Persija vs JDT - AFC Ingatkan Rivalitas Indonesia dengan Malaysia

Persija Jakarta akan menghadapi Johor Darul Takzim (JDT) pada lanjutan Grup H Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/4/2018). AFC mencatat rekor rivalitas serumpun ini.

Minggu, 08 April 2018 | 16:45 WIB
Laga Johor Darul Takzim vs Persija Jakarta

Laga Johor Darul Takzim vs Persija Jakarta

Bolatimes.com - Persija Jakarta bakal menjamu Johor Darul Takzim (JDT) pada lanjutan Grup H Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/4/2018).

Laga tersebut akan menjadi salah satu penentu untuk bisa terus melaju ke babak selanjutnya. Pasalnya, baik Persija ataupun JDT saat ini sama-sama tengah mengoleksi tujuh poin.

Menjelang laga yang diprediksi bakal seru tersebut, AFC selaku induk sepak bola Asia telah menyajikan memori pertemuan antara klub Indonesia dengan Malaysia pada beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Sederet Klub Ini Belum Terkalahkan hingga Pekan ke-3 Liga 1

Dilansir Bolatimes.com dari The-AFC.com, berikut tiga memori pertemuan klub Indonesia-Malaysia di Piala AFC.

1. PSMS Medan vs Johor Darul Takzim (JDT) - 17 Maret 2009

PSMS Medan pada musim 2009.

Baca Juga: Koki Gokil Salt Bae Unggah Keakraban Bersama Maradona

Pertandingan perdana antara klub Indonesia melawan Malaysia di Piala AFC terjadi pada 17 Maret 2009, ketika PSMS Medan menjamu JDT di Stadion Jakabaring, Pelambang.

Saat itu, skuat Ayam Kinantan yang diperkuat Elie Aiboy berhasil mencukur JDT dengan skor 3-1.

PSMS sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol Azuwad Arip.  Namun di babak kedua, PSMS berhasil membalas tiga gol melalui kaki Ellie Aiboy (53'), Leonardo Zada (54'), dan gol bunuh diri pemain bertahan Pasukan Lebah-julukan Johor FC, Madzlan Bin Emoi menit ke-66.

Baca Juga: Ditahan Imbang Everton, Liverpool Jadi Tim Tak Terkalahkan

Kemudian, pada pertemuan kedua di Malaysia, PSMS kembali mengalahkan JDT dengan skor tipis 1-0. PSMS pun berhasil melaju ke babak 16 besar Piala AFC, tetapi sayang langkah klub asal Medan itu terhenti oleh klub asal Thailand, Chonburi FC.

2. Arema vs Kelantan FA

Eks penyerang Kelantan FA, Mohammad Ghaddar

Baca Juga: Bayern Munchen Juara, Wanita Cantik Ini Tebar Senyuman

Pertemuan kedua klub tersebut terjadi sebanyak dua kali. Pertandingan perdana pada 4 April 2012, Arema harus mengakui keunggulan 3-0 atas Kelantan saat bertandang ke Malaysia.

Namun, pada laga kedua saat bermain di Indonesia, Arema juga tak mampu membalas kekalahan dari Kelantan FA. Klub berjuluk Singo Edan itu kalah telak 1-3.

Kekalahan Arema tak lepas dari ketajaman penyerang Kelantan FA asal Lebanon, Mohammed Ghaddar.

Ghaddar menjadi mimpi buruk Arema dengan tiga gol di laga perdana dan dua gol di laga kedua.

3. Arema vs Selangor FA - 16 April 2014

Arema FC

Pertandingan kelima penyisihan Grup F Piala AFC 2014 mempertemukan Arema kontra Selangor FA di Stadion Kanjuruhan, Malang, 16 April 2014.

Kala itu Arema mampu mengalahkan Selangor dengan skor tipis 1-0 oleh gol yang dicetak oleh Gustavo Lopez melalui titik putih.

Kemenangan itu membuat Arema mengumpulkan total 10 poin yang sekaligus mengantarkan Arema lolos ke babak 16 besar.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak