Timnas Indonesia Kalah dari Maroko, Angan ke 16 Besar Piala Dunia U-17 hanya Mimpi, Haram Main Nunggu Lawan

Dengan mengumpulkan dua poin dari dua pertandingan dan satu pertandingan sisa di grup, Timnas Indonesia masih punya peluang untuk melangkah ke babak gugur di 16 besar Piala Dunia U-17.

Rizki Laelani | BolaTimes.com
Selasa, 14 November 2023 | 15:59 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Riski Afrisal melewati hadangan pesepak bola Timnas Ekuador Ivis Davis dalam pertandingan babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa

Pesepak bola Timnas Indonesia Riski Afrisal melewati hadangan pesepak bola Timnas Ekuador Ivis Davis dalam pertandingan babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-17 tengah mencari jalur untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 setelah dua pertandingan imbang di Grup A.

Hingga saat ini, kinerja Indonesia U-17 tergolong baik setelah bermain imbang 1-1 melawan Ekuador U-17 dan Panama U-17.

Timnas U-17 adalah salah satu dari tiga tim yang belum terkalahkan dalam dua pertandingan, bersama Ekuador dan Spanyol.

Baca Juga: FIFA Puji Kualitas Stadion Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

Dengan mengumpulkan dua poin dari dua pertandingan dan satu pertandingan sisa di grup, Timnas Indonesia masih punya peluang untuk melangkah ke babak gugur di 16 besar Piala Dunia U-17.

Meski ada beberapa cara yang bisa diambil oleh tim asuhan Bima Sakti untuk melanjutkan perjalanan mereka, hanya ada dua strategi kunci yang dapat memuluskan langkah Indonesia U-17 ke babak 16 besar.

Meraih Kemenangan atas Maroko

Baca Juga: Kenapa Juara Piala Dunia U17 Kebanyakan dari Afrika atau Brasil? Ternyata Ada Kaitannya dengan Nasib

Saat ini, Indonesia menempati peringkat ketiga di klasemen Grup A dengan dua poin. Di atasnya, Ekuador memimpin klasemen dengan empat poin, sedangkan Maroko berada di posisi kedua dengan tiga poin.

Jika Indonesia berhasil mengalahkan Maroko, poin mereka akan menjadi lima, sedangkan Maroko hanya akan memiliki tiga poin. Dengan demikian, Indonesia dapat menjadi runner-up jika Ekuador tidak kalah melawan Panama, dan Maroko berada di peringkat ketiga.

Bermain Imbang dengan Maroko

Baca Juga: Bima Sakti Dinilai Cerdik karena Bikin Taktik Beda saat Timnas Indonesia U17 Hadapi Panama

Meskipun Timnas Indonesia U-17 hanya meraih hasil imbang lagi melawan Maroko, mereka masih memiliki peluang besar untuk lolos ke babak 16 besar.

Dengan mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan, Indonesia akan bersaing untuk satu tempat dari empat peringkat tiga terbaik untuk melengkapi 16 tim dari enam grup Piala Dunia U-17 2023.

Peluang Indonesia melaju ke babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik tetap terbuka jika Iqbal Gwijangge dan rekan-rekannya memiliki poin dan selisih gol lebih baik dibandingkan tim-tim lain di peringkat tiga terbaik.

Baca Juga: Jadi Trending Topic di Twitter, Ini Kata Evan Dimas Usai Gabung PSIS

Hingga saat artikel ini ditulis, Indonesia harus bersaing dengan Brasil (C), Argentina (D), Korea Selatan (E), dan Meksiko (F) yang merupakan pesaing kuat dari empat grup lainnya.

Uzbekistan U-17 dari Grup B juga memiliki peluang lebih baik untuk lolos sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik, dengan mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan. Pertandingan terakhir Uzbekistan adalah melawan Spanyol.

Selain dua strategi di atas, kekalahan dari Maroko juga bisa membuka peluang Indonesia U-17 untuk melangkah ke 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Namun, peluang tersebut dianggap kecil karena sampai saat ini, pesaing Indonesia di peringkat tiga terbaik seperti Brasil, Argentina, Korea Selatan, dan Meksiko baru memainkan satu pertandingan.

Wajib Menyerang

Fakhri Husaini memberikan saran kepada Timnas Indonesia U-17 menjelang pertandingan melawan Maroko. Ia menekankan pentingnya Garuda Asia menunjukkan semangat menyerang agar dapat melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Pada Senin (13/11/2023), timnas Indonesia U-17 mencatat hasil imbang dalam lanjutan grup A Piala Dunia U-17 2023 melawan timnas Panama, dengan skor 1-1.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia U-17 menghadapi situasi krusial di pertandingan terakhir grup. Mereka akan bertemu dengan timnas Maroko U-17 2023 pada Kamis (16/11/2023).

Fakhri menegaskan bahwa satu-satunya jalan bagi Indonesia untuk melangkah ke babak berikutnya adalah dengan menunjukkan permainan menyerang di pertandingan tersebut.

"Coach Bima tentu sudah melakukan evaluasi, sudah melakukan perbaikan [untuk laga melawan Maroko]," buka Fakhri Husaini dalam sesi press confrence di Surabaya, Selasa (14/11/2023). (*)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak