Hati-hati Klopp, Mourinho dan MU Punya Rekor Apik di Anfield Lho

Liverpool wajib waspada menghadapi Manchester United di kandang. Jose Mourinho dan Manchester United punya rekam jejak apik di Anfield.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Sabtu, 15 Desember 2018 | 14:00 WIB
Liverpool vs Manchester United. [www.standard.co.uk]

Liverpool vs Manchester United. [www.standard.co.uk]

Bolatimes.com - Liverpool boleh saja berada di atas angin jelang menghadapi Manchester United di Anfield, Minggu (16/12/2018) malam besok. Tetapi rekam jejak Jurgen Klopp dan laga kandang menghadapi Setan Merah memberi gambaran betapa Liverpool selalu kesulitan.

Liverpool memang saat ini berstatus pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris. Mereka punya bekal apik di musim ini yakni tak terkalahkan sepanjang 16 pekan dengan 13 kemenangan dan sisanya imbang.

Mengumpulkan 42 poin, selisih poin yang dimiliki Liverpool saat ini merupakan yang terjauh dalam periode sebelum natal sejak kali terakhir tercantum pada malam natal 1990 dengan rentang 16 poin dengan Manchester United. Sebagai informasi tambahan, saat ini Manchester United baru mengumpulkan 26 poin dari hasil tujuh kemenangan dan lima kali imbang serta empat sisanya berakhir dengan kekalahan.

Baca Juga: Prediksi Liverpool vs MU, Saatnya Hapus Rekor Buruk di Kandang

Dengan fakta tersebut, tak heran jika Liverpool lebih diunggulkan dalam laga akhir pekan nanti.

Liverpool vs Manchester United. [JEFF KOWALSKY / AFP]
Liverpool vs Manchester United. [JEFF KOWALSKY / AFP]

Namun, tunggu dulu. Berbicara menjamu Manchester United di Anfield, sekiranya tak boleh melupakan rekor buruk yang senantiasa menghantui Liverpool.

Dari delapan laga yang telah dijalani menghadapi Manchester United, Liverpool tercatat hanya meraih tiga kali hasil imbang dan menelan lima kali kekalahan. Kemenangan juga tak pernah diraih oleh The Reds di kompetisi Liga Primer Inggris sejak April 1988 dalam 12 pertandingan yang telah mereka jalani.

Baca Juga: Ini Daftar Tim yang Akan Berlaga di Babak Kualifikasi Piala Eropa

Tak hanya itu, dari rekor pertemuan keduanya di semua kompetisi, Manchester United bisa dibilang lebih digdaya ketimbang Liverpool. Pertemuan akhir pekan nanti akan menjadi yang ke-201, dari total pertemuan itu Manchester United mencatatkan kemenangan 80 kali sementara Liverpool sebanyak 65 kali sisanya 55 kali berakhir imbang.

Adu Kuat Klopp dan Mou

Selain rekor buruk pertemuan tim, hal yang wajib diwaspadai bagi Liverpool terkhusus Jurgen Klopp yakni catatan tatap muka antara dirinya dengan Jose Mourinho.

Baca Juga: Datangkan Penyerang Portugal, Bali United Lepas Tiga Pemain Lokal

Klopp dan Mourinho sudah bersua sebanyak lima kali. Dan, hasilnya kedua juru taktik ini sama kuatnya. Bahkan di tiga laga terakhir, bentrok keduanya berujung imbang. Baik Klopp maupun Mou baru mengantongi satu kemenangan.

Klopp berhasil menang atas Mou ketika pelatih asal Portugal itu mengarsiteki Chelsea di bulan Oktober 2015. Ketika itu Liverpool besutan Klopp menang telak atas Chelsea dengan skor 3-1.

Terkhusus menghadapi laga di Anfield, Mourinho punya catatan yang begitu impresif. Dari riwayatnya, The Special One sudah delapan kali menyambangi markas Liverpool tersebut. Hasilnya, ia sukses memetik empat kemenangan. 

Baca Juga: Pelatih PSS Sleman Berambisi Menang Terus di Piala Indonesia

Laman resmi Liga Primer Inggris pun sempat menulis jika Mou setidaknya telah memenangkan setengah laga tandang di Anfield.

''Jose Mourinho telah memenangkan 50 persen dari pertandingan tandang Liga Primer Inggris di Anfield, dengan empat kemenangan dari delapan laga. Hasil itu adalah catatan kemenangan terbaik di antara seluruh manajer yang telah mendampingi tim asuhannya dalam lima atau lebih laga di kompetisi Liga Primer Inggris,'' tulisnya.

Jose Mourinho dan Jurgen Klopp (AFP/OLI SCARFF)
Jose Mourinho dan Jurgen Klopp (AFP/OLI SCARFF)

Walau punya reputasi moncer di Anfield, Klopp sepertinya tak gentar menghadapi Mourinho. Ia bahkan menanggapi santai sejumlah serangan psywar jelang duel yang dilontarkan Mourinho.

''Tidak, itu benar, tapi haruskah? Apakah saya harus dapat trofi?'' kata Klopp menanggapi sindiran Mou soal pentingnya meraih trofi seperti dikutip dari Telegraph.

''Orang-orang mungkin mengingatnya, tapi yang harus saya lakukan adalah memaksimalkan apa yang ditawarkan klub, itulah yang saya yakini.''

''Kalau orang-orang bilang Liga Champions musim lalu tidak sukses karena kami tidak juara, maka saya tidak bisa mengubahnya. Apakah akhirnya sukses? Tidak, tapi perjalanannya luar biasa. Saya sangat menikmatinya,'' lanjutnya.

''Tekanan datang dari luar, orang-orang bilang kalau saya tidak dapat trofi, maka saya harus pergi. Saat Anda menemukan orang yang bisa mengerjakan pekerjaan lebih baik, Anda harus merekrutnya. Selama belum ada, Anda harus percaya 100% kepada orang yang menduduki kursi itu,'' tandas Klopp.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak