Transfer Fee

Dalam pernyataan resmi PSIS via CEO Yoyok Sukawi, Arhan dilepas tanpa status fee transfer. Yoyok bilang sikap ini diambil sebagai wujud dukungan PSIS terhadap pemain binaan mereka.

"Sesuai komitmen PSIS, Arhan kami lepas tanpa fee satu rupiah pun. Ini demi karir Arhan. Hal ini juga sebuah kebanggaan untuk PSIS karena jebolan akademinya bisa dilirik ke klub Jepang," tutur Yoyok di situs resmi PSIS.

Baca Juga: Bantai Brunei 6-0, Ini Daftar Pemain Kamboja di Piala AFF U-23 2022

2. Akan Jadi Brand Ambassador PSIS di Luar Negeri

Pratama Arhan. (Instagram/@pratamaarhan)
Pratama Arhan. (Instagram/@pratamaarhan)

Kendati tak lagi menjadi bagian dari PSIS, Arhan punya tugas khusus yang diberikan manajemen. Salah satunya menjadi duta PSIS di luar negeri.

"Arhan selama berada di luar negeri tetap menjadi brand ambassador PSIS dengan harapan mampu mempromosikan nama PSIS di kancah internasional," kata Yoyok.

Baca Juga: Pemain asal Aceh Ukir Catatan Apik bersama Eks Bayern Munchen di Liga Qatar

3. Sempat Dikaitkan dengan Sejumlah Klub Asia

Usai Arhan bermain di Piala AFF, sejumlah klub Asia melirik pemain 20 tahun ini. Santer terdengar pemain yang dijuluki Rory Delap-nya Timnas Indonesia tersebut akan ke Korea Selatan.

Adalah Daejeon Hana Citizen yang disebut-sebut akan mengamankan jasa Arhan. Klub kontestan kasta Kedua Liga Korea Selatan itu bahkan sudah sempat berkomunikasi dengan PSIS.

Baca Juga: Tepati Komitmen, PSIS Semarang Lepas Pratama Arhan ke Klub Jepang Tanpa Biaya Transfer

4. Digosipkan Klub Serie A, Lazio

Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan berselebrasi bersama rekannya setelah berhasil mencetak gol ke gawang Timnas Timor Leste dalam pertandingan sepak bola Leg 1 FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp)
Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan berselebrasi bersama rekannya setelah berhasil mencetak gol ke gawang Timnas Timor Leste dalam pertandingan sepak bola Leg 1 FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp)

Media asal Italia LazioPress.it menyantumkan nama Pratama Arhan dalam salah satu artikelnya, yang tayang pada 3 Februari 2022. Adapun, media ini memang memberitakan terkait informasi soal tim Elang Ibu Kota.

"Dari Indonesia, muncul nama baru yang diincar klub asal ibu kota Italia tersebut. Pratama Arhan, bek kiri Indonesia kelahiran 2001," tulis Lazio Press dalam artikelnya.

Adapun, nama Arhan muncul karena kekecewaan media tersebut terkait pemain yang didatangkan manajemen di bursa transfer musim dingin lantaran hanya menggaet Dimitrije Kamenovic dan Jovane Cabral.

5. Pindah ke Tokyo Verdy Melalui Proses Panjang

Bukan jalan mudah buat Arhan untuk bisa pindah ke Tokyo Verdy. Agen Arhan, Dusan Bogdanovic, menyatakan bahwa ada proses panjang yang dilalui manajemen PSIS untuk sepakat melepas Arhan.

"Kami telah bekerja keras untuk transfer ini selama berbulan-bulan. Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar besarnya atas kebaikan yang Pak Yoyok telah tunjukan ke saya dan Arhan dan membuktikan bahwa satu-satunya prioritas PSIS adalah masa depan dan kemajuan karir pemain,” kata Dusan di laman resmi PSIS.

6. Jika Arhan ke Indonesia, PSIS adalah Klub Tujuannya

Arhan memang akan terbang dan berkarier di luar negeri. Namun demikian, Arhan dan PSIS nyatanya membuat komitmen.

"Sejauh mana Arhan bermain di luar negeri, saat kembali di Indonesia, Arhan kembalinya ke PSIS sebagai rumah yang telah membesarkan Arhan selama ini," kata Yoyok Sukawi.

(Kontributor: Kusuma Alan)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak