Akhirnya, Timnas Indonesia Punya Jersey Ketiga setelah 22 Tahun

Warna hitam mendominasi jersey ketiga Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 17 November 2020 | 17:34 WIB
Jersey ketiga Timnas Indonesia. (Dok. Antara).

Jersey ketiga Timnas Indonesia. (Dok. Antara).

Bolatimes.com - Setelah 22 tahun, Timnas Indonesia akhirnya memiliki jersey ketiga.  Hal ini setelah apparel resmi skuat Garuda, Mills, meluncurkannya secara resmi pada Selasa (17/11/2020).

Jersey ketiga Timnas Indonesia ini didominasi dengan warna hitam dipadu dengan emas di bagian ujung kerah dan lengan. Sementara jersey ketiga kiper berwarna kuning ditambah hitam di bagian kerah.

Yang membuat jersey ketiga Timnas Indonesia semakin keren adalah adanya lambang garuda pancasila di bagian depan yang dilindungi perisai segi lima. Design ini pun punya makna yang begitu bagus.

Baca Juga: Blunder di Timnas Ukraina, Zinchenko Dapat Ancaman Pembunuhan

PSSI dan Mills selaku apparel resmi Timnas Indonesia meluncurkan jersey ketiga skuat garuda (dok. PSSI).
PSSI dan Mills selaku apparel resmi Timnas Indonesia meluncurkan jersey ketiga skuat garuda (dok. PSSI).

"Di bagian depan kita berikan design garuda pancasila yang dibelakanganya perisai segi lima yang berarti lima sila dari pancasila itu, dengan harapan pemain kita bisa percaya diri dan punya identitas membela garuda agar terbang lebih tinggi," kata CEO Mills, Tjiao Kong Hou, saat sesi jumpa pers virtual, Selasa (17/11/2020).

"Kostum ketiga ini kita mengusung warna hitam dengan kombinasi emas. Warna hitam itu kita pilih karena tren sport dan emas itu melambangkan harapan kita kepada PSSI untuk melahirkan generasi emas pada timnas kita saat ini," ia menambahkan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bersyukur atas peluncuran jersey ketiga ini. Apalagi, skuat Garuda sudah 22 tahun tidak pernah meluncurkan jersey ketiga.

Baca Juga: Kasihan, Aubameyang dan Teman-teman Timnas Gabon Tidur di Lantai Bandara

"Ini ketiga kalinya Timnas Indonesia sudah meluncurkan jersey. Pertama warna merah (home), kedua warna putih dikombinasi hijau (away), dan sekarang yang ketiga setelah 22 tahun kita ada lagi jersey ketiga dengan warna hitam dan emas," ujar Iriawan.

"Saya atas nama ketua umum federasi mengucapkan terima kasih karena saya bangga kepada kalian. Karena ini baju buatan Indonesia dan kedua apapun yang dipinta oleh PSSI selalu dipenuhi."

"Sehingga pemain dari Timnas U-19 dan senior mereka sudah punya baju yang patut dibanggakan. Karena kemarin saat timnas main di Kroasia tim lain minta jersey kita," ucapnya.

Baca Juga: Rasa Bangga dan Tekad Kiper Borneo FC Usai Dipanggil TC Timnas U-19

Lelaki akrab disapa Iwan Bule itu juga kagum dengan filosofi yang ada di jersey ketiga ini. Ia berharap prestasi Timnas Indonesia makin moncer dengan adanya jersey ini.

"Baju yang diluncurkan ini punya filosofi luar biasa. Warna hitam adalah warna abadi dan warna hitam selalu masuk dengan warna apapun," jelasnya.

"Tinta emas adalah garuda mudah-mudahan pemain kita bisa menorehkan tinta emas," pungkas mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Baca Juga: Tidak Perkuat Timnas Brasil Lawan Venezuela, Neymar Juga Absen vs Uruguay

Penulis: Adie Prasetyo

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak