Pakai Teknologi Canggih, Begini Cara FIFA Buktikan Gol Pembuka Portugal Bukan Milik Cristiano Ronaldo

Gol pembuka Portugal lawan Uruguay sempat jadi perdebatan siapa pencetaknya, apakah Bruno Fernandes atau Cristiano Ronaldo.

Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi | BolaTimes.com
Rabu, 30 November 2022 | 11:30 WIB
Cristiano Ronaldo terlanjur selebrasi yang ternyata golnya adalah milik Bruno Fernandes saat Portugal kalahkan Uruguay 2-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Cristiano Ronaldo terlanjur selebrasi yang ternyata golnya adalah milik Bruno Fernandes saat Portugal kalahkan Uruguay 2-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - FIFA menunjukkan cara berkelas untuk membuktikan gol pembuka Portugal lawan Uruguay bukan milik Cristiano Ronaldo. Alih-alih berdebat, mereka memakai teknologi canggih untuk memastikannya.

Sebagaimana diketahui, Ronaldo cetak gol pembuka saat Portugal kalahkan Uruguay 2-0 pada matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022). Bintang 37 tahun itu bikin lewat sundulan berkat assist cantik Bruno Fernandes.

Ronaldo yang menganggap gol itu miliknya, lalu berlari ke pinggir lapangan untuk melakukan selebrasi sebelum memeluk Bruno Fernandes.

Baca Juga: Catatan Apik Cody Gakpo, Bintang Muda Belanda Jebol Gawang 3 Negara dalam 10 Hari

Namun sialnya, gol Ronaldo tersebut tak diakui karena dianggap tidak menyentuh bola sama sekali. Justru nama Bruno Fernandes yang tercatat di papan skor, hingga akhirnya cetak brace dalam kemenangan Portugal atas Uruguay dengan skor 2-0.

Usai laga, Ronaldo menunjukkan gestur tidak puas. Dia menunjuk kepalanya sambil mengatakan sesuatu kepada wasit seperti terlihat dalam potongan rekaman pasca pertandingan yang tersebar di media sosial.

Aksi Cristiano Ronaldo menyambut assist Bruno Fernandes dan menjadi gol pertama Portugal lawan Uruguay. (Twitter)
Aksi Cristiano Ronaldo menyambut assist Bruno Fernandes dan menjadi gol pertama Portugal lawan Uruguay. (Twitter)

Kini, FIFA buka suara dan memastikan mantan penyerang Manchester United itu tidak menyentuh bola sama sekali sehingga gol pembuka Portugal ke gawang Uruguay sah milik Bruno Fernandes.

Baca Juga: Qatar Tersingkir Dini dari Piala Dunia 2022, Pelatih Blak-blakan Memang Tak Pasang Target Tinggi

Dilansir dari ESPN, Rabu (30/11/2022), FIFA dapat menentukan siapa pencetak gol pembuka Selecao das Quinas setelah mengecek data dari bola Al Rihla ciptaan Adidas tersebut.

Melalui teknologi canggih yang tersemat di dalamnya, diketahui bahwa Ronaldo tidak melakukan kontak sama sekali dalam gol pembuka Portugal. Alhasil, Bruno Fernandes yang berupaya melepaskan umpan lah yang dipastikan mencetak gol.

"Dalam pertandingan antara Portugal dan Uruguay, dengan menggunakan Connected Ball Technology yang ditempatkan di bola pertandingan resmi yakni Al Rihla dari adidas, kami dapat secara pasti menunjukkan tidak adanya kontak bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka dalam permainan," demikian pernyataan FIFA.

Baca Juga: Kisah Israel, Negara Asia yang Tinggalkan AFC karena Banyak Diboikot

"Tidak ada kekuatan eksternal pada bola yang dapat diukur seperti yang ditunjukkan oleh kurangnya 'detak jantung' dalam pengukuran kami. Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami menjadi sangat akurat dalam analisis ini."

Bola pertandingan termasuk teknologi yang dapat memberikan data real-time kepada ofisial pertandingan. Benda itu juga menangkap setiap sentuhan yang dilakukan oleh pemain dengan sensor.

Dalam keterangan tertulis pada Juni lalu, teknologi dalam bola Al Rihla disebut "akan membantu menginformasikan situasi offside serta membantu mendeteksi sentuhan yang tidak jelas sehingga pada akhirnya meningkatkan kualitas dan kecepatan proses pengambilan keputusan VAR."

Baca Juga: 6 Negara yang Berhasil Pindah Konfederasi, Rusia akan Menyusul?

Sebelum perdebatan itu diakhiri FIFA lewat teknologi canggih, Bruno Fernandes sejatinya tidak keberatan apabila gol pembuka Portugal ditulis sebagai milik Cristiano Ronaldo.

"Saya merayakan [gol] seolah-olah itu adalah gol Cristiano," kata Fernandes dalam wawancara pascapertandingan.

“Tampak bagi saya bahwa dia telah menyentuh bola. Tujuan saya adalah memberikan umpan silang untuknya."

"Kami senang dengan kemenangan terlepas dari siapa yang mencetak gol. Yang paling penting adalah kami mencapai tujuan kami, yaitu lolos ke babak berikutnya."

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak