Alasan Menyentuh Bepe Tak Mau Berfoto Saat Persija Juara Liga

Bepe punya alasan tersendiri mengapa tak mau berpose foto menggenggam trofi liga saat Persija Jakarta keluar sebagai kampium 17 tahun lalu.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Sabtu, 15 Desember 2018 | 19:00 WIB
Bambang Pamungkas (Sumber: twitter @bepe20)

Bambang Pamungkas (Sumber: twitter @bepe20)

Bolatimes.com - Puasa gelar selama rentang 17 tahun akhirnya mampu diakhiri Persija Jakarta usai merebut kampium Liga 1 2018. Untuk pertama kalinya, sang legenda Macan Kemayoran, Bambang Pamungkas meluapkan keberhasilan itu dengan memajang foto saat menggenggam trofi. Bepe sapaan akrabnya punya alasan mengapa baru sekarang ia berani memajang foto bersama trofi liga.

Persija Jakarta mengakhiri musim nan berat di tahun ini dengan hasil maksimal. Bersaing ketat dengan PSM Makassar, skuat Macan Kemayoran berhasil memastikan diri sebagai jawara liga musim ini setelah sukses menumbangkan Mitra Kukar 2-1 di partai pamungkas Liga 1 2018.

Keberhasilan itupun langsung disambut gegap gempita para Jakmania yang menyemut di tribun-tribun Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dahaga belasan tahun tanpa gelar akhirnya mampu terbayarkan. Persija Jakarta jadi kampium Liga 1 2018.

Baca Juga: Hati-hati Klopp, Mourinho dan MU Punya Rekor Apik di Anfield Lho

Perasaan lega yang sama ternyata juga dirasakan oleh ikon Persija Jakarta, Bambang Pamungkas. Setelah untuk beberapa waktu bersembunyi di balik euforia keberhasilan Persija Jakarta meraih kampium, ia akhirnya mau menampakkan batang hidungnya.

Lima hari semenjak Persija Jakarta merebut kampium Liga 1 2018, Bepe memajang fotonya saat menggenggam trofi liga di akun Instagramnya. Dalam keterangannya, pemain jebolan Diklat Salatiga ini menyebut bahwa itu adalah foto kali pertama yang utuh saat ia memeluk trofi.

Secara blak-blakan, Bepe punya alasan tersendiri mengapa sosoknya 'sengaja' menghindar dari perayaan saat Persija Jakarta meraih kemenangan. Bahkan saat kali pertama mengantarkan tim Ibukota meraih kampium liga di tahun 2001 silam.

Baca Juga: Prediksi Liverpool vs MU, Saatnya Hapus Rekor Buruk di Kandang

Dilansir dari situs pribadinya, pemain berusia 38 tahun itu menyebut bahwa dirinya bukanlah tipe pemain yang suka melakukan victory lap. Selain itu, saat Persija Jakarta pertama kali meraih kampium di tahun 2001, ia sengaja menghindar dari keriuhan untuk memberi penghormatan dan kesempatan pada para pemain senior kala itu.

''Jika kita lihat dari beberapa dokumentasi foto maupun video perayaan di lapangan ketika itu, boleh dikatakan cukup sulit mencari sosok saya dalam kerumunan selebrasi pemain Persija bersama piala liga,'' tulisnya lewat bambangpamungkas20.com.

''Padahal ketika itu saya adalah pemain terbaik liga. Berhasil mencetak 16 gol sepanjang musim itu, termasuk dua gol kemenangan Persija Jakarta di final. Artinya, tidak ada alasan bagi saya untuk tidak mendapat panggung utama pada malam itu.'' ungkapnya.

Baca Juga: Ini Daftar Tim yang Akan Berlaga di Babak Kualifikasi Piala Eropa

''Namun saya memilih untuk sedikit menepi. Mengapa? Pertama, karena saya memang bukan tipe pemain yang suka melakukan 'victory lap', sama hal nya ketika saya juara bersama Selangor dan tim nasional Indonesia (eh ngga pernah juara dengan tim nasional ding ya hehehe). Saat juara piala Presiden 2018, dan liga musim ini saya pun tidak ikut dalam victory lap bersama piala,''lanjutnya.

''Kedua, status saya ketika itu adalah pemain muda (21 tahun), maka saya ingin menghormati para pemain senior di Persija ketika itu, agar mereka dapat lebih dekat dengan piala. Alasannya sederhana, karena bisa jadi piala itu adalah gelar terakhir dalam karir sepak bola mereka. Oleh karena itu pada foto-foto utama selebrasi tim pada tahun 2001 banyak didominasi oleh para pemain senior. Agak sulit untuk melihat penampakan saya, jikapun ada ya hanya dipinggir-pinggir saja, bahkan dalam beberapa foto tertutup pemain lain, atau malah tercrop,'' jelasnya.

Setelah malam kemenangan itu, Bepe pun bertekad menantang diri suatu hari bakal menggenggam kembali trofi liga bersama Persija Jakarta lagi.

Baca Juga: Datangkan Penyerang Portugal, Bali United Lepas Tiga Pemain Lokal

Dan, akhirnya tantangan itu berhasil dijawabnya 17 tahun kemudian.

''Malam itu saya berbisik lirih dalam hati: Saya masih muda, karir saya masih panjang. Suatu saat nanti, saya harus juara lagi bersama tim ini (Persija Jakarta). Dan ketika itu terwujud, saya akan memegang piala tersebut, dan berada di barisan depan saat menerimanya,'' ungkapnya.

''Tahun demi tahun berganti. Pertempuran demi pertempuran saya jalani. Kegagalan demi kegagalan pun mengampiri. Tak mudah untuk menata asa yang sudah sering terkoyak. Namun tidak sedikitpun terbersit keinginan untuk menyerah. Tujuh belas tahun kemudian, di usia saya yang ke tiga puluh delapan, tantangan tersebut baru dapat saya jawab,'' tandasnya.

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak